website e-commerce

Kembangkan Bisnis dengan Website E-commerce

Memiliki website e-commerce adalah salah satu aspek yang layak dipertimbangkan oleh para pelaku bisnis. Di era serba digital seperti ini, di mana orang-orang mudah sekali mengakses internet, hanya memasarkan produk lewat media sosial tidaklah cukup. Harus ada usaha lebih dengan menciptakan website toko online resmi yang akan menunjang penjualan produk kita. 

Lalu, bagaimana caranya membuat website e-commerce untuk bisnis kita?

Pertama-tama, kita perlu meriset tentang penyedia layanan website builder di internet. Selanjutnya, kumpulkan dan pelajari informasi sebanyak-banyaknya. Jangan sampai kita memilih jalur yang instan sehingga berakibat buruk pada perjalanan bisnis kita. Jangan tergiur juga dengan harga yang murah tapi ternyata tidak profesional. Hanya karena ketidaktahuan kita, imbasnya akan besar pada kredibilitas usaha yang sudah susah payah kita bangun.

Salah satu penyedia layanan e-commerce website builder yang tepercaya adalah TokoTalk. Lewat TokoTalk, kita akan mendapatkan bantuan profesional dalam membuat website untuk bisnis yang sedang dikelola. Ada tiga jenis paket yang bisa kita pilih di sini. Mulai dari Basic, Premium, hingga Pro.

Ketiganya menawarkan fasilitas yang berbeda-beda. Mulai dari Basic misalnya, paket ini gratis seumur hidup. Sangat direkomendasikan untuk bisnis yang baru saja merintis dan sedang menguji pasar digitalnya. Fiturnya cantik dan menarik untuk mempresentasikan produk bisnis kita. Yang diperlukan adalah mendaftar, memiliki akun TokoTalk dan mengisi data yang dibutuhkan. 

Sementara Premium dan Pro adalah jenis paket berbayar dengan fasilitas yang lebih canggih dan lengkap. Paket-paket ini membantu dalam menunjang penjualan kita daripada paket Basic. 

Untuk mengetahui perbedaan ketiga jenis paket tersebut secara lebih detil, bisa disimak lewat tautan www.tokotalk.com/pricing.

Dengan mempercayakan website e-commerce untuk bisnis kita pada TokoTalk, kita tidak perlu khawatir lagi soal belajar coding atau desain website. TokoTalk memfasilitasi itu semua. Kita juga bisa berkonsultasi langsung pada Account Manager dari TokoTalk untuk menentukan paket apa yang sebaiknya diambil dan sesuai dengan skala bisnis kita.

Apabila kita sudah menentukan paket yang akan diambil, dan tertarik dengan paket TokoTalk Pro misalnya, maka kita akan mendapat banyak benefit yang akan berpengaruh pada bisnis kita. Dengan modal tiga juta per bulan, harga yang affordable ini membantu kita untuk bisa membuka lebih dari satu toko—bahkan hingga jumlah yang tidak terbatas. Kita juga bisa mengatur cabang toko apabila kita memilikinya di tempat yang berbeda. Cloud hosting dan server-nya memiliki kapasitas yang besar, sehingga akan berpengaruh pada traffic pengunjung website. Benefit selengkapnya bisa dibaca di sini untuk melengkapi informasi kita tentang TokoTalk Pro.

Seberapa penting sih memiliki website e-commerce bagi sebuah bisnis?

Tentu penting! Ini jawaban paling sederhananya. Adanya website e-commerce membantu para pedagang untuk menjangkau lebih luas skala pasar. Kenapa bisa begitu?

Website sebagai media informasi

Sering kali kita menemukan halaman khusus yang menyediakan informasi tentang penjual dalam website bisnis, kan? Jika kita hanya bisa menampangkan sedikit informasi di bio Instagram, di website e-commerce ini kita bisa menyertakan alamat dan peta lokasi toko yang kita dirikan. Jika toko kita memiliki cabang, kita juga bisa menyertakannya di sana. Ini jelas akan mempermudah para pelanggan untuk menjangkau toko kita.

Website sebagai sarana pemasaran

Jika di zaman dulu kita sering melihat para salesman melakukan door-to-door untuk menjual produk, kini cara yang paling efektif untuk berjualan adalah dengan memasarkan di internet. Yang kita perlukan adalah mempelajari cara beriklan dan mempromosikan produk. Sebagai pelaku bisnis, kita perlu mengikuti kelas-kelas Digital Marketing untuk memperbaharui pengetahuan kita dalam berdagang.

Ada banyak cara untuk beriklan di internet. Salah satu caranya adalah dengan membuat iklan dan menggunakan website kita sebagai landing page. Sehingga begitu calon customer kita klik iklan tersebut, akan langsung diarahkan ke website e-commerce kita.

Dapat berkomunikasi dengan pelanggan

Feedback dari pelanggan tentu amat diharapkan oleh setiap pelaku bisnis sebagai bahan evaluasi ke depannya. Baik dari produk, pengiriman, atau pelayanan. Memiiki website e-commerce yang menampilkan fitur chat langsung antara penjual dan pembeli akan mempermudah kedua belah pihak untuk berkomunikasi dan bertukar informasi.

Menekan anggaran operasional

Dengan memiliki website e-commerce yang profesional, sebuah bisnis dapat menekan anggaran operasional yang biasa dikeluarkan ketika berdagang secara offline. Dalam beriklan contohnya, biaya yang dikeluarkan untuk mempromosikan produk lewat online lebih murah dibanding memasang billboard di jalan atau menyebarkan katalog dari rumah ke rumah. Keefektifan ini sangat bermanfaat secara waktu dan tenaga. Dengan anggaran yang lebih kecil, keuntungan yang akan didapat cenderung lebih besar.

Dapat bersaing dengan kompetitor

Dengan membuat website e-commerce sebagai sarana berjualan, otomatis kita selangkah lebih maju daripada kompetitor kita yang hanya menggunakan media sosial. Kehadiran website e-commerce dapat membuat para calon pelanggan percaya pada bisnis kita. 

Menunjukkan kredibilitas bisnis

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, adanya website e-commerce akan menambah poin plus bisnis kita di mata para calon pelanggan. Banyak di antara mereka yang melakukan riset kecil-kecilan dari satu toko ke toko lain tentang produk yang sama dengan yang kita jual. Tentunya, mereka akan mencari toko yang kredibilitasnya sudah teruji, bukan? Maka, kehadiran website e-commerce akan menjamin penilaian mereka terhadap bisnis kita.

Membangun karakter dan brand bisnis

Website sering kali menjadi momok penilaian tentang bisnis yang kita presentasikan. Lewat desain dan penataannya, kita bisa merepresentasikan karakter bisnis yang sedang dikelola. Desain website sendiri berpengaruh pada jumlah traffic para pengunjung, yang akan berpengaruh pula pada penjualan kita. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis, kita juga jangan lupa selalu memperbaharui informasi produk kita di website, ya!

Jangan lupa daftar di TokoTalk untuk mendapatkan website e-commerce untuk bisnismu. Selamat berjualan!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *