Bisnis Online Anda Gagal? Cari Tahu Alasannya di Sini!

Sering mendengar banyak orang yang gagal dalam bisnis online? Jangan sampai hal ini membuat Anda gentar untuk memulai! Memang banyak yang mengalami kegagalan, tetapi hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Yuk, simak alasan di balik kegagalan tersebut dan strategi untuk mencegahnya!

Minimnya pengetahuan soal bisnis

Minimnya pengetahuan dasar bisnis seperti istilah umum atau cara bisnis beroperasi dapat membuat bisnis Anda gagal. Misalnya, Anda sudah memiliki bisnis online dan mendapatkan keuntungan cukup besar, tetapi Anda tidak tahu berapa biaya operasional yang dikeluarkan. Hal ini bisa menjadikan bisnis Anda gagal di masa mendatang karena Anda akan kesulitan menentukan rencana bisnis untuk jangka panjang.

Menjalankan bisnis pada praktiknya tidak sesederhana mengurangkan pengeluaran dari keuntungan Anda. Oleh karena itu, sebelumnya Anda harus mempelajari platform bisnis online yang akan Anda gunakan. Misalnya marketplace, website pribadi, dan sebagainya. Pastikan Anda mempelajarinya dengan cermat dan paham betul tentang cara menjalankannya. Anda dapat mencari kursus atau seminar bisnis online, menonton video tuturial di YouTube, atau mencari bahan bacaan di internet.  Anda juga dapat menyimak cerita sukses dari para pebisnis atau perusahaan terkenal sebagai sumber motivasi dan inspirasi.

Tidak memahami identitas bisnis yang dijalani

Sebelum memulai sebuah bisnis, Anda harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

  • Produk atau jasa apa yang Anda tawarkan?
  • Mengapa produk atau jasa tersebut dibutuhkan?
  • Siapa yang akan menjadi customer Anda?
  • Apakah bisnis ini akan menguntungkan customer Anda?
  • Apakah tujuan jangka panjang bisnis Anda?

Jika ada salah satu dari pertanyaan di atas yang Anda ragu akan jawabannya, pelajari kembali secara mendalam tentang bisnis Anda. Misalnya, jika Anda menjual sebuah produk hanya karena sedang tren tapi Anda tidak benar-benar memahami produknya, Anda akan mendapat masalah di kemudian hari ketika produk tersebut sudah tidak tren. Lantas, bagaimana cara Anda melanjutkan bisnis tersebut jika produknya sudah tidak memiliki peminat?

Lain ceritanya jika Anda paham jelas produk Anda jual. Misalnya, Anda menjual perhiasan custom, dan tahu bahwa calon customer Anda adalah wanita dewasa, Anda akan dapat melihat dengan jelas ke mana arahnya bisnis Anda akan berjalan.

Tidak memiliki business goal

Banyak bisnis online gagal karena pelakunya tidak memiliki tujuan atau harapan yang jelas. Mengasilkan uang atau mendapatkan keuntungan adalah business goal yang sangat umum. Idealnya, Anda harus lebih spesifik menentukan goal.

Contohnya:

  • Mendapatkan keuntungan sebesar 30% setiap bulan
  • Menjual habis produk tertentu

Anda harus selalu membuat goal baru setelah goal sebelumnya tercapai untuk selalu tetap mengerti tujuan bisnis Anda.

Tidak memiliki media sosial

Saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial. Oleh karena itu, bisnis Anda pun harus aktif di media sosial. Media sosial dapat berfungsi sebagai sarana interaksi dan komunikasi dengan calon customer dan sekaligus untuk mendatangkan customer baru. Dan, jangan lupa, keeksisan bisnis Anda di media sosial juga dapat memperkuat branding, lho!

Baca juga: Strategi Branding di Instagram untuk Online Sellers

Sekarang Anda sudah paham apa yang bisa menjadi sumber kegagalan bisnis online. Jadi, jangan takut memulai! Yuk, ikuti langkah-langkah di atas dan jalankan bisnismu sekarang!

Dapatkan tips strategi berjualan langsung dikirim ke inbox Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *