Persiapkan Bisnismu untuk 10 Tren Bisnis Terbesar di Tahun 2021 Ini

Berbagai ketidakpastian yang ada saat ini membuat kita semua bertanya-tanya, apakah tahun baru kali ini sama dengan tahun baru di tahun-tahun sebelumnya? Seberapa besar pengaruh pandemi terhadap dunia bisnis di tahun baru ini? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini harus kita jawab agar bisnis yang kita jalankan tetap sukses di tahun ini.

Seorang kontributor majalah bisnis Forbes bernama Bernard Marr pernah membahasnya dengan judul yang sama. Apa aja ya, 10 tren terbesar ini? Yuk, kita simak satu-satu!

1. Bekerja Secara Remote

Kalau kamu masih berstatus sebagai karyawan di suatu perusahaan, mungkin perusahaanmu ikut menjalankan kebijakan WFH (Work From Home) sesuai anjuran pemerintah. Kalau iya, mungkin kamu harus betah-betahin dirimu dengan kebiasaan baru ini. Pasalnya, kebijakan WFH ini akan diteruskan hingga tahun ini dan mungkin bisa jadi sesuatu yang permanen bagi perusahaan yang sukses menciptakan sistem WFH yang efektif dan efisien.

Sebagai pelaku bisnis, kamu juga harus mempertimbangkan opsi untuk memasarkan produk dari rumah dan bukan toko fisik. Buat dirimu merasa nyaman menjalankan bisnis dari rumah dengan membuat tempat kerja sederhana untuk menerima orderan. Sedangkan untuk pengganti toko fisik, kamu bisa berjualan melalui toko online yang dibuat dengan TokoTalk.

2. Data adalah Aset

Salah satu aspek yang membuat bisnis online lebih mudah daripada bisnis offline adalah data. Secara tradisional, kita biasa menyimpan data-data terkait inventaris, penjualan, keuntungan, dan data pelanggan secara manual dengan Microsoft Excel. Cara tradisional ini terlalu memakan banyak waktu dan lebih berpotensi menimbulkan kesalahan atau human error dibandingkan dengan teknik menyimpan data di layanan cloud saat berjualan secara online.

Salah satu cara terbaik untuk mengelola data-data terkait bisnismu ini adalah dengan TokoTalk. Pasalnya, toko yang dibuat dengan TokoTalk udah serba otomatis sehingga kamu gak perlu mencatat atau mengupload data-data yang kamu punya secara manual. Misalkan produk yang kamu jual habis terjual, sistem akan langsung mengubah statusnya menjadi ‘habis terjual’ dan bahkan akan secara otomatis mengingatkanmu untuk restok. Data-data lain seperti transaksi, keuntungan, hingga data-data pelangganmu juga bisa kamu unduh sewaktu-waktu. Data yang lengkap ini akan sangat membantumu untuk menentukan target pasar dan strategi pemasaran yang terbaik untuk bisnismu.

3. Inovasi Model Bisnis

Pandemi membuat berbagai industri di tahun 2020 dipaksa untuk melakukan transformasi. Bisnis yang bisa bertahan di saat pandemi adalah bisnis yang mampu mengubah model bisnisnya menjadi sesuai apa yang sedang dibutuhkan konsumen saat ini. Bisnis kuliner misalnya, mereka harus lebih fokus ke pengantaran makanan agar menutup kerugian akibat sepinya pengunjung yang makan di restoran. Bisnismu juga harus melakukan hal serupa. Fokuslah untuk melayani konsumen secara digital agar bisnismu terus bertahan. 

4. Otomatisasi

Pelayanan yang serba otomatis akan makin diminati di tahun 2021 ini. Bahkan layanan kesehatan yang tadinya harus secara langsung mulai pelan-pelan tergeser dengan kemunculan berbagai startup kesehatan. Begitu pula dengan proses belanja di toko online. Semuanya harus serba otomatis mulai dari proses order, pembayaran, hingga pengiriman barang. 

TokoTalk mampu memberikan berbagai kemudahan dalam berbelanja bagi pelangganmu karena semuanya udah serba otomatis. Mereka bisa memilih sendiri metode pembayaran maupun kurir yang mereka inginkan. Selain serba otomatis bagi konsumen, fitur-fitur yang ada di TokoTalk juga serba otomatis bagi penjual. Perubahan apapun yang kamu mau bisa diatur dari halaman admin. Oh iya, fitur-fitur otomatis ini juga gratis, loh!   

5. Pendanaan Makin Mudah

Pandemi membuat banyak bisnis makin kesulitan untuk mendapatkan suntikan dana dari investor. Mundurnya banyak investor ini membuat banyak pelaku bisnis harus mencari alternatif lain. Untungnya, saat ini pendanaan bisa didapatkan melalui crowdfunding, teknologi blockchain, dan model pengumpulan dana lainnya. Tren ini diprediksi akan dimanfaatkan oleh banyak bisnis baru di 2021.


Baca Juga:

5 Tren Ini Bisa Jadi Peluang Bagi Bisnis Kecil di Tahun 2021

9 Tren Digital Marketing Terbaik Buat Tahun 2021


6. Tampilan Virtual

Karena saat ini semuanya udah serba online, tampilan virtual hadir menggantikan dekorasi toko. Toko online dengan tampilan yang menarik dan mudah digunakan akan lebih diminati oleh konsumen. Kalau kamu udah punya toko online yang dibuat dengan TokoTalk, pasti kamu udah lihat sendiri betapa mudahnya buat kamu untuk mengatur tampilan toko onlinemu. Pilih warna yang sesuai dengan bisnismu agar tokomu makin menarik di mata pelanggan dan tingkatkan terus penjualanmu!

7. Lokal Dulu, Global Kemudian

Pandemi membuat dunia bisnis internasional mengalami berbagai hambatan. Ini belum ditambah dengan panasnya situasi politik internasional yang mengakibatkan perang dagang. Pilihan terbaik bagi pelaku bisnis saat ini adalah untuk fokus berjualan secara lokal. Begitu bisnismu sukses dalam skala lokal, barulah kamu bisa coba untuk go global. Untuk memasarkan produk sampai ke luar negeri juga sebenarnya gak susah, kok. Dengan TokoTalk misalnya, udah ada metode pengiriman barang ke Malaysia dan Singapura. Kata siapa cuma brand besar yang bisa main ekspor?

8. Maksud dan Tujuan Bisnis Harus Jelas

Tren dunia kerja saat ini membuat banyak orang bekerja bukan hanya demi uang, tapi juga untuk mencari makna hidup. Begitu pula dengan bisnis, harus ada maksud dan tujuan yang jelas kenapa bisnis ini didirikan. Rumuskan visi dan misi bisnismu dan terjemahkan menjadi slogan untuk dipajang di profil toko onlinemu. Konsumen akan cenderung lebih memilih untuk berbelanja dari brand yang punya maksud dan tujuan yang jelas.

9. Keberlangsungan Hidup

Pandemi membuat kita sadar kalau pencemaran lingkungan saat ini udah sangat parah. Isu-isu terkait polusi dan global warming ini akhirnya jadi sesuatu yang menarik perhatian banyak orang, termasuk mungkin pelangganmu. Ini akan membuat banyak bisnis memikirkan kembali operasi yang mereka jalankan. Kemasan daur ulang, pengurangan plastik, dan kebijakan-kebijakan lain mungkin akan diterapkan untuk mendukung keberlangsungan hidup. Selain dari segi operasional, dukungan ini bisa kamu tunjukkan juga melalui postingan akun toko onlinemu di medsos.

10. Interaksi Sosial

Banyak brand menjalin interaksi dengan pelanggan mereka melalui platform medsos di kala pandemi. Ini membuat tahun 2021 akan jadi tahun di mana brand akan makin dituntut untuk semakin eksis di medsos. Kalau toko onlinemu udah punya akun medsos, manfaatkan tren ini dengan update kontenmu secara berkala. Selain itu, kamu juga akan dituntut untuk bisa merespon pertanyaan yang mereka ajukan secepat mungkin.

Penggunaan chatbot bisa jadi solusi agar brand-mu dianggap responsif dalam melayani pelanggan. Untungnya toko online yang dibuat dengan TokoTalk udah punya fitur chatbot ini yang akan langsung merespon saat pelangganmu membuka kolom live-chat. Respon ini juga akan langsung diteruskan ke ponselmu dalam bentuk notifikasi. 

Gimana nih, Tokofriends, menarik banget kan tren bisnis terbesar di tahun 2021 tadi? Oh iya, semua tren tadi akan mudah kamu ikuti kalau toko onlinemu dibuat dengan TokoTalk. Hapus segala keraguanmu dengan TokoTalk dan datangkan lebih banyak cuan buat bisnismu!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *