Masih Bingung Cara Mulai Bisnis Online? Coba Trik Ini!

Sudah lama ingin memulai bisnis online tapi bingung cara memulainya? Tidak tahu berapa modal yang harus disiapkan? Ragu jika produk yang dijual akan laris? Sudah, sudah… tidak usah ambil pusing lagi, seller! Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini!

Apa itu bisnis online?

Sederhananya, bisnis online bisa diartikan sebagai bisnis yang transaksinya terjadi di internet. Hampir semua barang dan jasa bisa dijual di internet (asalkan legal dan mematuhi hukum dan perundang-undangan, tentunya).

Pertumbuhan bisnis online di Indonesia sangat pesat. Berdasarkan laporan dari Google-Temasek, diperkirakan jumlah transaksi online di Indonesia mencapai 100 miliar dolar AS atau 1,4 triliun rupiah pada 2025 mendatang. Inilah mengapa binis online sangat diminati, peluangnya sangat besar!

Apa yang dibutuhkan untuk memulai bisnis online?

Banyak seller top TokoTalk yang bercerita bahwa dari semua aspek bisnis online, yang tersulit adalah cara untuk memulainya. Namun, sebenarnya jika rencana kamu sudah matang di awal, tentu ke depannya jalan akan lebih mulus. Ada langkah-langkah yang harus kamu perhatikan dan rencanakan dengan cermat:

Langkah #1: Temukan produk yang dibutuhkan oleh orang banyak

Jika kamu ingin produk jualanmu laris, pastikan kamu menemukan target pasar terlebih dulu. Setelah itu, sediakan produk untuk target pasar kamu ini. Hal ini bisa dibilang langkah pertama untuk memulai bisnis online.

Carilah pain point atau masalah- masalah yang paling banyak dihadapi oleh khalayak. Selanjutnya, temukan produk yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Untuk cari tahu tentang hal ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yang termudah ialah dengan melakukan riset kata kunci yang paling banyak dicari orang di internet. Kamu dapat menggunakan Google Trends atau Keyword Planner untuk pencarian yang simpel dan spesifik.

Langkah #2: Memahami luar-dalam produk yang kamu jual

Sangat penting untuk memahami betul barang yang akan kamu jual. Ketika kamu paham hingga detail-detail terkecil, meyakinkan calon customer juga akan lebih mudah. Selain itu, kamu juga akan sangat terbantu ketika menentukan harga jual yang layak dan mendatangkan profit tapi tetap unggul di pasaran.

Langkah #3: Lakukan riset kompetitor

Riset kompetitor sangat krusial untuk menentukan strategi agar produkmu mampu bersaing di pasar. Teliti apa kelebihan dan kekurangan produk para kompetitor, dan bandingkan dengan produkmu. Cari tahu juga tentang strategi pemasaran yang mereka lakukan. Dengan begitu, kamu akan lebih terpacu untuk jadi lebih kreatif lagi untuk memasarkan produkmu.

Langkah #4: Tentukan tempat untuk berjualan

Tentukan platform yang tepat dan cocok untuk bisnis kamu. Misalnya, apakah kamu ingin berjualan di website sendiri, marketplace, media sosial, atau hanya via WhatsApp saja? Pastikan platform yang kamu pilih dapat menyasar target pasar yang kamu tuju. Misalnya, jika target pasarmu adalah anak muda, mungkin Instagram merupakan tempat yang cocok. Lain halnya jika kamu ingin tampilan yang lebih profesional dan eksklusif, website pribadi mungkin pilihan yang tepat.

Langkah #5: Pelajari soal digital marketing

Setelah tokomu siap, sekarang saatnya mulai jualan. Sayangnya, sekeren apa pun produkmu, akan percuma saja jika calon customer di luar sana tidak mengetahui keberadaannya. Caranya hanya satu, yaitu memasarkan tokomu kepada mereka! Kamu bisa memulai digital marketing dengan memanfaatkan media sosial yang sudah kamu miliki, misalnya Facebook dan Instagram. Chat service seperti WhatsApp dan Line juga terbukti ampuh untuk menyebarluaskan kabar keberadaan toko online kamu.

Kamu bisa memulai dengan mem-posting produkmu di akun media sosial. Jika cara ini dirasa kurang efektif, kamu bisa mencoba mengiklan di Facebook atau Google. Mulailah dengan budget yang kecil terlebih dulu sampai kamu benar-benar mahir menggunakannya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan teknik digital marketing yang lebih menyeluruh seperti memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO). Namun perlu diingat, teknik SEO ini bisa dipakai jika kamu berjualan di website pribadi.

Bagaimana sudah terbayang langkah apa yang harus kamu lakukan sekarang? Jika produkmu sudah siap, sekarang saatnya bikin website pribadi di TokoTalk!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *