Mau Jualan di Medsos? Perhatikan 10 Hal yang Lagi Tren Ini

Media sosial atau medsos dikenal sebagai salah satu saluran penjualan yang efektif untuk melakukan pemasaran produk karena memiliki website traffic yang tinggi. Meski begitu, bukan berarti kamu bisa dengan mudah mendapatkan pelanggan hanya dengan memajang produk yang kamu jual di medsos. Kamu harus paham juga apa yang sedang jadi tren untuk memaksimalkan konversi yang kamu dapat dari medsos. Langsung aja, ini dia 10 tren medsos yang bisa kamu manfaatkan untuk menjaring lebih banyak pelanggan:

1. Penggunaan Memes Semakin Populer

Data dari Talkwalker menemukan kalau penggunaan (dan mention) memes meningkat sebesar 26 persen dari bulan Agustus 2019 hingga Juli 2020. Penggunaan memes juga diprediksi akan terus meningkat di tahun 2021 ini. Manfaatkan tren medsos ini untuk membuat memes terkait produk yang kamu jual. Membuat memes juga bukan hal yang sulit karena yang membuat memes menarik adalah unsur humornya. Editan kasar justru bisa membuat memes mendapat lebih banyak likes dan share. 

2. Konten Video Makin Diminati

Hal ini diungkap oleh studi yang dilakukan oleh TechCrunch. Konten video yang berupa explainer atau menjelaskan sesuatu terus mengalami peningkatan views dan engagement. Tren medsos ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat video explainer mengenai produk yang kamu jual. Apalagi saat ini banyak sekali aplikasi video editor yang gratis dan mudah digunakan. Jangan lupa juga untuk membuat caption yang menarik agar orang makin tertarik untuk menonton videomu.

3. Platform Medsos yang Lagi Naik Daun

Berjualan di medsos bukan berarti harus aktif posting di semua platform medsos yang ada. Sebuah studi dari App Annie menemukan kalau TikTok jadi jadi platform medsos dengan pertumbuhan yang paling tinggi dalam satu tahun yaitu 210 persen. Sementara itu, jumlah pengguna aktif bulanan di Reddit juga bertambah secara signifikan yaitu 30 persen dalam jangka waktu tahun. Pahami target pasarmu dan fokuslah di satu platform yang paling cocok dengan bisnismu.

4. Stories Masih Jadi Favorit

Fitur Stories yang ada di berbagai platform medsos rupanya masih jadi favorit jutaan pengguna. Sebuah studi dari TechCrunch menemukan kalau pengguna stories harian di tiga platform medsos terbesar: Instagram, Facebook, dan Whatsapp masing-masing mencapai angka 500 juta di tahun 2019. Kepopuleran ini membuat berbagai medsos lain seperti Linkedin memperkenalkan fitur stories untuk dipakai pengguna mereka. Oh iya, rata-rata fitur stories yang ada di medsos juga dilengkapi dengan berbagai filter yang bisa dimanfaatkan untuk membuat stories yang lucu dan unik. Selain itu, kamu juga bisa membuat polling dan survei di stories untuk mendapat lebih banyak engagement. 

5. Waspada Hoax!

Kepopuleran platform medsos rupanya banyak dimanfaatkan juga oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan hoax. Data dari Techcrunch mencatat, keberadaan hoax, berita palsu, dan teori konspirasi yang ada di medsos terus mengalami peningkatan sejak Februari 2020. Jadi kalau kamu berencana update berita pakai akun toko onlinemu di medsos, cek dulu kebenaran beritanya, ya!


Baca Juga: Bagaimana Perilaku Pengguna Medsos di Kuartal Ketiga Tahun 2020?


6. Social Commerce Punya Masa Depan Cerah

Social Commerce atau praktik memasarkan barang melalui platform medsos akan semakin populer di masa depan. Survei yang dilakukan Hootsuite di tahun 2019 aja mencatat kalau tiga dari sepuluh pelaku bisnis udah menjalankan rencana medsos atau sedang berencana untuk mengimplementasikannya dalam 12 bulan ke depan. Jadi kalau kamu belum punya rencana mau posting apa aja di tahun 2021 ini, coba kamu pikirkan mulai dari sekarang.

7. Jadilah Otentik

Jangan hanya mengikuti arus. Survei yang dilakukan Stackla menemukan, 9 dari 10 pengguna medsos lebih memilih untuk men-support kalau brand yang otentik atau lain dari yang lain. Tentukan brand voice seperti apa yang mau kamu gunakan, posting konten original atau buatan sendiri, dan tentukan nama brand yang mudah diingat konsumen.

8. Medsos Jadi Sumber Informasi

Sebuah survei dari GlobalWebIndex mencatat, 43 persen konsumen mencari informasi terkait produk yang ingin mereka beli di medsos. Dengan kata lain, ranking SEO (optimasi mesin pencari) toko onlinemu di medsos juga harus tinggi layaknya SEO di mesin pencari Google. Lengkapi profil akun toko onlinemu dan rajin-rajinlah upload konten agar tokomu makin mudah ditemukan.

9. Pertumbuhan Aplikasi Messenger Terus Meningkat

Kemudahan yang ditawarkan Whatsapp, Line, dan aplikasi chat atau messenger lain membuat penggunanya akan terus bertambah. Studi eMarketer memprediksi, pada tahun 2023 pengguna aplikasi messenger di seluruh dunia akan mencapai akan 3,12 triliun. Inilah kenapa kamu wajib membagikan nomor Whatsapp, ID Line, atau akun messnger lain di bagian informasi toko onlinemu.

10. Medsos Sebagai Layanan Customer Care

Sebuah survei dari Drift menemukan kalau 3 dari 10 konsumen menjalin komunikasi dengan brand melalui medsos. Beberapa brand besar bahkan sampai membuat akun tambahan untuk menyediakan layanan customer care ini. Jadi kalau kamu belum memanfaatkan akun medsos toko onlinemu untuk memberikan layanan customer care, cobalah untuk mulai dari sekarang.

Nah, itu tadi 10 hal yang jadi tren medsos saat ini. Udah banyak penjual yang memanfaatkan berbagai tren tadi untuk memasarkan produk mereka. Saking populernya fenomena pemasaran produk di medsos ini, salah satu platform medsos terpopuler yaitu Instagram sampai merilis fitur Instagram Shopping. Jadi kalau kamu belum mengoptimalkan platform medsos untuk berjualan, sekaranglah saatnya. Apabila saluran penjualanmu yang ada di berbagai medsos ini bisa ditaruh di satu landing page yang dibuat dengan TokoTalk. Yuk, mulai jualan sekarang!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *