Website Toko Online dan Marketplace, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Sebagai penjual, pastinya kita ingin berjualan di tempat yang lebih menguntungkan. Inilah yang jadi alasan kenapa banyak penjual memasarkan barang dagangannya melalui platform ecommerce. Setidaknya saat ini ada dua platform ecommerce yang banyak dipakai penjual yaitu marketplace dan website toko online pribadi. Dari dua lapak online terfavorit tadi, sebenarnya mana sih yang lebih menguntungkan? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus tahu kelebihan dan kekurangan yang mereka tawarkan.

Dilansir dari Prisync.com, berikut plus minus berjualan di marketplace dan website toko online:

Kelebihan Marketplace

Setidaknya ada tiga keuntungan yang bisa didapat saat berjualan di marketplace, antara lain: 

1. Bisa Langsung Jualan

Mungkin kamu udah tahu kalau untuk mulai berjualan di marketplace, kamu hanya tinggal daftar. Mulai dari mengisi informasi, verifikasi, hingga upload produk bisa kamu lakukan secara instan tanpa harus menunggu lama. Kurang dari satu jam, produkmu udah bisa dilihat dan dibeli oleh konsumen. 

2. Trafik Website yang Tinggi

Hampir semua konsumen mencari barang yang mereka butuhkan di marketplace. Hal ini mengakibatkan marketplace memiliki trafik website yang cukup tinggi. Trafik ini meningkatkan kemungkinan bagi konsumen untuk menemukan produk yang kamu jual.

3. Sistem yang Terintegrasi 

Marketplace memiliki sistem transaksi yang telah terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran, metode pengiriman, dan operasi-operasi terkait lainnya. Selain itu, ada juga layanan customer service untuk dihubungi konsumen jika mereka membutuhkan bantuan.

Kekurangan Marketplace

Berbagai keuntungan yang ditawarkan marketplace bukannya tanpa kelemahan. Berikut beberapa kekurangan memasarkan produk di marketplace: 

1. Persaingan yang Ketat dan Gak Sehat

Memang benar, trafik website yang tinggi bisa diartikan sebagai banyaknya konsumen yang hendak berbelanja di marketplace. Tapi jangan lupa, kalau jumlah penjual yang memasarkan barang di marketplace itu gak kalah banyak. Artinya kamu harus bersaing dengan belasan atau bahkan puluhan penjual lain saat memasarkan suatu produk. 

Hal ini mengakibatkan marketplace dipenuhi persaingan yang gak sehat. Bayangin aja kalau ada sepuluh penjual yang menjual satu produk yang sama. Kamu akan dipaksa untuk memasang harga lebih rendah agar produkmu jadi pilihan konsumen. Alhasil, laba yang kamu dapatkan akan berkurang. Belum lagi kalau kamu harus bersaing dengan toko resmi yang akan selalu muncul di bagian teratas pencarian produk di marketplace.

2. Ada Biaya yang Harus Dibayar

Berbagai kemudahan yang ditawarkan marketplace tidaklah gratis. Marketplace biasa memasang charge atau biaya yang harus dibayar penjual saat mendaftarkan produk mereka. Memang sih, buka website toko online juga tidak sepenuhnya gratis. Sebagai penjual, kamu harus paham biaya mana yang lebih murah dibandingkan dengan keuntungan yang kamu dapatkan.


Baca Juga:

Website Toko Online vs Marketplace: Mana yang Sebaiknya Kamu Gunakan?

TokoTalk atau Marketplace: Mengapa Tidak Dua-duanya Saja?


Kelebihan Website Toko Online 

Nah, kalau tadi kita udah tahu apa aja kelebihan dan kekurangan marketplace, sekarang coba kita bandingkan dengan keuntungan yang didapatkan dari website toko online: 

1. Lebih Mudah Membangun Brand Awareness

Website toko online akan membuat brand yang sedang kamu bangun jadi menonjol dibandingkan dengan brand lain. Tentunya konsumen akan merasa lebih yakin untuk melakukan pembelian jika mereka membeli dari brand yang punya toko online resmi dengan tampilan yang menarik dan gak gitu-gitu aja seperti yang ada di marketplace.

Bahkan jika produk yang kamu jual laris manis di marketplace, yang ada di pikiran pembeli adalah “saya beli barang ini di marketplace A”. Hal ini menyebabkan konsumen jadi tidak sadar kalau sebenarnya mereka sedang berbelanja di tokomu. Dengan website toko online, konsumen akan selalu ingat dengan nama toko onlinemu  dan mereka akan menyebarkannnya ke kolega mereka. Alhasil, kamu akan mendapatkan lebih banyak pelanggan yang akan setia berbelanja di tokomu. 

2. Lebih Leluasa dalam Melakukan Kampanye Pemasaran

Memiliki website toko online sendiri berarti kamu akan lebih leluasa dalam mengumpulkan data pengunjung websitemu. Data pengunjung ini akan sangat berguna bagimu untuk melakukan kampanye pemasaran produkmu. Kamu jadi tahu siapa target pasarmu dan bisa membuat promosi atau kampanye medsos yang sesuai dengan target pasar ini.

Kekurangan Website Toko Online

Seperti kata pepatah, tak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu pula dengan website toko online yang masih memiliki beberapa kekurangan seperti: 

1. Butuh Waktu dan Biaya

Jika marketplace sudah memiliki infrastruktur dan sistem yang terpadu, lain halnya dengan website toko online yang harus dibangun dari nol. Kalau kamu punya skill web developer, mungkin kamu bisa menghemat biaya karena desain bisa kamu buat sendiri. Namun desain yang bagus pasti membutuhkan waktu yang lama, belum lagi dengan biaya hosting yang harus kamu keluarkan agar mendapatkan domain pribadi buat toko onlinemu.

Tapi ada loh, website yang bisa membuat website toko online secara instan dan dilengkapi fitur yang lebih lengkap dibandingkan marketplace. Website ecommerce builder ini bernama TokoTalk. Cukup dengan daftar akun baru, kamu udah bisa punya website toko online sendiri yang memiliki berbagai kelebihan serupa dengan marketplace, namun tanpa kekurangannya. Oh iya, TokoTalk juga gratis selamanya, loh!

2. Harus Mencari Trafik Sendiri

Karena rata-rata konsumen mencari produk yang mereka butuhkan di marketplace, maka trafik website toko online tidak seramai marketplace. Meski begitu, kekurangan yang satu ini bisa diakali jika website toko onlinemu dibuat dengan TokoTalk. Pasalnya, TokoTalk dilengkapi dengan berbagai fitur marketing dan bisa kamu hubungkan dengan saluran penjualanmu yang lain dan bahkan bisa jua disambungkan dengan akun toko onlinemu yang ada di medsos.  

Nah, udah jelas kan apa aja kelebihan dan kekurangan marketplace dan website toko online. Kalau kamu masih bingung platform mana yang mau kamu pakai buat jualan, pakai aja dua-duanya. Soalnya TokoTalk bisa membuat satu landing page untuk menaruh semua saluran penjualanmu di satu tempat sehingga konsumen jadi punya lebih banyak pilihan saat berbelanja. Jadi, apa lagi yang kamu tunggu? Daftar TokoTalk sekarang dan tingkatkan terus penjualanmu!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *