8 Strategi Berjualan di Instagram untuk Pemula

Platform media sosial Instagram saat ini selain digunakan sebagai sarana untuk berbagi konten, juga dimanfaatkan untuk berjualan, baik oleh seller pemula hingga brand raksasa internasional. Namun, pada kenyataanya agar dapat sukses berjualan dan berpromosi, terdapat strategi yang harus direncanakan dan dieksekusi dengan saksama. Yuk, simak poin-poin di bawah ini agar bisnismu semakin laris dan menarik lebih banyak customer!

1. Ubah akun Instagram menjadi akun Bisnis

Berawal dari media sosial yang menyediakan profil normal pada umumnya, Instagram kini telah mengembangkan fitur untuk mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis. Berbeda dengan akun pribadi, akun bisnis memiliki fitur-fitur yang diperlukan untuk mengoptimalkan keperluan bisnis dan marketing, di antaranya:

Mendapatkan insight seputar post


Kamu bisa mendapatkan informasi performa post dan story di akun Instagram kamu.

Mendapatkan insight seputar followers


Kamu bisa mendapatkan info demografi followers kamu, mulai dari lokasi, rentang usia, hingga waktu-waktu di mana mereka mengakses akunmu.

Mempromosikan atau mengiklankan post


Kamu bisa menjangkau lebih banyak orang dengan mempromosikan post kamu.

2. Maksimalkan profil Instagram Bisnis

Bagian-bagian yang harus dilengkapi di akun Bisnis.
  • Profil Foto
    Pilih foto yang mencerminkan brand dan membuat brand kamu gampang dikenali, misalnya menggunakan logo brand.
  • Kategori
    Pilih kategori sesuai produk jualanmu.
  • Bio
    Instagram bio sangat penting untuk dilengkapi. Bio harus menjelaskan apa bisnis kamu dan bisa juga kamu menampilkan promosi yang sedang berjalan di toko online kamu.
  • Situs Web
    Bagian URL pada bio adalah satu-satunya bagian yang dapat diklik pada profil Instagram kamu, jadi pastikan kamu menggunakannya dengan tepat. Ini adalah tempat yang paling bagus untuk mengarahkan traffic dari post dan story kamu. Kamu bisa menggunakan link toko online kamu di TokoTalk yang berisi https://shop.tokotalk.com/namatokokamu atau membeli domain pribadimu di TokoTalk.


    Kamu juga bisa menggunakan Halaman Pembuka Saluran Penjualan agar kamu bisa menampilkan beberapa saluran penjualanmu sekaligus di landing page tokomu.

3. Percantik feed Instagram

Profil bisnis Instagram ibaratnya merupakan etalase tokomu karena semakin banyak customer yang beralih ke Instagram untuk mencari produk atau brand. Kamu harus menyisihkan waktu untuk membuat feed Instagram kamu menjadi indah seperti halnya membuat situs web.

Berikut jenis-jenis konten yang bisa jadi acuan kamu:

  • Upload foto produk yang jelas
  • Selingi dengan tips dan trik penggunaan produk kamu
  • Isi dengan promosi produk
  • Selingi dengan video tutorial cara pemakaian produk kamu
  • Tambahkan foto-foto dari customer kamu (testimoni dan ulasan)
  • Jika kamu ada budget lebih, kamu bisa meng-endorse influencer atau menggunakan Instagram Ads

4. Perhatikan caption dan hashtag

Caption
Caption dapat membuat post kamu menjadi lebih baik atau malah menjadi tidak enak dilihat jika terlalu panjang. Oleh karena itu, ini adalah area yang mesti kamu perhatikan. Usahakan caption kamu menjelaskan foto yang kamu post dan tambahkan cara order jika diperlukan.

Hashtag
Buatlah hashtag (tagar) yang berkaitan dengan produk kamu. Tips untuk menemukan tagar yang bagus adalah dengan mengecek hashtag yang sedang digunakan oleh influencer. Jangan juga terlalu banyak menggunakan tagar karena akan terlihat seperti spam.

5. Optimalkan Instagram Story

Story adalah cara lain untuk membagikan foto dan video dengan konten ukuran vertikal. Kamu dapat melihat berapa orang yang telah melihat story kamu. Selain itu banyak juga konten- konten yang disediakan oleh instagram seperti polling (jajak pendapat), pertanyaan, kuis, dsb)

Story juga dapat dimanfaatkan untuk iklan. Kamu dapat menarget iklan dengan jangkauan tertentu, menayangkan video, mengatur lalu lintas konversi, dan juga brand awareness.

6. Buat promosi khusus untuk followers

Instagram adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan penjualan, peluncuran produk baru, atau membagikan kode diskon khusus untuk followers kamu.

Kamu dapat menambahkan informasi promo dalam caption di feed atau story, agar mendorong pengguna untuk mengklik tautan di bio kamu. Jangan lupa juga untuk gunakan tautan website TokoTalk! Promosi eksklusif khusus Instagram (misalnya, kode diskon khusus untuk followers kamu) akan mendorong audiens untuk mengikuti akun Instagram kamu agar tidak ketinggalan penawaran lainnya.

7. Bekerja sama dengan influencer

Influencer di Instagram terus menjadi populer karena konsumen saat ini lebih mempercayai ulasan dan testimoni dari orang-orang nyata. Ada beberapa untuk memilih influencer, di antaranya:

  • Tentukan budget kamu. Jika tidak memiliki budget yang cukup besar bisa mencoba influencer mikro yang memiliku pengikut antara 1.000 sampai 100.000. Tidak jarang influencer yang bersedia untuk barter produk dengan post di feed atau instagram story.
  • Pilih influencer yang sesuai dengan demografi customer kamu. Misal kamu berjualan tote bag yang biasa dipakai anak sekolah, maka kamu bisa cari influencer yang masih seumuran anak sekolah.
  • Usahakan konten yang kamu sampaikan untuk influencer senatural mungkin.

8. Tingkatkan jumlah followers secara organik

Ketika memulai toko online, kamu harus membuktikan diri sebagai merek atau toko online yang terpercaya. Salah satunya adalah dilihat dari jumlah pengikut serta engagement (interaksi) yang terjadi di akun Instagram kamu, misalnya like dan komentar. Hal ini bukanlah hal yang didapat secara instan.

Pada dasarnya semua yang kamu lakukan dari nomor 1 sampai dengan 7 secara tidak langsung berkontribusi untuk meningkatkan pengikut kamu secara organik. Jadi, tetap semangat karena untuk membangun sebuah brand diperlukan konsistensi yang luar biasa!

Sudah punya website toko online untuk bisnismu? Kalau belum, tunggu apa lagi? Buat sekarang!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *