Pemerintah Perpanjang Pendaftaran BLT 2,4 Juta Buat UMKM, Cek Syarat dan Cara Daftarnya Di Sini!

Kabar gembira nih, buat TokoFriends yang masih rajin jualan di tengah pandemi ini. Pendaftaran buat UMKM yang berhak menerima BLT (Bantuan Langsung Tunai) senilai 2,4 juta rupiah diperpanjang hingga 31 Desember 2020. Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UMKM sejak akhir Agustus 2020 lalu memang telah menyalurkan banpres (bantuan presiden) untuk para pelaku usaha mikro. Bantuan yang secara resmi disebut BPUM (Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro) ini akan disalurkan langsung ke rekening pelaku usaha yang berhak mendapatkannya. Tujuannya tentu agar sektor industri terutama UMKM dapat kembali bangkit usai sebelumnya terpuruk karena terkena dampak pandemi Covid-19 yang telah menyerang Indonesia sejak Maret 2020 lalu. Pemerintah sendiri menargetkan akan ada 12 juta UMKM yang akan menerima dana bantuan ini. Wah, kira-kira usahamu termasuk yang boleh dapat dana bantuan ini gak, ya? Yuk cek langsung syarat-syarat dan cara daftarnya!

Syarat Pendaftaran

Syarat penerima BLT 2,4 juta ini tertuang dalam Peraturan Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Republik Indonesia nomor 6 tahun 2020 tentang Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemerintah bagi Pelaku Usaha Mikro untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional serta Penyelamatan Ekonomi Nasional pada Masa Pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Syarat tersebut antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia;
  • Memiliki nomor induk kependudukan (NIK);
  • Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki alamat KTP dan domisili usaha yang berbeda, bisa melampirkan surat keterangan usaha (SKU);
  • Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan atau kredit usaha rakyat (KUR);
  • Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan (surat usulan ini akan kamu dapatkan usai mendaftar di Kadiskop UMKM di wilayah domisilimu) ; 
  • Bukan aparatur sipil negara, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, pegawai BUMN, atau pegawai BUMD.

Nah, kalau syarat-syarat tadi sudah kamu penuhi, kamu bisa mendaftarkan usahamu secara online atau datang langsung ke Kadiskop UMKM yang ada di kota kamu masing-masing. 

Cara Mendaftar BLT UMKM

Nah, sebelum mendaftar, ada baiknya kamu siapin dulu semua berkas-berkas yang diminta. Soalnya kamu akan diminta mengisi data-data sebagai berikut:

  • NIK (Nomor Induk KTP)
  • Nama lengkap
  • KTP
  • Alamat tempat tinggal
  • Bidang usaha
  • Nomor telepon

Selanjutnya, kamu tinggal menunggu SMS masuk dari bank penyalur BLT yang menyatakan berhak tidaknya kamu untuk mendapatkan BLT 2,4 juta ini. Kamu juga bisa mengecek status penerima bantuan ini secara online di situs resmi yang akan dijabarkan lebih lanjut di bawah. 


Baca Juga: Dapat BLT 2,4 Juta Rupiah, Enaknya Buat Apa, Ya?


Cara Cek Status Penerima BLT UMKM

Untuk mengetahui apakah usahamu berhak mendapatkan BLT UMKM, kamu bisa cek di situs https://eform.bri.co.id/bpum. Pengecekan ini bisa kamu lakukan dengan 5 langkah mudah: 

  1. Buka situs https://eform.bri.co.id/bpum
  2. Isi nomor KTP
  3. Isi kode verifikasi (captcha)
  4. Klik tombol ‘Proses Inquiry’
  5. Akan terbuka halaman baru berisi status penerima bantuan

Kalau usahamu berhak mendapat BLT, selamat! Selanjutnya kamu hanya tinggal mengklaim BLT 2,4 juta ini di bank yang telah ditunjuk pemerintah sebagai penyalur bantuan.

Cara Klaim BLT UMKM

Untuk mencairkan dana BLT, kamu harus datang langsung ke bank yang merupakan bank resmi penyalur BLT yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Saat ini, ada 3 bank yang telah ditetapkan antara lain bank BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri. Jangan lupa juga untuk membawa berkas-berkas yang diperlukan, antara lain:

  • Buku tabungan dan kartu ATM (Khusus bagi mereka yang telah memiliki rekening bank penyalur, jika belum kamu akan dipandu untuk membuat rekening baru)
  • KTP
  • Bukti SMS yang menyatakan status penerima bantuan

Selanjutnya, kamu akan diminta mengisi Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang sudah disediakan oleh pihak bank. Jika semua proses pencairan ini telah kamu selesaikan, dana BLT akan langsung ditransfer ke rekeningmu. Oh iya, semua proses penyaluran BLT 2,4 juta ini gak dipungut biaya apapun, loh! 

FAQ Seputar BLT UMKM

Dilansir dari instagram resmi Kementerian Koperasi dan UMKM, berikut beberapa FAQ (pertanyaan yang sering diajukan) terkait penyaluran BLT UMKM beserta jawabannya:

Apakah ada biaya administrasi dan pengembalian terhadap BPUM yang telah diberikan?

BPUM merupakan dana hibah, bukan pinjaman atau kredit. Penerima BPUM tidak dipungut biaya apapun dalam penyaluran BPUM ini.

Apakah penerima harus memiliki rekening di bank penyalur untuk mendapatkan BPUM? 

Bagi yang belum memiliki rekening, bank penyalur akan membantu membuatkan rekening untuk menerima BPUM. 

Jika domisili usaha dan tempat tinggal pelaku usaha mikro berbeda, apakah pelaku usaha mikro masih berhak mendapatkan BPUM?

Pelaku usaha yang domisili usaha dan tempat tinggalnya berbeda berhak mendapatkan BPUM yang diusulkan oleh lembaga pengusul di domisili usahanya.

BPUM senilai 2,4 juta rupiah ini diberikan secara langsung atau bertahap?

BPUM akan diberikan langsung sebanyak satu kali  dengan nilai 2,4 juta rupiah.

Bagaimana cara mengetahui apakah usaha saya berhak mendapatkan BPUM atau tidak?

Penerima BPUM akan diinformasikan oleh bank penyalur jika mereka berhak mendapat BPUM. Begitu mendapat SMS notifikasi, penerima BPUM bisa langsung verifikasi ke bank penyalur untuk melakukan pencairan.

Gimana nih, TokoFriends? Udah pada daftar buat dapat BPUM belum? Kalau belum, daftarin pakai cara-cara di atas sebelum tanggal 31 Desember 2020, ya! Lumayan kan, bisa dapat tambahan dana buat berjualan di TokoTalk. Yuk, mulai jualan!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *