Kiat Sukses Berbisnis Hijab

Ramadan akan hadir sebentar lagi, tandanya waktu berbelanja baju baru pun tiba. Baju muslim akan menjadi incaran para wanita, begitu juga dengan hijab. Di zaman sekarang, wanita mengenakan hijab tidak hanya karena kewajibannya sebagai muslimah untuk menutup aurat, tetapi juga sudah menjadi tren fesyen. Bagi seorang wanita muslimah, memiliki hijab satu helai saja tidak cukup, biasanya mereka memiliki banyak sekali hijab mulai dari warna, model, corak, dan sebagainya.

Tingginya kebutuhan hijab merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Tidak heran jika kini banyak pebisnis yang menjual hijab sebagai bisnis utamanya. Agar bisnis hijab Anda dapat bersaing, berkembang, dan mendapatkan keuntungan yang terus meningkat, Anda harus memiliki strategi pemasaran yang tepat. Lalu, apa saja strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis hijab? Simak langkah-langkah di bawah ini!

Lakukan survei

Untuk memasarkan hijab Anda, lakukan survei terlebih dulu. Survei berguna untuk mendapatkan informasi seperti selera pasar, perkembangan model serta tren, dan sebagainya. Survei dapat dilakukan secara sederhana dan kecil-kecilan, misalnya dengan bertanya kepada orang-orang sekitar Anda, mengamati gaya, atau melakukan survei dengan bantuan tools online seperti Google Forms atau SurveyMonkey. Dengan begitu, hijab yang akan Anda jual dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kesukaan pasar saat ini.

Ciptakan brand

Nama brand juga dapat menjadi sebuah strategi marketing. Buatlah nama brand atau nama toko yang unik dan mudah diingat oleh customer. Selain itu, sebaiknya hijab produk Anda juga menyertakan label yang berisikan nama brand Anda agar mudah dibedakan dengan produk hijab lainnnya.

Pilih tempat strategis

Tempat yang strategis sangat berpengaruh jika bisnis hijab Anda dilakukan secara offline. Anda dapat memilih tempat yang ramai, seperti pusat perbelanjaan atau yang lokasinya berdekatan dengan keramaian sepeti kantor atau kampus. Area yang sepi, meskipun biasanya harga sewanya lebih rendah, tetapi potensi pendapatan Anda juga akan lebih sedikit.

Perhatikan kualitas dan harga

Strategi pemasaran tidak kalah penting menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas dari hijab Anda. Jika kualitas produk hijab Anda bagus, maka Anda dapat menetapkan harga yang tinggi. Namun, jika kualitas hijab tidak terlalu bagus maka berikan harga yang rendah. Jangan menetapkan harga tinggi dengan kualitas yang rendah karena dapat menghambat perkembangan bisnis Anda. Anda akan memiliki banyak kompetitor di luar sana sehingga akan sangat mudah bagi calon customer untuk berpaling ke seller lain. Oleh karena itu, agar calon customer tidak kabur, berikan harga dan kualitas yang bersaing.

Gunakan digital marketing

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan media digital untuk memasarkan bisnis hijab Anda. Seiring dengan perkembangan teknologi, digital marketing merupakan metode pemasaran yang efektif. Pemasaran menggunakan media digital atau media sosial salah satunya dapat dilakukan melalui Facebook Ads.

Facebook ads merupakan fitur iklan atau pemasaran yang ditawarkan oleh Facebook. Anda dapat membuat iklan suatu fanpage yang sebelumnya sudah dibuat dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan. Selain Facebook, Anda juga dapat memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan produk Anda. Pengguna Instagram dari tahun ke tahun mengalami kenaikan sehingga ini merupakan peluang yang besar untuk memasarkan bisnis hijab Anda. Dengan begitu, produk hijab Anda akan semakin dikenal banyak orang.

Bekerja sama dengan influencer

Anda juga dapat bekerja sama dengan influencer di media sosial agar meng-endorse atau mempromosikan produk hijab Anda di akun mereka. Cara ini terbukti ampuh, terutama jika influencer tersebut memiliki followers banyak dan engagement yang bagus. Biasanya  penggemar mereka mudah terpengaruhi dan ingin meniru hal-hal yang dimiliki oleh idolanya.

Itulah beberapa tips dan trik mengenai strategi marketing untuk bisnis hijab. Jika Anda sudah memahami langkah-langkah di atas, maka artinya Anda sudah siap untuk menjadi seorang pebisnis.

Sudah tahu akan menjual produk hijab Anda di mana? Kalau belum, kenapa tidak di TokoTalk saja? Yuk, mulai jualan sekarang!

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *