Facebook Pixel

Cara Mudah Menggunakan Facebook Pixel bagi Pemula

Setiap pemilik toko online pasti ingin website-nya memiliki traffic yang tinggi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan beriklan melalui Facebook. Beriklan di Facebook membutuhkan anggaran dan Anda sebagai pemilik bisnis, tentu memahami pentingnya efektivitas dalam mengelola pengeluaran. Nah, untuk memaksimalkan budget iklanmu, tahukah Anda bahwa Facebook memiliki fitur Facebook Pixel? Facebook Pixel bisa menjadi cara untuk memaksimalkan segmentasi iklan berdasarkan aktivitas dari masing-masing target audiens. Bagaimana cara membuat Facebook Pixel? Bagaimana cara mengintegrasikan ke website toko online Anda di TokoTalk? Berikut ini pembahasan mengenai cara mudah menggunakan Facebook Pixel yang ditulis khusus bagi pemula.

Apa itu Facebook Pixel dan mengapa penting untuk menggunakannya?

Facebook Pixel adalah suatu kode analitik yang memungkinkan Anda mengukur efektivitas iklan dengan memahami dan merekam tindakan yang dilakukan orang di website Anda. Anda dapat menggunakan Facebook Pixel untuk:

  • Memastikan iklan Anda ditampilkan ke orang yang tepat
  • Mendorong lebih banyak penjualan
  • Mengukur hasil iklan Anda

Metrik dan data yang dihasilkan dari Facebook Pixel terkait orang-orang yang mengunjungi website Anda melalui iklan dapat dimanfaatkan dalam iklan selanjutnya. Sehingga Anda dapat menargetkan iklan dengan lebih baik untuk memaksimalkan konversi dan meningkatkan penjualan.

Apa manfaat menggunakan Facebook Pixel?

Retargeting Facebook Pixel Lookalike Audience

Banyak keuntungan yang didapatkan jika Anda menggunakan Facebook Pixel pada website Anda. Hal ini sangat berkaitan dengan anggaran yang Anda keluarkan pada Facebook Ads menjadi lebih maksimal. Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika memasang Facebook Ads:

  • Melihat traffic website

Facebook Pixel memiliki dashboard yang bisa Anda gunakan untuk melihat traffic yang masuk ke website Anda. Dari situ, Anda bisa mendapatkan insight mengenai bagaimana pengunjung melakukan interaksi dalam website Anda.

  • Melacak konversi

Facebook Pixel memungkinkan Anda untuk merekam tindakan yang dilakukan pengunjung website setelah mengklik iklan Facebook yang sedang berjalan. Facebook Pixel dapat mengukur tingkat konversi iklan Facebook Anda dan melacak perangkat yang digunakan oleh customer Anda.

  • Mengoptimalkan kampanye iklan Facebook

Setelah Facebook Pixel behasil mengumpulkan data, Anda dapat memperbaiki strategi kampanye iklan Facebook dan Instagram untuk meningkatkan kualitas iklan sehingga konversi penjualan dari iklan Anda meningkat. Selain itu, Anda dapat menggunakan Facebook Pixel untuk menampilkan iklan kepada audiens yang kemungkinan besar menyukai produk atau servis Anda, dan akan melakukan tindakan yang Anda targetkan, seperti melakukan add to cart (pembelian).

  • Retargeting pengunjung website Anda

Apakah Anda pernah melihat suatu produk di website, tidak jadi membelinya, kemudian tiba-tiba mendapatkan iklan produk tersebut di media sosial Anda? Terima kasih pada Facebook Pixel! Dengan data pelacakan Facebook Pixel, Anda dapat menayangkan iklan yang relevan dengan audiens yang telah melakukan suatu aksi terhadap produk atau layanan Anda.

  • Jangkau orang yang tepat

Manfaat lain dari Facebook Pixel ialah Anda dapat meraih lebih banyak calon customer melalui Facebook. Data dari Facebook Pixel akan menciptakan audiens serupa (Lookalike Audience) dari orang-orang yang menyukai atau memiliki minat serupa dengan customer terbaik Anda.

Bagaimana cara kerja Facebok Pixel?

Ketika seseorang mengunjungi website Anda dan mengambil tindakan (misalnya, membeli sesuatu), Facebook Pixel terpicu dan melaporkan tindakan ini. Dengan cara ini, Anda akan tahu kapan customer mengambil tindakan setelah melihat iklan Facebook Anda. Anda juga dapat menjangkau customer ini lagi dengan menggunakan fitur Custom Audience. Ketika semakin banyak konversi terjadi di website Anda, Facebook menjadi lebih baik dalam mengirimkan iklan Anda kepada orang-orang yang lebih cenderung mengambil tindakan tertentu. Hal inilah yang membuat iklan Anda lebih relevan dan dapat mengoptimasikan konversi.

Cara mudah membuat Facebook Pixel dan memasangnya pada website TokoTalk

Create a Facebook Pixel
  1. Buka Facebook Ads Manager. Klik menu Tools, lalu temukan Pixels pada bagian Events Manager.
  2. Klik Create a Pixel seperti yang terlihat pada gambar.
  3. Akan ada menu Pop Up yang muncul dan menampilkan nama Pixel Anda, lalu klik Create. Tunggu sampai proses instalasi Pixel selesai.
  4. Setelah itu pilih akan muncul opsi “Connect a Partner Platform”, “Manually Install the Code Yourself”, atau “Email Instructions to a Developer”. Klik saja tanda “X” atau cancel, karena tidak perlu setting standard event Facebook Pixel sendiri, serahkan semua itu pada TokoTalk.
  5. Selesai! Kode Facebook Pixel Anda sudah jadi!
Facebook Pixel TokoTalk

Setelah itu, Anda akan melihat Facebook Pixel ID berupa sejumlah kode angka yang bisa Anda salin di website TokoTalk pada bagian menu “Toko Online”, lalu cari kolom Facebook Pixel, klik Ubah dan masukkan Pixel ID Anda, lalu klik Aplikasikan. Selesai deh! Mudah, kan?

Ingin punya website toko online di TokoTalk untuk memaksimalkan bisnis online Anda? Yuk, coba sekarang!

Sebarkan artikel:
0Shares
2 replies
    • Cindy Pricilla
      Cindy Pricilla says:

      Halo Kak. TokoTalk adalah platform untuk membuat website toko online. TokoTalk menyediakan sistem otomatis untuk mengelola toko online kamu, mulai dari menerima order sampai mengirimkan notifikasi ke customer. Yuk, coba sign up di sini: https://www.tokotalk.com/

      Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *