tips agar penjualan naik drastis untuk para pemilik toko online

Tips Mudah Agar Penjualan Naik Drastis

Siapa yang tidak tertarik dengan bisnis online? Siapa saja bisa langsung memulainya asalkan memiliki perangkat dan koneksi internet. Namun, pada kenyataannya tidak sesederhana itu. Untuk sukses di dunia bisnis online, diperlukan juga konsistensi dan strategi yang tepat agar eksistensi bisnis Anda tetap terjaga.

Di artikel kali ini kami akan mengulas tips untuk meningkatkan penjualan di toko online Anda. Yuk, disimak!

Pahami dan tentukan target pasar yang sesuai

Berbeda dengan konsep berjualan secara offline—di mana Anda biasanya menawarkan produk ke setiap orang yang mampir ke toko Anda—dalam bisnis online, Anda dapat menentukan target pasar Anda di berbagai tempat sekaligus.

Ada beberapa faktor penentu target pasar, mulai dari jenis produk, harga jual, hingga fase di mana Anda menentukan promosi atau iklan yang akan ditujukan kepada target pasar yang sesuai dengan bisnis Anda.

Sebagai contoh, jika Anda melihat adanya kenaikan minat terhadap produk sepatu di media sosial, maka Anda bisa mulai dengan mencari produk sepatu dengan harga yang bersaing. Kemudian, tentukan target pasar yang sesuai dengan produk Anda dan pilih tipe iklan dan promosi yang sesuai dengan pangsa pasar Anda

Miliki website menarik yang mudah diakses oleh customer

Seiring dengan semakin banyaknya model perangkat yang digunakan oleh customer—mulai dari smartphone, tablet, laptop, dan sebagainya—Anda harus memiliki website yang fleksibel dan dapat menyesuaikan dengan semua perangkat. Dengan begitu, customer bisa dengan mudah melihat dan berinteraksi dengan produk Anda sehingga kesempatan untuk mendapatkan pesanan dari berbagai kalangan pun secara otomatis meningkat

Selain akses yang mudah, tampilan dari sebuah website juga menjadi salah satu modal penting untuk mendapatkan angka penjualan yang konsisten. Buatlah website yang menarik dan sesuaikanlah dengan identitas brand Anda. Sertakan informasi lengkap perihal produk yang Anda jual.

Gunakan domain pribadi untuk semakin menonjolkan identitas website toko online Anda di mesin pencari. Anda juga perlu memastikan agar pelanggan dapat mudah mengingat logo, brand, atau nama dari toko online Anda. Kombinasi dari ketiga poin ini akan membuat pelanggan merasaka bahwa toko Anda mudah dioperasikan, menarik, dan tepercaya

Promosikan toko di media sosial

Ada lagi hal penting yang harus diperhatikan, yaitu aktivitas beriklan, berpromosi, dan berkomunikasi secara maksimal di media sosial. Saat ini banyak pengguna dari media sosial yang memanfaatkan media sosial bukan hanya untuk ajang mengekspresikan diri, tetapi juga untuk mencari produk-produk yang mereka inginkan. Inilah saatnya bagi Anda penjual online untuk membuat akun media sosial khusus untuk toko Anda. Dengan aktif di media sosial, Anda bisa membangun relasi yang lebih baik dengan customer sehingga secara otomatis rasa kepercayaan customer terhadap toko Anda pun jadi lebih kuat.

Respons cepat dalam menanggapi customer

Ini merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh semua pebisnis online. Respons cepat merupakan salah satu penentu apakah calon customer menyelesaikan transaksi di toko Anda atau di toko lain. Tidak jarang sebuah toko online menyediakan admin yang berjaga untuk melayani customer agar respons cepat yang diharapkan ini bisa tercapai. Nah, biasanya seorang admin memiliki batasan jam kerja sehingga toko Anda tidak dapat beroperasi selama 24 jam.

Chat yang bertumpuk di hari berikutnya juga merupakan kendala yang tidak dapat dihindari bagi seorang admin. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut TokoTalk menyediakan solusi untuk hal ini berupa website yang dapat merespons pelanggan selama 24 jam sehingga Anda dan admin akan sangat terbantu. Tidak akan lagi ada chat yang bertumpuk keesokan harinya!

Itulah beberapa tips yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan. Ingatlah, memiliki website dan platform yang tepat sangat berpengaruh terhadap penjualan Anda! Jangan sampai ujung-ujungnya Anda merugi karena sudah menghamburkan uang untuk beriklan dan berpromosi di media sosial, tapi di sisi lain Anda masih belum memiliki sarana yang tepat untuk menunjang strategi berjualan.

Tapi, jangan khawatir! TokoTalk hadir sebagai solusi dari masalah Anda. Ayo, konversikan semua chat yang masuk menjadi orderan!

Tinggalkan komentar di bawah jika Anda memiliki pertanyaan. Selamat berjualan! 🙂

Dapatkan tips strategi berjualan langsung dikirim ke inbox Anda.

Sebarkan artikel:
0Shares
14 replies
  1. Alley
    Alley says:

    Menarik sekali..
    Mohon bimbingan nya dong..
    Saya minat sekali..,saya marketing dr DAIHATSU, Apakah Brand saya bisa di pasang d tokotalk?

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *