Peluang Bisnis Online Tanpa Modal dengan Untung Berlipat

Jika Anda mendengar celetukan soal bisnis online tanpa modal, pasti yang langsung tebersit di benak Anda adalah, “Memangnya bisa?” Jelas bisa! Ada berbagai bisnis online tanpa modal yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan yang pasti mendatangkan untung.

Namun, maksudnya “tanpa modal” di sini bukan berarti Anda sama sekali tidak menyediakan apa-apa untuk mulai berbisnis online. Setidaknya Anda harus memiliki kemampuan dasar soal bisnis dan perlengkapan pendukung seperti laptop atau kamera, misalnya.

Daripada terus bertanya-tanya apa aja bisnis online tanpa modal, langsung aja cek di ulasan berikut ini!

Menjadi dropshipper

Familier dengan istilah yang satu ini? Singkatnya, dropshipper adalah orang yang bertindak layaknya agen dengan menjual barang tanpa perlu membeli terlebih dulu barang yang dijualnya. Misalnya, Anda adalah dropshipper dari sebuah produk hijab. Suatu ketika seorang customer memesan produk hijab melalui Anda. Pesanan customer tersebut kemudian Anda teruskan ke supplier. Supplier kemudian menyiapkannya dan mengirimnya ke customer tersebut atas nama Anda.

Baca juga: Kemudahan Berjualan di TokoTalk bagi Dropshipper dan Supplier

Nah, kalau cara kerjanya begitu, tidak harus memiliki modal untuk menyiapkan produk jualan, kan? Betul sekali! Kemudian soal keuntungan, harga yang Anda pasang secara online itu harus sudah ditambahkan untung yang ingin Anda ambil. Walaupun untungnya sedikit, Anda tidak bakal direpotkan dengan menyiapkan stok produk, tempat penyimpanan, biaya operasional, dan hal-hal lainnya yang biasanya ditanggung oleh seller atau supplier.

Menyediakan jasa titip belanja alias jastip

Bagi Anda yang aktif di Instagram, pasti beberapa kali pernah lihat akun yang menawarkan jasa titip alias jastip. Jastip ini bisa dibilang mirip dengan dropshipper. Namun, intinya jastip adalah terobosan baru dalam berbisnis online dengan menawarkan jasa titip belanja. Anda akan diupah karena membelikan barang pesanan orang. Dari sanalah keuntungan didapat.

Caranya cukup gampang. Anda tinggal mendatangi tempat-tempat belanja lalu memotret barang-barang yang sedang promo atau diskon besar-besaran. Kemudian post ke media sosial yang Anda miliki, idealnya ke Instagram. Jangan lupa tambahkan hashtag yang terkait dengan barang-barang yang Anda tawarkan agar memudahkan pengguna untuk menemukan post Anda.

Menjadi social media influencer

Media sosial memberi banyak pengaruh kepada penggunanya. Mulai dari pandangan politik hingga urusan belanja dan gaya hidup.nDi sinilah social media influencer memiliki peran kunci. Bagi Anda yang belum tahu, social media influencer adalah figur di media sosial yang bisa memengaruhi para pengguna media sosial lainnya lewat post yang mereka buat.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa menjadi seorang social media influencer? Pertama, Anda harus memiliki followers yang banyak. Kedua, setiap post Anda harus mendapatkan engagement yang tinggi, bisa dilihat dari jumlah like, komentar, atau share.

Dari mana pekerjaan ini menghasilkan uang? Tentu banyak caranya, tapi yang paling gampang adalah melalui endorsement. Mengutip data yang dipublikasikan oleh Katadata, jenis media sosial yang dipakai menentukan harga seorang influencer. Bayaran untuk influencer di YouTube dengan 100–500 ribu subscribers mencapai lebih dari US$12 ribu. Facebook mencapai lebih US$6 ribu, Instragram sebesar US$ 5 ribu, dan Twitter sekitar US$ 2 ribu.

Menjadi vlogger

Ini juga bisa jadi bisnis online tanpa modal yang menjanjikan. Para vlogger (video blogger) ini memperoleh pendapatan dengan meng-endorse produk atau jasa ke dalam video yang mereka buat. Belum lagi ditambah iklan-iklan atau AdSense yang terpampang di video mereka.

Untuk memulai menjadi seorang vlogger, Anda bisa mempersiapkan konsep dan peralatan utama seperti laptop atau smartphone. Mengenai konsep, usahakan fokus pada satu hal yang spesifik. Misalnya, bahasan tentang kecantikan dan tipsnya atau ulasan tentang tempat makan.

Itulah tadi pilihan bisnis online tanpa modal yang bisa Anda dicoba. Meskipun terkesan mudah, Anda harus tetap bersungguh-sungguh dalam menjalaninya! Pilihlah bisnis yang sesuai dengan kemampuan atau hobi agar hasil yang Anda dapatkan bisa maksimal. Jangan pernah bosan untuk terus belajar dan bekerja keras dalam meningkatkan kreativitas untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Selamat mencoba! 🙂

Ingin memulai jualan online? Yuk, buka toko Anda di sini!


Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *