Apa yang Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang 2020?

Keberadaan Google Search membuat SEO jadi salah satu faktor terpenting dalam digital marketing. Jika toko onlinemu mengandung keyword atau kata kunci yang sering dicari di Google, produk yang kamu jual akan lebih mudah ditemukan konsumen. Nah, kalau kamu mau tahu apa aja yang banyak dicari di Google sepanjang tahun 2020 lalu, kamu wajib menyimak artikel yang satu ini.

Langsung aja, ini 45 topik yang jadi tren pencarian di Google sepanjang tahun 2020:

Dari 45 tren pencarian tadi, kita bisa melihat ada lima pencarian terpopuler sepanjang 2020. Yuk, kita bahas satu-satu!

1. Virus Corona

Seperti yang bisa ditebak, hal yang paling banyak dicari netizen Indonesia adalah virus corona. Virus dari Tiongkok yang telah menginfeksi jutaan penduduk dunia termasuk Indonesia ini memang membuat semua orang merasa was-was. Tentunya kita masih ingat pada tanggal 2 Maret 2020 lalu saat dua warga Indonesia pertama diumumkan positif Covid-19. Sejak saat itu, jumlah orang yang terinfeksi virus corona tercatat terus mengalami peningkatan. Alhasil, pencarian terkait virus corona masih banyak dicari hingga saat ini.

Berbagai brand udah banyak memanfaatkan kepopuleran keyword ini dengan memberi embel-embel ‘virus’ atau ‘anti virus’ di setiap postingan medsos maupun di deskripsi produk mereka. Selain itu, kamu bisa juga membuat konten terkait virus corona ini seperti tips-tips untuk menjaga kesehatan, barang apa aja yang wajib dibawa saat keluar rumah, dan masih banyak lagi.

2. PSBB

Selain Corona, topik lain yang banyak dicari adalah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Semenjak PSBB ini pertama diberlakukan di Jakarta pada tanggal 4 April 2020, banyak netizen jadi ingin tahu lebih banyak tentang PSBB karena kebijakan ini berpengaruh langsung terhadap kehidupan mereka. Mereka yang masih keluar rumah atau bahkan keluar kota sering menggunakan PSBB sebagai keyword untuk mencari informasi seperti cara mendapatkan surat keterangan sehat, jam operasional tempat publik, dan masih banyak lagi. Hingga saat ini pun, kata kunci ini masih jadi favorit karena kebijakan PSBB masih dijalankan di berbagai kota di Indonesia.

Karena informasi seputar kebijakan PSBB ini banyak dicari, kamu bisa membantu menyebarkan info ini di medsos toko onlinemu. Info seperti cara mendapatkan surat keterangan sehat, kebijakan pemerintah daerah terhadap pendatang, dan info-info serupa akan lebih mudah mendapatkan klik yang bisa kamu arahkan ke toko onlinemu. Apalagi konten seperti ini juga cenderung mudah untuk di-share pelangganmu ke kerabat mereka.   


Baca Juga: Apa Produk Terlaris di Indonesia Sepanjang 2020?


3. Kartu Prakerja

Pencarian seputar kartu prakerja juga banyak dicari netizen Indonesia sepanjang tahun 2020. Keyword ini sering digabungkan dengan kata-kata lain seperti persyaratan, cara mendaftar, dan masih banyak lagi. Antusiasme masyarakat untuk mendapatkan kartu prakerja ini juga masih tinggi walaupun pendaftaran untuk kartu prakerja tahun 2020 udah ditutup. Hal ini disebabkan karena pendaftaran untuk mendapatkan kartu ini akan kembali dibuka di tahun 2021. Maka dari itu, jangan kaget kalau sampai tahun ini kartu prakerja masih jadi salah satu keyword terpopuler.

Informasi seputar kartu prakerja ini juga bisa kamu olah jadi konten untuk diupload di medsos toko onlinemu agar pengunjung websitemu bertambah. Cara ini akan membuat pelangganmu merasa terbantu sehingga brand yang kamu bangun akan punya nilai lebih dibandingkan dengan kompetitor. Oh iya, info seputar BLT (Bantuan Langsung Tunai) juga banyak dicari, loh!

4. Sepeda Lipat

Bersepeda jadi aktivitas yang sedang naik daun di Indonesia. Berbagai kalangan masyarakat, tua dan muda, pejabat hingga pekerja kantoran, semua rela merogoh kocek mereka untuk membeli sepeda dan berbagai aksesorisnya. Menariknya, dari berbagai jenis sepeda yang dijual di pasaran, ada satu jenis sepeda yang jadi salah satu trending pencarian terpopuler di Google yaitu sepeda lipat. Berbeda dengan sepeda gunung atau jenis sepeda lainnya, sepeda lipat dianggap praktis dan cocok digunakan oleh warga di kota-kota besar. Pasalnya, sepeda jenis ini bisa dibawa masuk ke berbagai transportasi umum dan beratnya relatif lebih ringan.

Pandemi Covid-19 juga berpengaruh besar terhadap tren sepeda lipat ini. Tuntutan untuk hidup sehat agar terhindar dari virus Corona membuat tren sepeda lipat (dan sepeda pada umumnya) diprediksi akan tetap relevan di tahun 2021 ini. Cobalah untuk mengakali agar keyword yang satu ini bisa relevan dipakai dalam pemasaran produkmu.

5. Odading

Tentunya kita masih ingat tingkah jenaka Mang Oleh saat mempromosikan odading jualannya di medsos. Video ngevlog amatiran yang disertai kata-kata kasar itu rupanya sukses jadi perbincangan netizen. Banyaknya warga Indonesia yang penasaran ingin menonton video viral tersebut mengakibatkan odading masuk ke lima besar pencarian terpopuler di tahun 2020 lalu.

Masuknya odading dalam lima besar pencarian terpopuler Google jadi bukti betapa besarnya peran konten untuk memasarkan produk, terutama konten video. Kesuksesan video Odading Mang Oleh juga jadi bukti kalau membuat konten video viral itu sebenarnya gak susah-susah amat. Cukup bermodalkan kamera ponsel aja, video yang kamu buat bisa viral dan memancing netizen untuk mencari tahu lebih tentang produk yang kamu jual.

Nah, itu tadi pembahasan lima pencarian terpopuler Google di tahun 2020. Kalau  bisnis yang kamu jalankan belum terkait langsung dengan lima pencarian tadi, jangan berkecil hati. Kamu masih bisa mengupload konten terkait keyword yang sedang populer untuk mendapatkan views dan engagement. Jangan lupa juga untuk menaruh link ke toko onlinemu di bagian caption agar mendapatkan konversi. Lebih bagus lagi kalau kamu punya landing page yang berisi berbagai channel penjualanmu. Apalagi membuat landing page itu gak sulit kalau toko onlinemu dibuat dengan TokoTalk, soalnya tinggal diatur dari halaman admin. Yuk, mulai jualan sekarang!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *