Gen Z Marketing: 5 Tips Mudah Menjaring Pelanggan dari Generasi Termuda Saat Ini

Walau sering disamakan dengan generasi Milenial, tapi ternyata Gen Z punya karakteristik yang berbeda dibandingkan kakaknya dan paling unik dibandingkan dengan generasi lainnya. Statusnya sebagai generasi termuda membuat para marketer butuh pendekatan khusus untuk memancing mereka agar mau membeli produk yang mereka jual. Inilah kenapa teknik dasar Gen Z marketing harus kita pelajari untuk meningkatkan […]

Ooh, Ternyata Begini Cara Memasarkan Produk ke Kaum Milenial

Istilah milenial semakin populer dalam satu dekade belakangan ini. Generasi yang juga dikenal dengan istilah ‘anak 90-an’ ini memang selalu jadi bahan obrolan. Salah satu sebabnya adalah karena generasi yang satu ini perlahan-lahan mulai menggeser dominasi generasi X yang udah sejak lama memegang posisi penting di pemerintahan, dunia bisnis, dan berbagai bidang lain. Kaum Milenial […]

Website Toko Online dan Marketplace, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Sebagai penjual, pastinya kita ingin berjualan di tempat yang lebih menguntungkan. Inilah yang jadi alasan kenapa banyak penjual memasarkan barang dagangannya melalui platform ecommerce. Setidaknya saat ini ada dua platform ecommerce yang banyak dipakai penjual yaitu marketplace dan website toko online pribadi. Dari dua lapak online terfavorit tadi, sebenarnya mana sih yang lebih menguntungkan? Untuk […]

5 Tips Memasarkan Produk ke Generasi X

Gen X sering terlupakan untuk dijadikan target pasar karena jumlah mereka yang lebih sedikit dibandingkan dengan generasi Boomers dan Milenial. Padahal dengan pendekatan yang tepat, kamu bisa membuat mereka jadi pelanggan tetap yang rutin berbelanja di toko onlinemu. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang karakteristik mereka dan bagaimana strategi marketing yang paling tepat buat […]

5 Tren Ini Bisa Jadi Peluang Bagi Bisnis Kecil di Tahun 2021

Kalau kamu baru mulai jualan atau udah punya bisnis kecil-kecilan yang masih rajin mencari cuan, tahun baru ini bisa jadi waktu yang tepat untuk meningkatkan penjualanmu. Pasalnya, berbagai tren yang lahir akibat pandemi tahun lalu rupanya banyak melahirkan berbagai peluang yang bisa dimanfaatkan para pelaku bisnis kecil di tahun ini. Emang apa aja sih, tren […]

Evaluasi 5 Hal Ini di Akhir Tahun Biar Bisnismu Makin Berkembang

Momen pergantian tahun merupakan saat yang tepat untuk mengevaluasi bisnismu. Dengan berefleksi pada perjalananmu setahun ini, kamu bisa mendapat pencerahan tentang apa aja yang harus kamu lakukan di tahun depan agar bisnismu makin berkembang. Nah, buat kamu yang masih belum tahu apa aja yang harus dievaluasi, mungkin kamu bisa mulai dari lima hal ini: 1. […]

Belajar Brand Marketing dari Brand Ternama

Kamu pernah penasaran gak, gimana sih caranya brand-brand besar jadi punya brand image yang kuat di mata pelanggan? Kalau iya, kita ada bocorannya, nih. Semoga bisa jadi inspirasi untuk brand yang lagi kamu bangun juga, ya!  Istilah brand marketing memang terdengar asing buat bisnis kecil. Istilah ini lebih populer bagi brand besar dan staff marketing […]

9 Tren Digital Marketing Terbaik Buat Tahun 2021

Gak terasa ya, 2021 udah di depan mata. 2020 memang terasa cepat berlalu karena pandemi dan kebiasaan baru yang ‘terpaksa’ harus kita adopsi. Salah satu kebiasaan baru ini adalah meningkatnya intensitas online masyarakat karena banyak berdiam diri di rumah. Kebiasaan ini banyak dimanfaatkan brand ternama untuk fokus ke digital marketing. Kalau kamu udah punya bisnis […]

Perhatikan 4 Hal Ini Agar Bisnismu Bisa Go Digital

Kini go digital bukan lagi suatu pilihan, melainkan keharusan. Pandemi telah mengubah perilaku konsumen dari yang tadinya berbelanja di toko menjadi berbelanja online. Perubahan perilaku ini berakibat ke melonjaknya nilai transaksi yang terjadi melalui platform ecommerce. Riset dari McKinsey bulan Juni 2020 mencatat, penjualan di ecommerce mengalami kenaikan sebesar 26% atau mencapai 3,1 juta transaksi […]

Rencanakan Hal-hal Ini Biar Bisnismu Bertahan Pasca Pandemi

Kabar tentang vaksin yang akan kita terima secara cuma-cuma mungkin bisa membuatmu sedikit lega. Kebayang kan, bisa hangout bersama teman-temanmu di tempat nongkrong favorit kalian tanpa harus mengenakan masker. Meski begitu, dunia bisnis mungkin takkan pernah sama. Resesi yang terjadi akibat pandemi terlanjur membuat banyak bisnis tutup permanen. Bahkan mereka yang bertahan pun diperkirakan masih […]

Minat Belanja Akhir Tahun Menurun, Ini Kiat Agar Penjualanmu Tetap Meningkat

Dibandingkan dengan tahun lalu, liburan akhir tahun ini terasa berbeda. Pandemi yang terjadi sepanjang tahun banyak membuat berbagai bisnis lesu. Akibatnya, muncul prediksi bahwa penjualan akhir tahun ini takkan sebesar tahun lalu. Meski begitu, bukan berarti kamu gak bisa mengoptimalkan penjualanmu di akhir tahun ini. Soalnya ada beberapa tren yang bisa kamu manfaatkan agar barang […]

Bagaimana Perilaku Pengguna Medsos di Kuartal Ketiga Tahun 2020?

Kuartal ketiga tahun 2020 ini bisa dibilang merupakan masa di mana orang-orang jadi mulai terbiasa dengan kehidupan di kala pandemi. Salah satu dampaknya adalah kenaikan frekuensi penggunaan medsos. Sebagai seller, ini merupakan kesempatan emas untuk memasarkan produkmu di dua medsos terpopuler saat ini yaitu Facebook dan Instagram. Laporan terkait perilaku pengguna medsos di kuartal ketiga […]

5 Tips untuk Memasarkan Produkmu ke Generasi Boomers

Kamu yang udah biasa atau baru mau mulai memasarkan produkmu mungkin bertanya-tanya seberapa besar pengaruh umur seseorang dalam membeli sebuah produk. Dari tiga generasi yang ada saat ini, yaitu Boomers, Milenial, dan Gen X, semua pasti punya karakteristik tersendiri. Memahami karakteristik tiap generasi jadi kunci dalam menentukan strategi pemasaran apa yang terbaik untuk mereka. Tulisan […]

Facebook: Diskon Saat Pandemi Banyak Diminati

Setidaknya pada dua bulan terakhir di 2020 ini, ada dua festival belanja atau biasa dikenal dengan istilah Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional)  yang jadi buruan banyak warganet yaitu pada tanggal 11.11 dan 12.12. Sejumlah promosi mulai dari potongan harga, diskon ongkir, dan promo-promo lainnya sukses membuat konsumen memilih untuk berbelanja di dua tanggal ini. Memangnya […]

Ekspor Serentak Diikuti Banyak Produk UKM, Begini Tips Biar Produkmu Bisa Ikut Diekspor

Awal Desember 2020 lalu, pemerintah melakukan pelepasan ekspor produk yang dilakukan secara serentak di 16 provinsi Indonesia. Pelepasan ekspor kali ini dinilai menarik karena banyak produk yang diekspor merupakan hasil dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Bahkan bagi beberapa UKM, ekspor ini merupakan ekspor perdana mereka. Total ada 133 pelaku usaha, 54 di antaranya merupakan […]

Page 1 of 3
1 2 3