Melebarkan Sayap Toko Online Melalui Facebook Live

Mungkin Anda sering mendengar berbagai kisah sukses para penjual online di Facebook yang meraup pendapatan belasan hingga puluhan juta rupiah per bulannya. Banyak pula dari Anda yang bertanya-tanya, apa sih rahasianya? Kok bisa seperti itu?

Jawabannya adalah karena para penjual online tersebut cermat dalam memaksimalkan fitur-fitur Facebook. Salah satu fitur dari Facebook yang semakin populer di kalangan para penjual online saat ini adalah Facebook Live, yaitu melakukan siaran langsung (live streaming) dari aplikasi Facebook menggunakan ponsel.

Facebook menyediakan fitur live ini agar penggunanya dapat menyiarkan langsung semua hal secara real time kepada semua temannya Facebook. Fitur ini pertama kali diluncurkan pada 2015 dan awalnya hanya tersedia untuk kalangan selebritas. Namun, tidak lama setelahnya, Facebook merilis ulang fitur live dan membuatnya tersedia untuk setiap pengguna dengan profil atau page aktif.

Tidak jarang pada post Facebook biasa jika calon customer hanya melihat dan memberikan like pada produk yang ditawarkan penjual online. Banyak juga calon customer yang enggan membeli produk yang dijual karena takut kalau hal tersebut adalah penipuan, takut kalau produk aslinya tidak sesuai dengan foto yang dipajang, dan takut salah ukuran. Namun, fitur live bisa mematahkan ketakutan dari para pembeli itu sendiri karena mereka bisa melihat dengan jelas dari berbagai sisi dan memilih produk apa yang akan dibeli.

Langkah-langkah memulai Facebook Live

Buka aplikasi Facebook di ponsel Anda, mulai menulis status seperti biasanya. Daftar opsi akan muncul di bawah bidang teks, kemudian pilih “Live Video”.

Pilih “Live Video”.

Anda akan dimintai deksripsi mengenai live streaming Anda. Di layar yang sama, pilih pengaturan privasi, apakah ingin membagikan siaran tersebut ke publik atau hanya teman? Anda juga dapat memilih berbagi hanya dengan diri sendiri.

Pilih pengaturan privasi.

Jika pengaturan sudah selesai, klik “Start Live Video”.

Klik “Start Live Video” untuk memulai streaming.

Begitu Anda mulai streaming, akan muncul logo “Live” pada layar ponsel Anda dan notifikasi ke teman Facebook Anda yang memberitahukan kalau Anda saat ini sedang melakukan siaran langsung.

Logo “Live” di pojok kiri atas menandakan bahwa Anda sedang streaming.

Bagian bawah layar adalah tempat pemberitahuan komentar dan audiens baru akan muncul. Selama streaming, Anda dapat menambahkan efek filter ke video (misalnya teks, stiker GIF, dan frame), beralih antara kamera depan dan belakang, atau memasukkan komentar ke kolom teks di bagian bawah.

Pada layar siaran, video akan terlihat oleh penonton dan akan terlihat berapa jumlah penonton yang telah menyaksikan video Anda, sejak kapan video ditayangkan, dan tampilnya komentar secara langsung. Komentar yang masuk akan mudah terlihat dan terbaca.

Tidak ada batas berapa lama pemilik akun bisa melakukan streaming. Yang perlu diperhatikan, koneksi jaringan harus dalam kondisi yang baik, bahkan lebih baik jika Anda menggunakan sambungan WiFi.

Setelah siaran Anda berakhir, video Anda akan dipublikasikan ke profil atau page Anda sehingga penggemar atau teman Anda yang melewatkannya dapat menonton di lain waktu.

Publikasikan Live Video setelah siaran berakhir agar video Anda bisa dilihat penggemar.

Jika Anda lebih suka tidak menyimpan video, Anda juga dapat menghapusnya dari profil atau page Anda kapan saja. Setelah selesai penyiaran, video akan muncul di timeline Anda dan teman Anda dapat memilih untuk memutar ulang.

Tips merekam Facebook Live

Jangan takut jika Anda baru pertama kali melakukan live. Ikuti langkah-langkah praktis di atas dan simak tips-tips berikut:

  • Cari pencahayaan dan latar belakang yang bagus agar produk Anda dapat terlihat dengan jelas oleh penonton.
  • Pastikan sambungan internet Anda bagus.
  • Gunakan headphones jika Anda berada di tempat yang bising, misalnya pusat perbelanjaan atau kafe.
  • Buat garis besar tentang apa yang ingin Anda sampaikan agar pesannya sampai dengan tepat sasaran ke para penonton.
  • Gunakan tripod agar video tidak goyang.
  • Selalu siap sedia charger ponsel karena live sangat menguras baterai ponsel.

Tidak perlu grogi saat memulai live. Untuk Anda yang baru memulai mungkin bisa mencoba durasi live sekitar 10 menit terlebih dulu. Anda juga perlu melakukan tes perihal waktu yang paling tepat untuk live agar penonton semakin banyak. Selamat mencoba!

Belum punya toko online dan ingin jualan? Yuk, coba jualan sekarang!


Dapatkan tips strategi berjualan langsung dikirim ke inbox Anda.

Sebarkan artikel:
0Shares
4 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *