mengembangkan bisnis

Tips Jitu Mengembangkan Bisnis Online yang Harus Kamu Ketahui

Going online adalah cara yang paling tepat untuk mengembangkan bisnis kita agar semakin mudah dijangkau masyarakat luas. Dengan modal usaha yang lebih sedikit daripada bisnis offline, yang kita perlukan adalah update pengetahuan dan seluk-beluk kuncinya agar mampu bersaing di pasaran. 

Banyak perintis usaha yang merasa kesulitan menjalani bisnis ini, merasa bisnis mereka tidak berkembang, dan mengalami banyak masalah sebab mereka langsung terjun mengelola bisnisnya tanpa mempelajari teknik berbisnis online yang diperlukan.

Berikut cara-cara mengembangkan bisnis online kamu agar tumbuh dengan baik:

Manfaatkan media sosial

Menurut hasil riset dari Wearesocial, lebih dari lima puluh persen populasi Indonesia menggunakan media sosial. Baik untuk kepentingan pribadi, lembaga, ataupun bisnis. Peluang ini dapat kita manfaatkan untuk mengelola media sosial sebagai lahan berwirausaha. Saat ini, media sosial yang paling banyak digunakan adalah Instagram dan Facebook. Kita bisa memanfaatkan fitur Instagram Shopping dan Facebook Shopping untuk berjualan dan mengembangkan bisnis online kita.

Membuat website

Selain media sosial, memiliki website khusus untuk jualan kita dapat memengaruhi pertumbuhan penjualan produk kita. Di sana kita bisa mencantumkan deskripsi setiap produk secara detail sehingga para pembeli dapat menemukan informasi dengan mudah. Baik secara ketersediaan produk, pilihan kurir, formulir untuk melengkapi data customer, dan fitur untuk dapat mengetahui barang yang dikirim sudah diterima customer atau belum.

Membuat website tidaklah sulit. Salah satu caranya adalah kita bisa mendaftar di TokoTalk untuk dapat memiliki website bisnis secara gratis sehingga kita tidak perlu ribet-ribet mendesain dan mengatur coding yang rumit. Atau, jika kita ingin mendapat fasilitas yang lebih lengkap, bisa juga menjadi pelanggan Premium di TokoTalk agar meraih hasil yang maksimal.

Membuat promosi dan iklan

Tidak hanya berjualan offline, berjualan online pun perlu membutuhkan promosi dan iklan agar produk yang kita jual diketahui banyak orang. Perlu diketahui, iklan di media sosial ada banyak jenisnya. Namun, kita bisa memulai dari promote post di Instagram. Pastikan tampilan di website kita sudah menarik dan efektif digunakan, ya! Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan Google Ads untuk memperluas pemasaran.

Membuat e-mail marketing

E-mail marketing yang dibuat khusus dalam berbisnis adalah langkah efisien untuk menarik calon customer untuk berkunjung pada situs dan membeli produk kita. Lewat e-mail marketing juga pebisnis bisa terhubung langsung dengan para pembeli. Baik untuk menawarkan produk atau berkomunikasi langsung dengan customer sebagai bahan evaluasi bisnis dalam jangka waktu yang panjang.

Ada banyak keuntungan menggunakan e-mail marketing ini. Di antaranya; informasi bisa terkirim lebih cepat, promosi dapat diukur lewat analisis respons dari customer terhadap e-mail yang sudah terkirim, sifatnya pribadi, membangun hubungan yang baik dengan para customer, juga tidak memakan biaya yang terlalu banyak. 

Menentukan target audience yang tepat

Agar produk dan usaha kita tepat sasaran, kita perlu membuat segmentasi customer yang sekiranya akan tertarik dengan produk kita. Misalnya, kita menjual make up. Maka yang diperlukan adalah mengatur segmentasinya di website kita terutama range usia dan jenis kelamin calon customer. Jangan lupa untuk mendesain situs dengan warna-warna yang menarik agar semakin meningkatkan citra produk.  Kesesuaian target pasar ini penting agar produk kita terjual dengan baik.

Mempelajari waktu untuk mengunggah produk

Timing, atau waktu yang tepat adalah salah satu kunci agar presentasi produk kita dapat dilihat oleh banyak orang. Kita tidak bisa sembarangan waktu mengunggah produk, sebab ada waktu-waktu tertentu yang perlu kita pahami kapan seseorang memegang ponsel dan mengecek online shop.

Jika kita sering membuka akun-akun toko online di Instagram, beberapa di antaranya sering kali meminta saran dari pengikut mereka untuk memilih kapan waktu yang tepat meluncurkan produk terbaru. Pilihan terbanyak biasanya akan dikabulkan oleh pemilik toko online tersebut. Bersamaan dengan itu, biasanya produk-produk mereka akan laris diserbu massa dalam beberapa jam. 

Nah, kegunaan timing sangatlah krusial dalam menjual dagangan kita. Seperti contoh kasus yang diceritakan di atas, sebuah bisnis online jika dipasarkan di waktu yang tepat maka akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Melayani customer dengan baik

Dalam lapisan komunikasi manapun, mengedepankan etika adalah kunci kesuksesan seseorang. Termasuk dalam mengembangkan bisnis. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pembeli adalah raja, maka kita pun perlu melayani customer dengan baik. Respon cepat amat dibutuhkan apabila customer ingin menanyakan sesuatu tentang produk kita. 

Selain itu, kita juga perlu besar hati terhadap masukan dan kritik yang masuk dari para customer. Baik terhadap produk kita, maupun pelayanannya. Masukan dan kritik yang masuk dapat kita saring untuk jadi bahan evaluasi kemajuan usaha kita. Dengan begitu, bisnis kita jadi berkembang dan tidak jalan di tempat.

Sama seperti bisnis offline, mengembangkan bisnis online juga perlu waktu dalam prosesnya. Tidak ada yang instan dan tiba-tiba. Untuk itu, kita perlu memaksimalkan usaha dan tidak berputus asa setiap menghadapi rintangan yang ada. 

Belum punya website untuk bisnis? Daftar sekarang di TokoTalk, gratis!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *