Cara Mendatangkan Customer Baru ke Toko Online Anda

Sebagai seorang penjual, Anda pasti tahu bahwa pembeli adalah penentu kelangsungan bisnis Anda. Seiring waktu berjalan, Anda membutuhkan peningkatan jumlah customer baru agar bisnis Anda dapat berkembang lebih besar lagi. Namun, bagaimana cara mendatangkan customer baru ke toko online Anda? Yuk, simak lima cara di bawah ini!

1. Ketahui target customer Anda

Mendapatkan customer baru lebih mudah jika Anda tahu target customer dari toko online Anda. Jika Anda sudah tahu target customer, fokuskan branding toko Anda sesuai kelompok target tersebut. Misalnya, jika toko Anda menjual kosmetik, maka target customer Anda adalah wanita. Untuk lebih mempersempit target Anda, tentukanlah usia target customer Anda. Misalnya untuk usia 18-25 tahun dan sebagainya.

Baca juga: Strategi Branding di Instagram untuk Online Sellers

2. Temukan di mana customer Anda berada

Temukan tempat di mana customer Anda mengabiskan sebagian besar waktu  mereka. Apakah mereka aktif di media sosial, email, atau media konvensional seperti surat kabar atau televisi?

Misalnya, jika target customer Anda adalah remaja, maka kemungkinan besar kebanyakan dari mereka aktif di media sosial, contohnya Instagram dan Facebook. Selanjutnya, Anda bisa mulai memasarkan produk Anda di media sosial, seperti melakukan endorsement atau memasang iklan online berbayar.

3. Pahami bisnis Anda

Untuk memahami bisnis Anda, Anda harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, para calon customer akan lebih memiliki kepercayaan terhadap toko dan kemudian akan tertarik melakukan pembelian.

4. Follow up

Jangan pernah lupa untuk mem-follow up atau menindaklanjuti saran, pertanyaan, atau komplain dari customer Anda. Misalnya, apakah pengiriman dan penanganan pesanan sudah maksimal, atau apakah customer sudah puas dengan pelayanan toko online Anda. Anda juga harus mempertimbangkan ulasan customer untuk dijadikan patokan ketika ingin memperbaiki layanan Anda.

Cara cepat untuk menarik customer baru ialah dengan mengadakan promo. Tidak ada yang tidak suka promo. Dengan adanya promo, calon customer akan tertarik untuk melakukan pembelian walaupun itu pertama kalinya ia membeli di toko online Anda.

5. Adakan promo

Yuk, coba terapkan langkah-langkah di atas! Jika caranya sudah tepat, pasti akan banyak customer baru berdatangan! Tinggalkan komentar di bawah jika Anda memiliki pertanyaan 🙂


Dapatkan tips strategi berjualan langsung dikirim ke inbox Anda.

Sebarkan artikel:
0Shares
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *