Flash Sale: Umpan untuk Menjaring Calon Customer

Ramainya pemain di dunia bisnis online membuat persaingan semakin ketat. Setelah diskon dan promo biasa tidak lagi ampuh mendatangkan customer, kini para penjual online mengenalkan istilah baru dalam berbelanja murah yang disebut dengan flash sale. Lalu, apa sih sebenarnya yang dimaksud flash sale itu?

Flash sale adalah strategi dalam bisnis online untuk menjual barang secara eksklusif dengan harga yang jauh lebih murah dari aslinya, dan tentunya dalam waktu yang sangat terbatas. Tujuan strategi ini adalah meningkatkan penjualan, mengundang traffic ke toko online, dan juga bisa meningkatkan brand awareness agar semakin dikenal oleh publik.

Marketplace besar yang sering mengadakan flash sale adalah Shopee dan Tokopedia. Flash sale yang digelar oleh Tokopedia dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-9 tahun lalu jelas membuat Tokopedia ramai dikunjungi. Tokopedia mematok produk-produk yang sedang sale hanya mulai Rp9.999 saja, termasuk di dalamnya produk elektronik. Dengan harga yang menggiurkan seperti ini, tidak heran orang berbondong-bondong mengikuti flash sale tersebut.

Selain Tokopedia dan Shopee, ada juga Lazada yang sudah rutin menggelar flash sale sejak 2014. Lazada tenar dengan flash sale-nya karena mereka membawa produk Xiaomi Redmi 1S. Melalui kampanye ini juga brand Xiaomi masuk secara resmi ke pasar Indonesia. Peminat flash sale tersebut membludak dan produk terjual habis kurang dari satu jam.

Sudah terbukti bahwa flash sale sukses menciptakan keuntungan berlipat bagi para pebisnis online. Customer pun senang karena mendapatkan produk dengan harga murah. Ditambah lagi, karena dijual dalam waktu terbatas, customer merasa panik akan kehabisan barang sehingga kemudian terdorong untuk segera melakukan pembelian.

Tips melakukan flash sale

Sebelum memutuskan untuk mengadakan flash sale, simak tips-tips di bawah ini:

  • Pilih produk yang paling populer, dengan begitu calon customer akan semakin tertarik untuk mengikuti flash sale toko online Anda.
  • Pastikan stok produk Anda cukup, yang kira-kira sesuai dengan antusiasme calon customer yang akan Anda dapatkan saat flash sale nanti.
  • Sebarkan info tentang flash sale jauh-jauh hari di media sosial brand Anda, misalnya Instagram atau Facebook, bisa juga melalui WhatsApp atau LINE.
  • Pilih rentang waktu yang tidak terlalu panjang. Idealnya flash sale berlangsung selama 2–3 jam, namun ada juga yang berlangsung hingga 3 hari.
  • Pilih hari di mana customer Anda sering melakukan pembelian. Anda bisa melihatnya melalui data di Statistik Pintar.
  • Sesuaikan dengan momen-momen spesial, jika ada. Misalnya flash sale dalam rangka memperingati hari jadi toko online Anda, hari gajian, atau hari-hari besar seperti Lebaran dan Natal.

Langkah-langkah memulai flash sale

Tidak mau kalah dengan marketplace, TokoTalk juga menyediakan fitur flash sale yang bisa dimanfaatkan untuk  meningkatkan penjualan Anda. Cara membuatnya mudah, dan seperti biasa bisa dilakukan cukup melalui ponsel.

1. Buka akun TokoTalk Anda, dan pergi ke halaman “Produk”. Pilih menu “Promosi” yang ada di bagian kanan atas.

2. Klik “Tambahkan Promosi”.

Klik “Tambahkan Promosi”

3. Akan muncul halaman pop-up “Buat Promosi Produk”. Isi kolom-kolom sesuai dengan pengaturan yang Anda inginkan. Anda dapat memilih tipe diskon yang Anda inginkan (misalnya, diskon 30% atau beli 3 diskon 40%). Jangan lupa untuk mengklik pada centang “Buat sebagai flash sale”.

Isi kolom sesuai ketentuan flash sale yang Anda inginkan.

Catatan: “Tanggal Mulai” bisa dipilih paling cepat satu hari dari pembuatan promosi. Misalnya, jika Anda membuat pengaturan flash sale di atas pada tanggal 22 Maret, maka flash sale paling cepat bisa dilakukan pada 23 Maret.

4. Klik “Selanjutnya” dan Anda akan ditujukan ke halaman “Pilih Produk”. Pilih produk-produk yang ingin Anda masukkan ke flash sale. Lalu, klik “Aplikasikan”.

Pilih produk-produk.

5. Produk-produk yang diikutkan dalam flash sale akan muncul di katalog dengan simbol diskon berikut dengan hitung mundur durasi flash sale sesuai yang telah Anda tentukan.

Tampilan produk yang disertakan pada flash sale.

Tidak sulit kan mengadakan flash sale? Pastikan Anda mempraktikkan tips dan langkah-langkah di atas agar flash sale Anda berjalan dengan lancar! Selamat mencoba 🙂

Belum punya toko online? Tidak ada kata terlambat untuk membuatnya!


Dapatkan tips strategi berjualan langsung dikirim ke inbox Anda.

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *