Kapan Waktu Terbaik Buat Posting di Medsos?

Udah bukan rahasia lagi kalau media sosial atau medsos merupakan salah satu saluran penjualan yang efektif untuk melakukan pemasaran produk karena traffic-nya yang tinggi. Kalau akun medsos bisnis onlinemu bisa memanfaatkan traffic ini untuk menjaring pelanggan, kamu bisa mengkonversi mereka agar jadi pengunjung toko onlinemu. Konten yang kamu posting akan jadi kunci untuk menghasilkan konversi ini. Maka dari itu, penting bagi marketer atau pelaku bisnis online untuk tahu kapan aja waktu posting terbaik di medsos. Ternyata tiap platform bisa beda-beda, loh!

Dilansir dari Socialbakers, ini dia waktu-waktu terbaik untuk posting di 8 medsos terpopuler saat ini:

1. Facebook

Walau jam tayang terbaik bagi tiap wilayah bisa berbeda-beda, tapi bisa disimpulkan kalau waktu posting terbaik untuk konten Facebook pada hari kerja adalah pukul 5 pagi. Hal ini karena pengguna Facebook cenderung akan langsung online begitu mereka bangun tidur. Sementara pada akhir pekan atau hari libur, kamu bisa posting lebih siang antara pukul 9 hingga 11 pagi karena biasanya aktivitas akhir pekan mereka dimulai pada jam-jam ini.  

2. Instagram 

Walau jumlah total pengguna yang terdaftar di Facebook lebih besar, tapi engagement-nya masih kalah dari Instagram dengan satu miliar pengguna aktif per bulan. Instagram juga jadi surga bagi para influencer dan content creator yang menjalin kerjasama dengan brand. Sebuah studi dari Hubspot menyimpulkan kalau waktu posting terbaik di Instagram adalah pada jam makan siang atau pada jam-jam menjelang pulang kerja yaitu pukul 1 hingga 5 sore. Sementara itu, konten video di Instagram juga terbukti laku jika di-posting pada pukul 9 malam atau pukul 8 pagi apapun harinya. Hal ini karena pengguna Instagram biasa nonton video sambil rebahan di rumah. 

Walau sebenarnya jam tayang tidak terlalu berpengaruh pada performa konten di Instagram, tapi pengetahuan tentang jam tayang terbaik Instagram ini tetaplah penting karena akan berpengaruh pada algoritma yang menentukan di mana kontenmu akan muncul di halaman feed pengguna. Konten yang di-posting di Instagram saat prime time juga akan otomatis makin terdorong untuk muncul di feed followers-nya sehingga akan mendapatkan lebih banyak interaksi.

3. Twitter

Tidak seperti platform medsos lain, postingan Twitter bukan bergantung pada jam tayang tapi lebih pada momen yang tepat. Tingginya engagement suatu cuitan di Twitter lebih disebabkan karena kontennya dan bukan jam tayangnya. Meski begitu, ada beberapa hal menarik tentang jam tayang terbaik Twitter menurut pakar digital marketing Neil Patel, antara lain:

  • Cuitan Twitter pada pukul 5 sore berpotensi besar mendapatkan engagement dari pekerja yang sedang meninggalkan kantor dan melakukan perjalanan ke rumah.
  • Pukul 12 siang dan 6 sore pada tengah dan akhir minggu lebih mudah mendapatkan klik ke website.

4. LinkedIn

Tiap detiknya, ada 2 orang yang mendaftarkan akun baru mereka di LinkedIn. Dengan lebih dari 500 juta pengguna, LinkedIn jadi komunitas profesional terbesar saat ini. Pengguna LinkedIn biasa online bukan untuk mencari hiburan, melainkan untuk menjalin komunikasi. Berikut beberapa tips untuk posting di platform favorit para pencari kerja ini:

  • Selasa-Kamis jadi hari terbaik untuk posting sementara Senin dan Jumat jadi hari yang kurang diminati.
  • Pukul 9-11 pagi lebih efektif untuk menjaring pengguna yang sedang memulai aktivitasnya.
  • Konten yang di-posting di pagi hari bisa mengumpulkan engagement lebih karena pengguna cenderung membuka kembali konten ini di malam hari.

Baca Juga:

21 Data Pengguna Medsos Buat Tahun 2021 yang Bisa Jadi Inspirasi Jualanmu

Mau Jualan di Medsos? Perhatikan 10 Hal yang Lagi Tren Ini

4 Kebiasaan Pengguna Medsos di 2020 yang Bisa Menginspirasi Ide Marketing Bisnismu


5. Youtube

Sejak dibeli Google, Youtube jadi terindeks dan diikutsertakan sebagai hasil pencarian. Artinya, konten video yang diupload di Youtube bisa jadi bagian dari strategi SEO yang kamu jalankan. Waktu posting terbaik di Youtube bisa dijabarkan seperti di bawah ini:

  • Jam tayang terbaik adalah pada pukul 2-4 sore. Hal ini dikarenakan traffic tertinggi Youtube terjadi pada pukul 7-10 malam.
  • Kamis dan Jumat jadi hari terbaik untuk upload video.
  • Pada akhir pekan, jam tayang terbaik adalah pada pukul 10 hingga 11 pagi karena di hari libur pengguna Youtube lebih aktif di siang hari.

6. TikTok

Seperti yang mungkin kamu udah tahu, TikTok punya fitur TikTok for business untuk membantu brand dalam memasarkan produknya. Di Tiktok, video berdurasi 15 detik bisa mendapatkan banyak engagement jika di-posting pada waktu yang tepat. Waktu posting terbaik di TikTok bisa bervariasi sepanjang pekan. Berikut beberapa waktu terbaiknya:

  • Pukul 6-9 pagi jadi jam tayang terbaik karena ini merupakan jam bangun tidur dan memulai aktivitas bagi sebagian besar orang.
  • Hari Senin dan Rabu pukul 10-11 malam menunjukkan hasil yang bagus.
  • Pada akhir pekan, cobalah untuk posting pada pukul 7-11 pagi dan pukul 4 sore hingga 8 malam. 

Oh iya, video TikTok juga biasa di-posting ulang di Instagram, jadi cek juga jam tayang terbaik di Instagram untuk mem-posting ulang video TikTokmu.

7. Pinterest

Strategi posting di Pinterest sebenarnya lebih tergantung pada pin apa yang mau kamu upload, boards apa yang kamu follow dan audiens seperti apa yang kamu punya. Pinterest akan mempertimbangkan tiga hal ini sebelum memunculkan pin yang kamu upload di feed pengguna, yaitu kualitas gambar, deskripsi yang jelas, dan konsistensimu dalam melakukan upload pin. Pertimbangkan hal-hal ini sebelum upload konten di Pinterest:

  • Jam terbaik untuk posting di Pinterest adalah pada pukul 8-11 malam dan antara 2-4 pagi.
  • Jika kamu punya audiens yang kebanyakan pekerja kantoran, waktu terbaik untuk posting adalah sesaat sebelum dan sesudah jam makan siang dan jam pulang kantor.
  • Seperti kebanyakan platform medsos lain, pukul 8-11 malam bisa mendapatkan hasil yang memuaskan karena menjelang waktu tidur.

8. Snapchat

Snapchat dikenal sebagai aplikasi nokturnal karena sering diakses penggunanya di malam hari sampai mereka tertidur. Walau tidak banyak brand yang menggunakan Snapchat for Business, tapi sebenarnya ada potensi yang bisa muncul kalau kamu mencoba posting di waktu-waktu berikut ini:

  • Postingan Snapchat sebaiknya di-posting tiap hari dengan frekuensi 2-3 kali per harinya.
  • Incar pengguna yang sedang bersiap-siap tidur pada pukul 9-11 malam.

Nah, itu tadi waktu posting terbaik di berbagai platform medsos yang populer saat ini. Memang sih, tidak ada paten yang pasti manjur dalam hal waktu posting karena karakteristik pengguna medsos bisa berubah-ubah dan jenis bisnis yang ada juga sangat beragam. Cobalah untuk terus mengikuti apa yang sedang jadi tren saat ini dan gunakan platform ecommerce yang bisa mendukung strategi marketing yang kamu jalankan di medsos seperti TokoTalk. Dengan TokoTalk, postingan medsos bisa langsung dikonversi jadi penjualan di toko onlinemu. Yuk, daftar sekarang!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *