Tips Membuat Deskripsi Meta yang Bisa Membuat Tokomu Masuk Pencarian Teratas Google

Katanya sih, meta description atau deskripsi meta itu bisa membuat website atau toko onlinemu jadi gampang ditemukan di mesin pencari Google. Tapi sebenarnya meta deskripsi ini apa sih? Terus cara bikin deskripsi yang benar itu gimana? Cara masangnya ribet gak? Temukan jawabannya di sini!

Sekilas tentang Deskripsi Meta

Deskripsi meta adalah sebuah tag yang jadi bagian dari kode HMTL di tiap website. Seperti namanya, ia merupakan deskripsi dari website tersebut yang biasanya terdiri dari 155 karakter. Kebanyakan deskripsi meta berisi ringkasan tentang apa aja yang ada di website ini. Dengan mengoptimalkan deskripsi ini, kita bisa meningkatkan On-Page SEO di website kita. 

Deskripsi meta berguna untuk menjaring pengguna internet yang sedang mengetik suatu frase atau kata kunci di Google. Dengan kata lain, deskripsi ini bisa jadi sumber klik dari mesin pencari Google. Akan tetapi, perlu diingat bahwa semua mesin pencari yang ada saat ini tidak memasukkan deskripsi ini sebagai bagian algoritma dalam menentukan ranking SEO suatu website, jadi penggunaan deskripsi ini tidak akan berpengaruh secara langsung terhadap SEO ini. 

Kalau deskripsi meta tidak punya pengaruh secara langsung, apakah ia masih penting untuk dipakai? Jawabannya adalah iya, soalnya Google punya yang namanya CTR (Click Though Rate). CTR ini dipakai Google untuk menentukan apakah websitemu merupakan hasil pencarian yang bagus. Semakin banyak orang yang nge-klik websitemu, Google akan menganggap kalau websitemu termasuk hasil pencarian yang baik dan akurat. Kesimpulannya, deskripsi meta (dan judul website tentunya) harus dioptimalkan agar website atau toko onlinemu berada di posisi teratas pencarian Google. 

Tips Mudah Membuat Deskripsi Meta

Setidaknya ada 7 hal yang bisa kita lakukan agar deskripsi meta yang kita buat bisa membantu meningkatkan ranking SEO kita, antara lain:

1. Jangan Lebih dari 155 Karakter

Sebenarnya gak ada paten yang menentukan berapa jumlah karakter yang ideal untuk deskripsi meta. Informasi yang ada di deskripsi ini memang harus selengkap mungkin, namun tetap ringkas dan padat. Rata-rata deskripsi meta yang muncul di hasil pencarian adalah 120-156 karakter seperti ini:

2. Gunakan Kalimat Aktif

Deskripsi meta juga bisa jadi sarana untuk mendatangkan pelanggan ke tokomu jika deskripsi yang kamu buat berisi kalimat ajakan. Inilah alasan kenapa banyak brand besar banyak memakai kalimat aktif di deskripsi mereka. Jangan gunakan kata-kata yang terlalu membosankan atau rumit. Siapapun yang membaca deskripsi ini harus langsung paham apa isi websitemu.

3. Akhiri dengan CTA

Setelah kamu membuat deskripsi yang padat dan jelas, akhiri deskripsi ini dengan CTA atau Call to Action. CTA ini bisa berisi ajakan untuk mengunjungi website, membeli produk, atau menggunakan layanan yang kamu tawarkan. Beberapa CTA yang mungkin bisa kamu coba adalah “‘cobain sekarang”, “cari tahu lebih lanjut”, “pesan sekarang juga”, dan lain-lain.

4. Fokus pada Kata Kunci

Jika deskripsi meta yang kamu buat fokus pada suatu kata kunci atau keyword, Google akan lebih memilih untuk menampilkannya dan menggarisbawahi kata kunci ini. Hal serupa akan dilakukan Google pada sinonim atau kata dengan arti yang sama. Ini akan membuat website atau toko onlinemu makin menonjol di daftar pencarian. Contohnya bisa dilihat dari hasil pencarian Academy Awards di bawah ini. Kamu bisa melihat Google membuat kata-kata ‘Academy Awards’ dan ‘Oscar’ dalam huruf tebal karena dua istilah merupakan sinonim atau memiliki arti yang sama.

5. Beri Spesifikasi Detail

Kalau kamu jualan gadget atau barang-barang elektronik, kamu wajib menyertakan spesifikasi produk yang kamu jual sedetail mungkin. Info pabrikan, standar SNI, sampai harga juga bisa kamu masukkan untuk menarik perhatian pengguna internet. Hal ini karena pencarian terhadap barang elektronik biasa dilakukan oleh orang yang memang berniat melakukan pembelian. Jika deskripsi meta yang kamu pasang punya info-info yang mereka butuhkan seperti harga dan spesifikasi, mereka akan langsung mengunjungi toko onlinemu. Contohnya bisa seperti ini:

6. Cocokkan dengan Isi Websitemu

Bagian ini juga penting banget. Pasalnya, Google akan mengecek apakah informasi yang ada di deskripsi meta ini sesuai dengan yang ada di konten websitemu. Jika tidak, maka websitemu akan dianggap memberi informasi yang salah sehingga tidak akan ditampilkan di daftar teratas pencarian. Selain tidak disukai Google, memberi informasi yang salah juga gak bagus karena akan menurunkan kepercayaan publik terhadap bisnismu. Jadi cek terus kebenaran konten websitemu, ya!

7. Buat Seunik Mungkin

Jangan sampai deskripsi yang kamu buat sama dengan deskripsi yang ada di website lain. Jika kamu punya dua atau lebih website dengan konten yang sama, buatlah deskripsi yang berbeda satu sama lain. Opsi lain adalah dengan mengosongkan deskripsi di salah satu websitemu sehingga hanya ada satu website dengan deskripsi yang original. 

Cara Memasang Deskripsi Meta

Memasang deskripsi meta di toko onlinemu sangatlah mudah kalau website toko onlinemu dibuat dengan TokoTalk. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Dari TokoTalk Admin, buka halaman Toko Online > Domain & SEO
  2. Isi kolom deskripsi meta dengan deskripsi yang udah kamu buat
  3. Klik Simpan

Wow! Ternyata memasang deskripsi meta di TokoTalk itu gampang banget ya, Tokofriends! Jadi, apa lagi yang kamu tunggu? Buat website toko onlinemu di TokoTalk sekarang!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *