5 Hal untuk Meningkatkan Penjualan Selama Ramadan

Belanja baju dan pernak-pernik Lebaran merupakan tradisi masyarakat muslim Indonesia yang hanya terjadi satu kali dalam setahun. Momen ini biasanya terjadi menjelang Lebaran. Tidak diragukan lagi, performa penjualan pada momen ini akan meningkat drastis. Selain itu, penjualan pada umumnya memuncak dalam periode pembagian tunjangan hari raya (THR). Pada saat itu, masyarakat Indonesia memiliki buying power yang relatif tinggi.

Berdasarkan survei Marketing Research Indonesia, sebanyak 61% masyarakat Indonesia memiliki alokasi dana yang lebih tinggi untuk dibelanjakan pada momen Ramadan dan Lebaran. Ini momen yang langka karena hanya datang setahun sekali. Oleh karena itu, Anda harus cermat memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya agar bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat.

Sudahkah Anda mempersiapkan bisnis online Anda untuk meraih kesuksesan menjelang Lebaran? Belum terlambat untuk segera memulai! Yuk, simak hal-hal penting yang harus diperhatikan toko online Anda menyambut Lebaran di bawah ini!

Desain toko online

Layaknya toko fisik, Anda perlu memperhatikan tema desain untuk toko online Anda. Bulan Ramadan hingga menjelang Lebaran biasanya didominasi warna hijau, emas, dan putih. Anda juga bisa menambahkan tulisan dan ornamen yang berkaitan dengan Lebaran. Desain ini bisa diaplikasikan pada website toko online Anda serta media sosial dan background foto produk. Semakin bagus konsep desain Anda, maka Anda akan dianggap serius dalam menyiapkan toko online Anda. Calon customer Anda pun akan merasa tertarik ketika berkunjung ke toko online Anda.

Bingkisan khusus Lebaran

Salah satu produk yang banyak diminati selama bulan Ramadan adalah paket produk seperti parcel untuk beberapa produk yang cocok dijadikan sebagai bingkisan Lebaran. Anda bisa menggabungkan produk-produk Anda yang kurang laris dengan produk yang sangat laris atau produk terbaru yang hanya ada pada bulan Ramadan agar semuanya laku secara merata dan bisa menjadi strategi cuci gudang.

Ketersediaan variasi dan stok produk

Permintaan customer menjelang Lebaran akan lebih tinggi. Oleh karena itu, hindari kekurangan stok. Persiapkan banyak stok dan varian produk-produk yang paling laris. Jika Anda mengalami kesulitan untuk menyediakan stok, Anda bisa bekerja sama dengan supplier.

Promo dan diskon

Untuk semakin meningkatkan performa bisnis online Anda, sediakan produk dengan promo atau diskon khusus bulan Ramadan. Gencarkan promo ini mendekati Lebaran karena antusiasme customer untuk berbelanja lebih tinggi seminggu sebelum Lebaran. Besaran diskon bisa mengikuti jumlah permintaan produk oleh customer. Semakin banyak dicari, sebaiknya semakin sedikit diskon produk yang diberikan.

Kesiapan menghadapi peningkatan penjualan

Tidak hanya toko offline saja yang membutuhkan kekuatan fisik yang kuat ketika menghadapi penjualan yang meningkat, toko online pun begitu. Biasanya kendala yang dihadapi adalah banyaknya chat dari customer yang masuk secara bertubi-tubi dan membuat admin kewalahan. Belum lagi bila pesanan datang sekaligus di waktu yang bersamaan.

Namun, Anda tidak harus mengalami kesulitan ini karena TokoTalk menyediakan admin otomatis untuk menangani toko online Anda. Mulai dari menerima pesanan customer, hitung ongkos kirim, dan pelacakan pembayaran dari customer, semua ditangani oleh TokoTalk. Praktis sekali, bukan?

Nah, itulah hal-hal penting yang wajib Anda perhatikan demi meningkatkan performa penjualan toko online Anda menjelang Lebaran. Bila Anda melakukan poin-poin di atas secara saksama, Anda bisa mendapatkan keuntungan berkali lipat. Yuk, siapkan toko online Anda dengan cara yang tepat agar bulan Ramadan ini menjadi momen terbaik untuk memajukan toko online Anda!

Sudah memiliki toko online? Jika belum, kenapa tidak buat sekarang? 🙂

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *