5 Alasan Kenapa Tokomu Harus Punya Akun Medsos

Udah bukan rahasia umum lagi kalau salah satu jenis marketing yang wajib dilakukan saat ini adalah social media marketing. Mau brand besar atau kecil, hampir semuanya memiliki akun Facebook, Instagram, atau Twitter. Akun medsos yang kamu miliki bisa membuatmu selalu terhubung dengan pelangganmu, membangun brand awareness, serta meningkatkan penjualan. Kalau semua alasan tadi masih bikin kamu ragu buat bikin akun medsos buat toko onlinemu, mungkin kamu harus menyimak 5 alasan yang dilansir dari marketinginsidergroup.com ini:

1. Menarik Perhatian dan Membangun Brand Awareness

Karena hampir setiap orang memiliki akun medsos, konten medsos yang kamu posting bisa jadi sarana untuk menarik perhatian mereka. Semakin unik konten yang kamu posting, semakin banyak pula orang yang akan meng-klik atau bahkan men-share postinganmu ke teman-teman mereka. Apalagi kalau kontenmu bisa engaging dan memancing orang buat ngelike dan komen. 

Buat kamu yang penasaran konten seperti apa yang bisa bikin orang engage, ada bocoran nih. Menurut survei di sosial media yang dilakukan oleh firma rating Clutch di tahun 2017, berikut jenis konten yang paling engaging di media sosial: 

  • Artikel (27%)
  • Video (26%)
  • Gambar (24%)
  • Promo (10%)
  • Infografik (7%)
  • Kuis/Poll (3%)
  • Webinar (2%)

Dari hasil survei tersebut, bisa dilihat kalau artikel, video, dan gambar merupakan jenis konten yang paling bisa memancing engagement. Kalau 3 jenis konten ini sukses jadi pusat perhatian, bisa dipastikan toko onlinemu jadi bahan perbincangan di medsos dan akhirnya jadi banyak yang order di toko onlinemu.

2. Jadi Sarana Komunikasi dengan Customer

Namanya pelanggan, sebelum melakukan pembelian mereka akan mencari tahu lebih lanjut dulu soal produk yang mau mereka beli dan mengecek website resmi atau dari akun medsosnya. Anggap saja toko onlinemu itu fisik, pasti pelanggan ingin berkomunikasi baik lewat komen atau DM. Kalau bisnismu punya akun medsos official, kamu jadi memiliki media untuk memberikan berbagai informasi penting yang bisa meyakinkan calon pelanggan untuk berbelanja di toko onlinemu.

Kamu juga bisa menunjukkan kelebihan brand yang kamu bangun lewat postingan medsosmu. Review, testimoni, atau demonstrasi langsung yang kamu posting dalam bentuk konten video, artikel, atau gambar akan bisa langsung dilihat oleh konsumen. Lebih bagus lagi kalau kamu selalu standby untuk menjawab semua pertanyaan mereka di kolom komen.

3. Buat Menunjukkan Betapa Otentik Brand Kamu

Bisnis yang terlalu formal dan hardsell dalam memasarkan produknya biasanya malah bikin pelanggan jadi gak tertarik. Inilah pentingnya bagi sebuah brand untuk jadi otentik dan punya brand voice yang jelas. Pastikan kamu menentukan tone yang tepat untuk brand yang kamu bangun. Siapa yang mau kamu representasikan dari produk yang kamu jual. Apakah kamu ingin dianggap dekat dengan anak muda atau orang tua? Formal atau casual? Setelah kamu menentukan brand voice ini, pastikan kamu konsisten untuk menunjukkannya di setiap postingan medsos.

Menentukan brand voice ini sebenarnya gampang-gampang susah. Tapi tenang aja, pelan-pelan brand voice ini pasti akan terbangun. Tunjukkan juga kalau kamu paham sama apa yang dirasakan calon pelangganmu biar kamu bisa mendapatkan kepercayaan mereka.

4. Memancing Engagement

Kalau tadi kita sudah dapat info tentang jenis konten apa yang paling bisa memancing engagement, sekarang saatnya kita memikirkan strategi untuk memancing engagement ini. Pancing mereka untuk menceritakan pengalaman mereka di kolom komen. Minta mereka untuk memberi masukan terkait produk yang kamu jual atau pelayanan yang kamu berikan, dan masih banyak lagi. 

Langkah termudah untuk memancing engagement adalah dengan memanfaatkan fitur live. Dengan begitu video konten yang kamu tayangkan bisa langsung dikomentari oleh followermu. Kamu juga bisa memasang poll atau kuis agar bisa mendapat insight tentang apa yang mereka butuhkan. Selanjutnya kamu tinggal menyesuaikan aja antara kebutuhan mereka dengan promosi yang mau kamu buat di toko onlinemu.

5. Jadi Layanan Customer Support

Kalau kamu perhatikan, banyak layanan customer service dari brand ternama adalah melalui medsos. Wajar sih, soalnya platform medsos itu sukses mendobrak batasan antara brand dengan pelanggannya. Udah gak zaman pelanggan mesti telepon ke nomor customer service untuk mendapatkan bantuan. Kini keluhan atau pertanyaan yang diajukan pelanggan justru banyak yang berasal dari DM Facebook atau Twitter.

Berikut beberapa tips untuk membangun customer service di medsos:

  • Buat sistem untuk men-track setiap pertanyaan yang diajukan pelanggan hingga semuanya selesai ditangani
  • Balas DM yang masuk secepat mungkin agar pelanggan tidak menunggu lama
  • Selalu sambut pelanggan dengan tone yang positif dan ramah
  • Beri balasan untuk tiap kritik dan saran agar pelanggan merasa didengar
  • Pastikan setiap komplain yang bersifat pribadi ditangani melalui DM dan tidak dibuka pada publik

Nah, itu tadi 5 alasan kenapa kamu harus mulai jualan lewat medsos. Perlu diingat juga nih TokoFriends, marketing lewat medsos itu bukanlah ilmu sains pasti. Apa yang hari ini trending dibicarakan orang belum tentu bisa bertahan hingga akhir minggu. Begitu pula sesuatu yang saat ini dianggap kurang menarik, bisa jadi seminggu kemudian jadi populer. Intinya sih, kunci sukses berjualan lewat medsos itu tergantung kemampuanmu untuk menyulap medsos jadi ecommerce.

Nah, buat kamu yang ingin belajar lebih banyak soal cara menyulap medsos jadi ecommerce, kamu bisa ikutan Webinar TokoClass berjudul Instagram Shopping: Menyulap Media Sosial Jadi Ecommerce, live di instagram official TokoTalk hari Selasa, 22 Desember 2020. Jangan sampai ketinggalan ya, TokoFriends! Buruan beli tiketnya di sini!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *