Apapun Bisnismu, 6 Resolusi Tahun Baru Ini Bisa Kamu Contek

Resolusi tahun baru jadi sesuatu yang biasa dibuat orang-orang sebelum malam pergantian tahun. Selain resolusi untuk diri sendiri, ada baiknya kamu juga buat resolusi untuk bisnismu. Kalau kamu masih bingung resolusi apa yang mau kamu buat, semoga enam resolusi ini bisa menginspirasimu ya, TokoFriends!

1. Punya Website Sendiri

Kita semua udah tahu betapa pentingnya bagi bisnis untuk go online. Selain lebih murah karena gak perlu sewa ruko, go online juga bisa membuat bisnismu lebih mudah ditemukan konsumen. Meski begitu, memasarkan produk di website ecommerce dan medsos aja ternyata gak cukup, kamu juga harus punya website jualan sendiri agar channel penjualanmu makin banyak dan brand yang kamu bangun jadi makin kuat.

Website jualan yang kamu buat dengan TokoTalk punya berbagai keuntungan. Selain bisa menambah channel penjualan, TokoTalk juga bisa membuat landing page untuk menaruh semua channel penjualan yang kamu miliki. Cara pakainya pun sangat mudah, cukup buat akun baru di TokoTalk.com dan website jualanmu akan langsung jadi. Gratis! 

2. Bersosialisasi dengan Pelanggan

Kalau kamu punya resolusi untuk menambah teman, bisnismu juga harus melakukan hal yang sama. Jangan hanya memasarkan produk aja, tapi cobalah untuk bersosialisasi dengan pelanggan. Manfaatkan akun medsos toko onlinemu untuk memancing engagement dari followermu. Buat polling, kuis, dan survei untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan dan terus update konten medsosmu secara berkala. Dengan begitu, brand yang kamu bangun akan semakin kuat dan pelangganmu akan merasa lebih diperhatikan sehingga mereka akan semakin yakin untuk berbelanja di toko onlinemu. 

3. Punya Halaman Blog

Walau banyak yang menganggap kalau blog itu udah ketinggalan zaman, tapi sebenarnya blog masih memegang peran krusial buat pemasaran bisnismu. Blog bisa jadi sumber informasi bagi pelanggan yang ingin mencari tahu lebih banyak soal produk yang kamu jual. Selain menulis tentang produkmu, kamu juga bisa menulis tentang berbagai hal yang bisa jadi konten untuk postingan medsos toko onlinemu.  

Kalau kamu merasa membuat blog itu ribet karena harus daftar WordPress atau platform lain, TokoTalk bisa jadi solusi yang lebih mudah. Toko online yang kamu buat dengan TokoTalk udah dilengkapi dengan fitur blog yang berada di satu halaman yang sama dengan website toko onlinemu, jadi gak perlu buat halaman blog terpisah. Kamu juga bisa dengan mudah nge-share tulisan di blog ini ke medsos untuk mendapatkan lebih banyak views di toko onlinemu.

4. Meningkatkan Peringkat SEO

Mungkin banyak dari kamu udah tahu kalau SEO adalah faktor terpenting untuk membuat toko onlinemu berada di peringkat teratas pencarian Google. Cara terbaik untuk meningkatkan peringkat SEO ini adalah dengan memasang empat hal ini di websitemu:

  • Favicon

Kependekan dari favorite icon, adalah gambar ikon yang berfungsi sebagai identitas visual sebuah tokomu. Favicon biasanya muncul di tab dan bookmark browser.  

  • Judul website

Baris teks yang biasanya ditampilkan di bagian title bar jendela browser dan juga sebagai judul utama saat tokomu muncul di mesin pencarian.

  • Deskripsi meta

Paragraf pendek teks yang ditempatkan di bawah judul website tokomu yang berfungsi untuk memberikan deskripsi mengenai tokomu.

  • Keyword

Susunan kata yang sering diketikkan pengguna saat melakukan pencarian data atau informasi yang mereka butuhkan di internet  

Kalau kamu punya toko online yang dibuat dengan TokoTalk, mungkin kamu udah tahu kalau empat hal tadi bisa dengan mudah kamu tambahkan ke tokomu lewat halaman admin. Selain itu, kamu juga bisa meyambungkan toko onlinemu ke Google Analytics untuk mendapatkan statistik pengunjung tokomu. Simpel banget, ya! 

5. Menemukan Target Pasar

Banyak pelaku bisnis belum menentukan siapa aja yang jadi target pasar mereka, padahal mengetahui target pasar bisa membuatmu lebih fokus dalam memasarkan produkmu. Kalau kamu juga belum menemukan siapa target pasarmu, ini bisa jadi resolusi tahun baru yang tepat buat bisnismu. Sempatkan dirimu untuk melakukan riset pasar di tahun depan.

Melakukan riset pasar sebenarnya gak terlalu sulit. Selain menggunakan Google Analytics, kamu juga bisa mendapatkan data pelangganmu dengan cara mengajak mereka untuk mengisi data diri mereka saat berbelanja di toko onlinemu. Info-info seperti tanggal lahir dan gender pelangganmu ini bisa kamu jadikan acuan untuk membuat berbagai keputusan terkait bisnismu. Cara terakhir ini bisa kamu lakukan dengan mudah kalau toko onlinemu dibuat dengan TokoTalk, soalnya bisa kamu atur cukup dari halaman admin. Begitu kamu tahu siapa target pasarmu, kamu bisa lebih mudah menentukan strategi pemasaran apa yang mau kamu jalankan biar bisnismu jadi makin terfokus.

6. Memahami Tren

Selain memahami target pasar, kamu juga harus paham apa aja yang lagi jadi tren, entah itu tren dalam hal konten, marketing, dan tren-tren lain yang bisa mempengaruhi bisnismu. Siapkan bisnismu untuk beradaptasi dengan berbagai tren yang akan bermunculan sepanjang tahun depan dan jangan takut untuk melakukan berbagai perubahan jika kamu rasa perlu. Tahun 2020 memang bukan tahun yang baik bagi banyak bisnis, tapi dari tahun ini kita jadi belajar betapa pentingnya kemampuan adaptasi ini bagi keberlangsungan suatu bisnis.

Nah, itu tadi enam contoh resolusi tahun baru yang bisa kamu contek buat bisnismu. Selain enam resolusi ini, berbagai resolusi lain yang kamu buat pasti akan mudah dijalankan kalau kamu punya toko online yang dibuat dengan TokoTalk. Berbagai fitur yang disediakan TokoTalk bisa membantumu untuk meningkatkan peringkat SEO, membuat blog, dan masih banyak lagi. Apapun resolusi tahun baru bisnismu, TokoTalk jawabannya!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *