Produk Jualan Makin Eksis Berkat Instagram Live

Live video dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti mempromosikan produk dan menciptakan pengalaman unik yang akan mendorong audiens Anda untuk berinteraksi dan memberikan tanggapan. Tidak hanya itu, live video bisa mengubah customer menjadi sebuah komunitas.

Sekarang ini ada beberapa platform media sosial yang menyediakan fitur live video untuk para penggunanya, salah satunya adalah Instagram. Instagram Live dirilis secara global pada awal 2017 lalu dan sudah memiliki ratusan ribu pengguna hingga hari ini. Fitur Instagram ini memungkinkan Anda membuat tayangan langsung dari aplikasi Instagram. Layaknya Facebook Live, followers Anda juga bisa langsung bergabung dan memberi komentar.

Baca juga: Melebarkan Sayap Toko Online Melalui Facebook Live

Interaksi langsung lewat live video untuk keperluan bisnis online memang kian populer. Baik dengan video call berkelompok di aplikasi messenger, maupun melalui siaran langsung seperti ini. Nah, apakah Anda tertarik untuk menggunakan live video sebagai strategi marketing untuk bisnis online? Yuk, simak dulu pembahasannya di bawah ini!

Mengapa live video?

Live video memberikan dua elemen yang unik, yaitu menciptakan sense of urgency dan interactivity. Walaupun live video bisa disimpan di akun Anda untuk audiens lainnya di waktu yang akan datang, tetap saja pengalaman unik yang ditawarkan oleh live video baru akan terasa ketika para audiens menyaksikan video tersebut bertepatan dengan waktu live.

Live video memiliki kelebihkan yang bahkan tidak dimiliki oleh televisi, yaitu audiens dan partisipasi. Audiens yang menonton live video pada platform media bisa menulis komentar mereka dan pelaku siarannya bisa membaca serta membalas komentar tersebut secara langsung. Live video memungkinkan para pebisnis online untuk menjangkau audiens secara real-time.

Followers bisa langsung meniggalkan komentar pada live video.

Fitur Instagram Live merupakan bagian dari Instagram Stories. Tidak seperti Facebook, video di Instagram Live akan menghilang setelah dilihat (jika tidak disimpan). Hal ini meningkatkan sense of urgency tapi menurunkan impressions karena hanya bisa dilihat dalam jangka waktu yang pendek.

Tidak hanya untuk memasarkan produk, Instagram Live juga dapat digunakan untuk meluncurkan produk, tanya jawab dengan followers, atau behind the scene dari bisnis Anda. Anda juga bisa memanfaatkan Instagram Live untuk demonstrasi produk dan mengobrol singkat dengan customer setia.

Bagaimana cara menggunakan Instagram Live?

  • Untuk mulai siaran, ketuk ikon kamera yang ada di bagian kiri atas layar home (atau swipe ke kanan) dan kemudian ketuk “Live”. Ketuk lagi “Go Live” untuk mulai merekam.
Ketuk logo kamera di kiri atas.
Ketuk “Live” kemudian “Go Live”.
  • Live video di Instagram bisa bertahan sampai satu jam, dan followers Anda akan mendapat notifikasi ketika Anda sedang live.
  • Foto profil dari pengguna yang live pada Instagram akan ditandai di bar Stories di bagian atas dari feed.
  • Anda bisa melihat komentar dan reaksi dari penonton. Anda juga bisa mem-pin komentar untuk memandu obrolan Anda.
  • Live video juga ditampilkan pada tab Explore, dan biasanya video menjadi trending berdasarkan jumlah audiens, lokasi, dan engagement.

Apa keuntungan Instagram Live?

Fitur Instagram Live yang sifatnya sementara ini memang menjadi daya tarik untuk mendapatkan perhatian audiens. Jika audiens melewatkan live video Anda, maka mereka tidak mendapatkan kesempatan lain untuk melihatnya lagi. Jadi, mereka harus cepat tanggap dan senantiasa mengecek Instagram mereka.

Menggunakan live video sebagai strategi marketing di Instagram juga bisa membangun interaksi yang lebih akrab dengan audiens Anda. Anda bisa mempererat komunikasi dengan audiens yang telah Anda bangun dan mereka juga bisa memahami produk serta brand Anda secara lebih mendalam.

Apa lagi yang bisa digunakan di Instagram Live?

Instagram akan terus menyempurnakan fitur-fitur andalannya, dan Instagram Live yang dengan cepat menjadi salah satu yang utama. Beberapa waktu lalu, Instagram kembali menggulirkan pembaruan ke Live berupa efek filter yang akan membuat video Anda menjadi semakin unik dan menyenangkan. Dari bintang-bintang berkilau, nuansa super keren, hingga hewan yang lucu, filter wajah baru memanjakan imajinasi Anda untuk berkreasi dengan bebas. Anda bahkan bisa menggeser dan memilah koleksi filter untuk melihat apa yang menarik sebelum ditayangkan.

Menggunakan filter pada saat live.

Untuk mengakses filter wajah, ketuk logo kamera pada home Instagram dan pilih “Live” di bagian bawah. Kemudian, ketuk ikon wajah di sudut kanan bawah. Selanjutnya panel filter akan muncul dan Anda dapat mencoba serta memilih filter yang ingin Anda kenakan sebelum memulai siaran. Anda bahkan bisa beralih dari satu filter ke filter lainnya saat sedang siaran untuk membuat penonton penasaran.

Filter ini adalah satu dari sekian pembaruan yang telah digulirkan oleh Instagram untuk aplikasinya. Sebelum ini mereka juga menggulirkan fitur untuk mematikan audio di video, berbagi Live ke direct message, siaran langsung bersama teman, dan fitur yang memungkinkan Live diputar ulang jika ketinggalan.

Sekali lagi, menggunakan live video sebagai strategi marketing dalam bisnis online merupakan dapat meningkatkan aktivitas marketing serta mengembangkan bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah mulai memikirkan konsep untuk konten yang akan Anda buat dan menentukan waktu yang tepat untuk melakukan live. Selamat mencoba!

Sudah menentukan akan jualan online di mana? Jika belum, yuk cek TokoTalk!



Sebarkan artikel:
0Shares
1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *