Tips Optimasi Fitur SEO untuk Toko Online

Kamu sudah punya toko online dan produk yang siap dijual? Langkahmu tidak boleh berhenti di situ. Kamu masih perlu menciptakan visibilitas tokomu di internet. Salah satunya dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO). SEO terdiri dari dua bagian, yakni SEO On Page dan SEO Off Page. Pada artikel kali ini, kita fokus membahas SEO On Page. SEO On Page adalah cara optimasi halaman dan konten website kamu sendiri untuk mesin pencari seperti Google. Jika kamu belum mengetahui apa itu SEO secara keseluruhan, bisa membaca di sini.

TokoTalk, sebagai penyedia website toko online gratis, mengerti bahwa butuh keterampilan khusus untuk mengelola SEO. Oleh karena itu, TokoTalk hadir untuk memudahkan seller dalam mengelola SEO di website toko online. Seller dapat mengunggah favicon, mengisi judul website, kata kunci, dan deskripsi meta di fitur SEO TokoTalk. Temukan menu SEO di bagian Pengaturan Toko – Domain & SEO – lalu scroll ke bagian bawah. Penasaran bagaimana cara mengoptimasi fitur SEO di TokoTalk?

Search Engine Optimization (SEO)
Fitur SEO di TokoTalk
Search Engine Optimization (SEO)
Contoh cara mengisi fitur SEO di TokoTalk

Favicon

Favicon website merupakan icon kecil yang terletak di tab website kita. Kebanyakan pemilik website lupa menaruh icon ini. Padahal, dengan mengunggah favicon, tampilan website jadi terlihat lebih profesional dan menonjolkan branding toko. Lalu, gambar apa yang pas untuk dijadikan favicon?

Jawabannya tentu saja logo brand toko online kamu. Pastikan ukuran logo tersebut berbentuk kotak. Format favicon berukuran 16×16 atau 32×32 piksel, dengan menggunakan warna 8-bit atau 24-bit. Format gambar yang disarankan berbentuk PNG dan ICO.

Kamu bisa membuat favicon secara online di website-website berikut:

Judul Website

Judul website dapat diisi dengan nama toko online dan slogan yang mencerminkan produk serta layanan toko online kamu. Penentuan judul website yang unik dan akurat adalah salah satu cara meningkatkan SEO website, karena judul adalah hal pertama yang pengguna maupun mesin pencari Google baca saat melihat website kamu.

Sebaiknya kamu luangkan waktu terlebih dahulu untuk riset nama brand toko online kamu agar unik, dan pastikan belum ada yang memiliki nama tersebut. Judul website juga sebaiknya singkat dan jelas. Hindari judul yang panjang dan memiliki kata kunci yang tidak diperlukan.

Kata Kunci

Kata kunci merupakan sebuah kata atau frasa yang digunakan sebagai kunci dan kode untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain. Kata kunci di fitur SEO TokoTalk dapat diisi dengan nama toko online, variasi namanya, nama Instagram brand kamu, dan produk utama yang dijual.

Misalnya nama brand toko online kamu adalah Hijab Beauty, kamu bisa mengisi kata kunci dengan ‘Hijab Beauty, hijabbeauty, hijabbeauty.com, hijab, jilbab cantik’. Nantinya kata kunci ini akan terekam oleh mesin pencari Google, maka saat ada calon customer yang mencari nama brand kamu di Google, hasil pencarian di halaman pertama akan muncul website toko online kamu.

Deskripsi Meta

Jika kata kunci berisi kata-kata singkat, kamu akan diberikan kebebasan berkreasi menulis kreatif pada deskripsi meta. Deskripsi meta merupakan penjelasan singkat mengenai isi dari sebuah halaman web. Pada fitur SEO TokoTalk, kamu bisa mengisinya dengan maksimal 255 karakter. Namun, kami sarankan kamu untuk mengoptimalkan deskripsi meta dengan menulis 70 – 150 karakter agar pada hasil pencarian Google deskripsi meta kamu tidak terpotong.

Fungsi dari deskripsi meta ini agar calon customer mengetahui secara singkat mengenai isi website kamu. Jadi, semacam sinopsis pada sebuah buku. Tantangannya adalah bagaimana calon customer tertarik untuk mengklik halaman website kamu setelah membaca deskripsi meta. Belajar copywriting yang tepat dapat menguntungkan bisnismu.

Search Engine Optimization (SEO)
Contoh Hasil SEO

Setelah kamu mengatur favicon, judul website, kata kunci, dan deskripsi meta di fitur SEO TokoTalk, tinggal klik simpan dan selesai sudah! Biarkan sistem TokoTalk yang bekerja untuk memaksimalkan website toko online kamu agar berada di halaman pertama di mesin pencari Google. Mudah, kan?

Ingin website toko online kamu muncul di Google? Yuk, coba TokoTalk!

Sebarkan artikel:
0Shares
1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *