5 Tren Ini Bisa Jadi Peluang Bagi Bisnis Kecil di Tahun 2021

Kalau kamu baru mulai jualan atau udah punya bisnis kecil-kecilan yang masih rajin mencari cuan, tahun baru ini bisa jadi waktu yang tepat untuk meningkatkan penjualanmu. Pasalnya, berbagai tren yang lahir akibat pandemi tahun lalu rupanya banyak melahirkan berbagai peluang yang bisa dimanfaatkan para pelaku bisnis kecil di tahun ini. Emang apa aja sih, tren dan peluang terbaik di tahun ini? Langsung simak aja deh, bahasannya di sini!

Dilansir dari Fundbox.com, berikut beberapa tren bisnis kecil di tahun 2021 yang bisa mendukung bisnis kecilmu:

1. WFH Jadi New Normal

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih diwarnai adaptasi, tahun ini banyak orang akan mantap bekerja dari rumah. Bukan hanya pekerja kantor aja yang akan bakal WFH, pelaku bisnis kecil juga akan banyak memasarkan produknya dari rumah tanpa harus buka toko. Tren ini akan membuat transaksi antara penjual dan pembeli banyak terjadi secara digital. Hal ini harus dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk membuat toko online yang mudah diakses dari mana aja.

Tren WFH ini juga akan mempermudah pelaku bisnis pemula untuk mulai berjualan, soalnya mereka jadi gak perlu sewa tempat usaha untuk memasarkan produknya. Kalau kamu termasuk pelaku bisnis yang udah mengalokasikan dana untuk menyewa tempat usaha, kamu bisa mengalihkan dananya untuk membangun online presence dengan cara mengupload produkmu di platform ecommerce dan medsos. Jika ditambah dengan TokoTalk, dua channel penjualan ini bisa diintegrasikan dalam satu landing page yang mudah diakses oleh calon pelangganmu yang juga sedang WFH.  

2. Semua Akan Go Digital

Selain kebijakan WFH yang banyak diterapkan oleh perusahaan, berbagai aspek kehidupan lain juga akan go digital. Berbagai layanan digital seperti pengantaran makanan, belanja kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain akan semakin diminati tahun ini. Era digital juga akan membuat persaingan antar brand jadi makin ketat. Gak ada lagi ceritanya brand kecil kalah bersaing dengan brand besar. Sebuah survei dari lembaga riset pasar Salesforce menemukan kalau 86 persen responden menyatakan kalau kemampuan go digital akan jadi faktor yang menentukan seberapa besar tingkat kepercayaan mereka pada suatu brand. Temuan ini juga makin membuktikan kalau konsumen, terutama Milenial dan Gen Z, lebih mengutamakan kenyamanan daripada sekedar nama besar brand dalam berbelanja.

Nah, biar brand-mu bisa mendapatkan tempat spesial di hati konsumen, coba deh ikuti beberapa tips ini:

  • Sediakan layanan order online dan pengiriman barang tanpa kontak
  • Sediakan layanan penjemputan barang
  • Pasang fitur live-chat di halaman websitemu
  • Bangun platform ecommerce untuk memasarkan produkmu
  • Sediakan pilihan pembayaran yang beragam
  • Buat halaman website yang nyaman dibuka dari ponsel
  • Jadikan bisnis onlinemu aplikasi di Playstore atau Appstore
  • Sediakan layanan mandiri yang serba otomatis
  • Beri layanan customer care yang lebih dari sekedar ‘hubungi nomor ini’

Semua tips tadi bisa kamu jalankan dengan mudah kalau kamu punya toko online yang dibuat dengan TokoTalk. Mau pasang live-chat, menyediakan pilihan pembayaran atau pengiriman barang, dan lain-lain bisa kamu atur dengan mudah dari halaman admin. Bahkan kamu juga bisa membuat tokomu jadi aplikasi untuk diunduh di Playstore atau Appstore dengan cara upgrade layanan TokoTalk-mu. Canggih banget, kan!


Baca Juga: 9 Tren Digital Marketing Terbaik Buat Tahun 2021


3. Empati Jadi Standar Utama

Bahkan sebelum pandemi, brand yang sukses menunjukkan rasa empati akan lebih dipercayai oleh konsumen. Tahun 2021 ini pun, konsumen akan makin mengharapkan brand-mu untuk menunjukkan rasa empati ini. Sebuah survei dari Zenogroup menemukan kalau brand yang salah satu nilai-nilai utamanya adalah dukungan terhadap isu sosial akan empat kali lipat cenderung lebih dipilih oleh konsumen.  

Hal ini wajar karena salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan konsumen adalah dengan memahami apa yang ada di pikiran dan hati mereka. Inilah kenapa empati harus jadi standar utama saat menjalankan bisnismu. Sediakan pilihan produk yang cocok untuk berbagai jenis konsumen, evaluasi layanan pelanggan yang kamu jalankan, dan gunakan tone yang friendly saat menjalankan strategi marketingmu. 

4. Pergeseran Fokus dari Growth ke Profit

Banyaknya pendapatan yang hilang di tahun 2020 dan pemotongan budget yang terjadi mengakibatkan pelaku bisnis cenderung memilih pendekatan yang lebih konservatif,  yaitu dengan fokus mencari profit atau keuntungan. Jadi kalau bisnismu juga fokus buat cari untung di tahun ini, kamu gak salah. Apalagi daya beli konsumen juga akan mulai pulih di tahun ini. Kurangi pengeluaran untuk hal-hal yang gak mendatangkan keuntungan secara langsung dan fokuslah untuk memasarkan produkmu ke berbagai platform.

5. Bisnis Kecil Lebih Diminati Konsumen 

Selain membuat kesenjangan antar brand jadi makin sempit, pandemi juga membuat konsumen makin mendukung bisnis kecil. Sebesar 59 persen atau mayoritas konsumen yang disurvei oleh Salesforce lebih memilih untuk membeli dari bisnis kecil daripada brand besar. Ini jadi bukti kalau konsumen makin sadar kalau kebiasaan membeli dari bisnis kecil bisa memberikan dampak besar terhadap perekonomian nasional. 

Dengan platform ecommerce yang tepat, bisnismu pasti akan dilihat dan di-support oleh konsumen. Berbagai pilihan seperti marketplace dan medsos memang udah banyak dimanfaatkan pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka. Nah, biar chanel penjualanmu jadi makin luas, buat juga toko onlinemu dengan TokoTalk. Soalnya selain dilengkapi berbagai fitur layaknya marketplace, toko online yang dibuat dengan TokoTalk akan membuat brand-mu jadi makin menonjol di mata konsumen. Mereka pun akan makin yakin untuk berbelanja di tokomu karena menganggap tokomu merupakan bisnis kecil tapi dengan profesionalisme layaknya brand-brand besar.

Gimana nih, Tokofriends? Banyak banget kan, peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan dari tren-tren tahun 2021 ini? Kalau kamu berniat untuk memanfaatkan semua peluang yang muncul di tahun ini, tenang aja! Soalnya fitur-fitur yang disediakan TokoTalk bisa mendukung apapun kebutuhan bisnismu. Buat toko onlinemu di TokoTalk sekarang dan datangkan lebih banyak cuan sepanjang tahun.

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *