Keuntungan Membuat Produk Sendiri untuk Dijual Online

Menentukan produk yang akan dijual adalah tahap yang paling menantang ketika Anda ingin mulai berjualan online. Pada praktiknya, ada dua cara menyediakan produk untuk dijual, yaitu:

  1. Menjadi creator, yaitu dengan cara membuat produk sendiri.
  2. Menjadi reseller atau dropshipper, yaitu dengan cara menjual dan memasarkan produk yang telah diproduksi oleh creator.

Jika Anda memiliki hobi atau keahlian tertentu, dan gemar berkerasi, menjadi creator adalah pilihan yang tepat untuk memulai bisnis online Anda. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membuat produk sendiri, salah satunya adalah proses mencari ide yang menyenangkan dan membuat kreativitas Anda terpacu. Masih banyak keuntungan lainnya, yuk simak di bawah ini!

Bisa mengontrol kualitas produk

Keuntungan terbesar dengan menjadi creator adalah kebebasan untuk mengontrol proses pembuatan dan kualitas produk. Semua kendali yang berkaitan dengan produksi ada di tangan Anda. Produk Anda juga tidak harus selalu mengikuti tren karena Anda memiliki keleluasaan untuk menciptakan sesuatu yang unik. Hal ini bisa menjadi nilai tambah karena produk Anda tidak dimiliki oleh toko-toko online lainnya.

Kunci utamanya adalah pandai melihat peluang, menganalisis kebutuhan pasar, lalu mewujudkan solusinya melalui produk kreasi Anda.

Keunikan produk Anda adalah kunci sukses

Jika Anda berbisnis dengan menjual produk kreasi sendiri, produk Anda akan memiliki poin lebih pada unique selling point (UPS). UPS adalah aspek yang memedakan produk Anda dari merek pesaing yang mendorong calon customer untuk memilih produk Anda. Anda tidak perlu bersaing dalam harga karena keunikan produk Anda akan jadi nilai tambah yang tidak dimiliki pesaing.

Meskipun persaingan pasar tidak bisa sepenuhnya dihindari, tetapi orang-orang akan tetap membeli produk Anda karena keunikan dan originalitasnya. Inilah salah satu keuntungan menjadi creator, Anda menjadi diri sendiri dan akan selalu ada orang di luar sana yang mengapresiasi dan membeli kreasi Anda.

Customer yang lebih setia

Dengan keunikan produk yang Anda milki, Anda bisa medapatkan banyak customer setia. Komunikasi dengan customer harus selalu dijaga dengan baik. Anda harus mendengarkan pendapat dari customer dan menggunakannya sebagai fondasi untuk meningkatkan kualitas produk yang Anda tawarkan. Yang lebih penting lagi, ada baiknya Anda meminta saran dan ulasan dari para customer. Ulasan dari customer sangatlah berharga karena mereka adalah orang-orang yang mengapresiasi kreasi Anda, jadi mereka paham benar apa yang mereka katakan soal produk Anda.

Jadi, jika Anda adalah orang yang gemar berkreasi dan bisa berjualan dengan karya Anda, menjalankan bisnis sebagai creator adalah jalan yang tepat. Jika Anda merasa kurang percaya diri dengan keahlian berkeasi Anda, jangan khawatir! Anda tetap dapat menjalankan bisnis online dengan menjadi reseller.

Sudah mulai jualan? Kalau belum, yuk coba sekarang! 🙂


Dapatkan tips strategi berjualan langsung dikirim ke inbox Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *