Dapat BLT UMKM 2,4 Juta Rupiah, Enaknya Buat Apa Ya?

Selamat ya, buat kamu yang sukses mencairkan dana BLT UMKM dari pemerintah! Buat kamu yang belum dapat, tenang aja, soalnya pendaftarannya masih dibuka sampai akhir Desember 2020 ini. Cek syarat dan cara pendaftarannya di sini, ya. Nah, buat kamu yang sudah memulai atau berencana untuk memulai bisnis, modal 2,4 juta rupiah ini bisa jadi momentum buat bikin bisnismu makin cuan. Apalagi jika kamu paham bagaimana cara memanfaatkan dana segar ini. Nah, buat kamu yang masih bingung, mungkin kamu bisa memanfaatkan uangnya buat hal-hal berikut ini:

1. Buat Go Digital

Udah bukan rahasia umum lagi kalau saat ini lapak jualan yang paling mendatangkan cuan adalah toko online. Berbeda dengan toko fisik, toko online bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan lebih diminati terutama di saat kondisi pandemi saat ini. Jadi kalau kamu belum pernah berjualan secara online karena keterbatasan akses internet atau gak ada perangkat yang memadai, gak ada salahnya kalau kamu memanfaatkan bantuan pemerintah ini buat menyulap tokomu jadi toko online. 

Untuk bisa menjalankan toko online, setidaknya ada 2 hal yang kamu butuhkan yaitu perangkat mobile/desktop serta jaringan internet yang mumpuni. Kalau selama ini kamu memang sudah biasa berjualan online tapi selalu KZL karena koneksi internet yang ngadat atau perangkat yang sudah lemot, gak ada salahnya kamu upgrade dengan cara membeli perangkat baru atau beli paket internet yang kuotanya lebih besar. Apalagi kini smartphone harga 2 jutaan pun sudah cukup canggih untuk menjalankan berbagai jenis aplikasi yang terhubung ke internet. Sementara sisa uangnya bisa kamu pakai buat beli paket internet dengan kuota yang lebih besar atau beralih ke internet rumahan yang lebih stabil.

Selanjutnya, kamu harus paham juga melalui platform mana kamu akan mulai berjualan. Saat ini, mayoritas seller memilih untuk berjualan di marketplace. Meski begitu, marketplace memiliki satu kelemahan karena untuk setiap jenis barang, bisa jadi ada puluhan seller yang menjual barang serupa. Alhasil, toko onlinemu harus bersaing dengan mereka untuk menarik pelanggan. Alternatif lain adalah berjualan melalui sosial media. Sayangnya, fitur-fitur seperti metode pembayaran atau pengiriman barang yang ada di marketplace tidak tersedia di sosial media. Makanya, pilihan terbaik adalah dengan berjualan melalui toko online sendiri. Apalagi saat ini sudah ada TokoTalk, website ecommerce builder yang praktis untuk digunakan dan gratis. Buat bisnismu go digital sekarang juga dengan TokoTalk!

2. Buat Bikin Promo/Diskonan di Toko Onlinemu

Nah, buat kamu yang emang udah jualan secara online, gak ada salahnya kamu memanfaatkan dana yang kamu dapatkan untuk membuat promo/diskonan di toko onlinemu. Apalagi menjelang akhir tahun, minat belanja masyarakat Indonesia bakal makin menguat. Dengan dana yang kamu dapatkan, kamu bisa memasang berbagai promo/diskon tanpa harus khawatir mengalami kerugian.

. Memasang promo/diskon juga simpel banget dari kalau semuanya bisa dilakukan dari satu tempat. Apalagi udah ada TokoTalk, website ecommerce builder yang dilengkapi berbagai fitur yang mempermudah kamu dalam membuat berbagai promo/diskon apapun yang kamu mau. Mau diskon persenan, potongan harga, ongkir, sampai kode voucher, semuanya bisa dilakukan secara otomatis. Promo yang bisa kamu buat juga beragam, mulai dari beli 2 gratis 1 (bisa di-custom sesukamu) hingga promo bundle. Dengan TokoTalk, bikin promo dan diskonan jadi lebih mudah dan praktis!


Baca Juga: Pemerintah Perpanjang Pendaftaran BLT 2,4 Juta Buat UMKM, Cek Syarat dan Cara Daftarnya Di Sini!


3. Buat Pasang Iklan

Kamu juga bisa memakai dana tambahan yang kamu dapat untuk memasang iklan yang bisa semakin membuat tokomu semakin visible di mata calon pelanggan. Udah gak zaman lagi kalau cuma brand besar yang mampu memasang iklan. Kini semua orang bisa memasang iklan di sosial media yang bisa dilihat jutaan pengguna.

Melalui iklan yang kamu pasang di sosial media, kamu bisa langsung mengarahkan calon pelangganmu ke toko online yang kamu buat dengan TokoTalk. Apalagi tampilan toko online yang kamu buat dengan TokoTalk bisa kamu custom agar makin menguatkan brand yang kamu bangun. Dengan begitu, iklan yang kamu buat akan langsung diarahkan ke tempat yang tepat dan calon pelangganmu bisa langsung melakukan pembelian di tokomu.

4. Buat Tambah Stok Dagangan

Semakin banyak stok yang kamu miliki, semakin banyak juga cuan yang akan kamu datangkan kalau banyak yang terjual. Kalau barang yang kamu jual merupakan hasil produksi rumahan, kamu juga bisa membeli lebih banyak bahan pokok yang nantinya bisa kamu olah untuk jadi barang ready stock. Eh, tapi emang gak pusing kalau barang dagangannya banyak? Nanti atur inventarisnya gimana?

Tenang, dengan Tokotalk, pengaturan inventaris bisa dengan mudah kamu lakukan. Bahkan kamu bisa atur inventaris dari berbagai lokasi gudang penyimpanan yang kamu punya. Semuanya akan otomatis tercatat dan akan berkurang sesuai dengan jumlah yang terjual, jadi kamu gak perlu ragu lagi kalau mau punya banyak stok. Investaris aman, cuan terus datang!

5. Buat Upgrade Akun TokoTalk

Terakhir, kamu bisa juga loh memakai suntikan dana yang kamu peroleh untuk upgrade akun TokoTalk kamu ke Premium atau Pro. Memang sih, versi Basic yang gratis sudah mendukung banget buat kamu berjualan online. Tapi gak ada salahnya juga kalau mau menikmati berbagai kemudahan lain yang cuma bisa kamu dapatkan kalau kamu upgrade ke Premium atau Pro. Sebut aja kebebasan untuk menentukan domain toko online yang bisa kamu dapat saat upgrade ke Premium atau fitur reseller yang bisa kamu dapat saat upgrade ke TokoTalk Pro. Selain itu, masih banyak pula berbagai keuntungan yang cuma bisa kamu dapat saat upgrade ke TokoTalk Premium atau Pro.

Jadi gimana nih, TokoFriends? Udah kepikiran mau ngapain dengan modal 2,4 juta rupiah? Kalau belum, coba-coba bikin akun TokoTalk aja dulu. Begitu mulai dapat orderan, pasti kamu akan paham sama apa yang kamu butuhkan buat bikin bisnismu makin cuan.

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *