Keuntungan Menggunakan Akun Bisnis di Instagram

Saat ini media sosial digunakan bukan sekadar untuk mem-posting foto atau video saja. Media sosial juga kerap digunakan sebagai sarana untuk berbisnis. Salahnya satu yang paling populer adalah Instagram.

Berdasarkan riset yang dilakukan Instagram dan firma konsultan bisnis Ipsos, 81 persen pengguna Instagram di Indonesia menggunakan Instagram untuk mencari informasi ketika tertarik pada sebuah produk atau brand. Ditambah lagi, Indonesia berada di peringkat keempat dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak di dunia. Dua hal ini saja seharusnya cukup menjadi alasan bagi Anda untuk mulai menggunakan Instagram untuk berbisnis.

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya, bagaimana cara memanfaatkan Instagram untuk mendukung bisnis Anda. Jangan bingung! Yuk, simak paparan di bawah ini!

Pelajari cara sukses menggunakan Instagram Bisnis

Buat akun Anda di Instagram menjadi akun Bisnis untuk mendapatkan insights tentang post dan pengikut Anda.

Dengan Instagram Bisnis, Anda dapat:

  • Memperoleh metrik realtime tentang kinerja post Anda yang dipromosikan sepanjang hari.
  • Memperoleh insights tentang pengikut Anda dan bagaimana mereka berinteraksi dengan post Anda.
  • Menambahkan informasi tentang bisnis Anda, seperti jam kerja, lokasi, dan nomor telepon.
  • Melakukan konversi akun Bisnis melalui pengaturan akun aplikasi Anda.

Optimalkan profil Instagram Bisnis

Sama seperti platform media sosial lainnya, Anda harus menyertakan informasi yang spesifik pada profil Instagram Bisnis Anda. Lengkapi profil Anda dengan informasi bisnis yang dibutuhkan oleh konsumen. Anda juga bisa menambahkan call to action berupa tautan yang mengarah pada website bisnis Anda. Hanya ada satu tautan yang disediakan oleh Instagram.

Jika Anda menggunakan TokoTalk, Anda bisa mengisinya dengan tautan website TokoTalk (MiniShop) Anda. Langkah ini praktis karena MiniShop Anda juga bisa terhubung dengan akun marketplace. Jadi, satu link beragam destinasi. Selain itu, Anda dapat melihat jumlah kunjungan setiap tautan tambahan yang Anda taruh di tautan MiniShop Anda. Untuk melihat apakah akun Anda sudah dapat dihubungkan dengan tautan tambahan, Anda bisa cek di sini.

Unggah gambar yang menarik perhatian audiens

Selain mengunggah gambar yang informatif, kunci sukses lainnya untuk menarik perhatian audiens adalah dengan memperhatikan desain gambar. Anda bisa memanfaatkan berbagai tools desain online gratis seperti Canva untuk menghasilkan desain yang profesional tanpa perlu menyewa jasa seorang desainer grafis.

Tambahkan #hashtag yang relevan dan populer

Layaknya sebuah mesin pencari, hashtag bisa menjadi sangat berguna untuk menambah jumlah viewers pada post di Instagram Bisnis Anda. Setiap kali Anda mengunggah gambar baru, tambahkan caption yang diikuti dengan hashtag yang populer tetapi tetap relevan dengan gambar.

Update secara berkala

Belum ada rumus pasti perihal berapa kali harus mengunggah post di Instagram Bisnis. Meskipun begitu, berdasarkan survey, Social Buddy menyarankan untuk mem-posting antara satu hingga tiga kali dalam sehari. Brand-brand besar rata-rata posting 1,5 kali sehari. Ini bisa dijadikan contoh untuk dicoba.

Username dan bio

Agar akun Instagram Anda mudah ditemukan, username Anda sebaiknya disamakan dengan username Anda platform media sosial lainnya. Selain username, informasi yang muncul di profil publik Anda adalah website Anda dan bio pendek. Gunakan bio Instagram Anda untuk menjelaskan bisnis Anda secara singkat dan apa yang orang-orang bisa harapkan dari akun Anda.

Anda juga bisa memasukkan beberapa branded hashtag yang pengikut Anda mungkin akan gunakan. Branded hashtag adalah sebuah hashtag yang bisa Anda gunakan untuk aktivitas promosi, peluncuran produk, kontes atau kuis, dan acara. Dengan branded hashtag, orang-orang bisa mencari dan mengikuti hashtag tersebut untuk mengetahui segala tentang bisnis Anda. Salah satu yang berhasil menggunakan branded hashtag adalah South by Southwest, sebuah acara musik, film, dan konferensi tahunan di Texas, Amerika Serikat. Semua pengguna Instagram bisa mengetik #SXSW pada kotak pencarian dan mereka bisa langsung melihat apa saja yang pengguna lain post tentang acara tersebut.

Foto profil Instagram

Foto profil Instagram Bisnis biasanya berupa logo brand atau perusahaan. Sama halnya dengan username, menggunakan foto profil yang sama di semua akun media sosial Anda akan membantu orang-orang mengenali brand Anda.

Foto profil Instagram memiliki format bulat, sehingga pastikan terlebih dulu bahwa gambar Anda terlihat baik di format itu. Instagram menyarankan ukuran diameter 110 piksel untuk gambar Anda. Namun, untuk berjaga-jaga agar gambar tidak pecah, sebaiknya Anda menggunakan gambar yang lebih besar karena gambar tersebut juga akan membesar jika dibuka di desktop.

Ikuti akun Instagram lainnya

Sebagai permulaan dalam berbisnis di Instagram, Anda dapat mengikuti akun Instagram lainnya terlebih dulu. Anda bisa mengikuti akun bisnis lain yang berkaitan dan relevan dengan bisnis Anda atau mencari influencers yang berpengaruh di industri bisnis Anda.

Demografis Instagram sangat luas, jadi pastikan Anda tahu audiens seperti apa yang ingin Anda targetkan. Anda bisa memanfaatkan hashtag di industri Anda untuk memperkuat keeksisan Anda di Instagram. Anda juga bisa meninggalkan komentar di foto-foto akun lain dan mengikuti orang-orang yang berpartisipasi dalam percakapan di berbagai akun. Ini merupakan salah satu langkah yang bisa membantu Anda mengembangkan pengikut Instagram Anda dengan cepat. Namun, lakukan hal-hal ini sesuai porsinya, jangan berlebihan karena Anda akan dianggap spamming.

Yuk, coba ikuti panduan kami di atas untuk memaksimalkan bisnis online Anda di Instagram. Tinggalkan komentar di bawah jika Anda memiliki pertanyaan. Semoga artikel ini membantu!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *