Mulai Jualan Online dengan Modal Minim

Dari tahun ke tahun, jual-beli online terus mengalami peningkatan dan perkembangan pesat. Apa pun kini bisa dipasarkan secara online, baik melalui website, platform marketplace, maupun media sosial.

Berdasarkan laporan yang dirilis Google-Temasek pada 2018, Indonesia memiliki perkembangan e-commerce tercepat di Asia Tenggara dan diprediksi akan terus meningkat. Menurut laporan tersebut, ada perputaran uang sebesar US$27 miliar dari aktivitas ekonomi digital di negara ini sepanjang 2018. Pada 2020 mendatang, Kementerian Perdagangan memperkirakan transaksi e-commerce di Indonesia mencapai US$40 miliar (Rp596 triliun).

Angka tersebut merupakan lompatan yang sangat tinggi. Selain karena didukung oleh geografis pasar yang begitu luas, penduduk Indonesia juga perlahan menjadikan internet sebagai penopang aktivitas sehari-hari mereka. Mulai dari transportasi hingga aktivitas belanja.

Siapa pun dapat melakukan dan mengembangkan usahanya melalui berjualan online. Selain lebih praktis, juga bisa dilakukan dari mana pun dan kapan pun tanpa batasan waktu dan tempat. Berjualan online cocok dijadikan sebagai sekadar usaha sampingan maupun untuk ditekuni secara serius. Asalkan dikelola dengan baik serta fokus pada tujuan, pasti tidak sulit untuk meraup keuntungan.

Masih bingung bagaimana caranya memulai bisnis online yang bisa mendatangkan profit? Ikuti langkah-langkah berikut!

Fokus pada satu kategori

Sebelum mulai berjualan online, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan produk yang akan dijual. Untuk mempermudah, lakukan riset kecil-kecilan tentang jenis produk populer dan disukai banyak orang. Setelah itu, pilih satu jenis produk yang ingin Anda kembangkan, misalnya produk pakaian wanita dengan target pasar berusia 17-35 tahun.

Gali potensi target pasar tersebut secara maksimal. Cari tahu apa saja kebutuhan mereka yang masih berkaitan dengan fesyen. Lalu, masukkan semua produk tersebut ke dalam katalog toko online Anda. Usahakan untuk fokus pada satu kategori  sampai Anda dapat menjangkau pasaran yang lebih luas dan memperoleh customer tetap.

Pilih supplier dengan cermat

Ketika Anda sudah menentukan produk yang ingin dijual, saatnya mulai memilih dan mencari supplier. Supplier adalah pemasok berupa barang maupun jasa dalam skala besar, baik secara individual, maupun melalui PT atau perusahaan yang secara berkesinambungan menjual barang dengan harga grosir.

Dalam berjualan online, ada dua pilihan untuk mendapatkan suplai, yaitu dengan sistem reselling dan dropshipping.

  • Reselling. Jika Anda memilih sistem reselling, biasanya Anda harus menyiapkan modal terlebih dulu untuk menyediakan produk jualan. Semakin besar toko online Anda, dan dengan varian produk yang banyak pula, akan lebih besar modal yang diperlukan. Namun, Anda dapat menjual produk secara langsung ke customer dengan harga yang Anda sesuaikan.
  • Dropshipping. Berbeda dengan reselling, sistem dropshipping hampir tidak memerlukan modal. Mengapa? Sebab semua produk yang Anda sajikan di katalog toko online Anda akan disiapkan dan dikirim ke customer oleh supplier. Dengan kata lain, Anda hanya bertindak sebagai tenaga pemasar. Ketika ada customer yang berminat, supplier akan mengirimkan produk tersebut ke customer atas nama Anda. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang sebelumnya telah disepakati bersama.

Mulai lakukan promosi

Salah satu cara memulai bisnis online dengan mudah adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk ajang promosi dan menjangkau target konsumen yang sesuai. Ada berbagai media sosial yang cocok dijadikan sarana promosi, di antaranya Instagram, Facebook, Twitter, dan WhatsApp.

Lakukan branding pada toko online Anda dengan maksimal agar tercipta kepercayaan dari calon customer. Brand awareness yang bagus, didukung dengan promosi yang sesuai target akan membuat calon customer penasaran, dan akhirnya mulai mencari tahu, kemudian tertarik membeli produk Anda tawarkan.

Jangan takut berinovasi

Saat bisnis online yang Anda jalankan mulai berkembang dan toko online Anda semakin mendapatkan banyak pesanan, pertimbangkan untuk mulai berinovasi dan melakukan pengembangan yang lebih jitu lagi.

Coba buat website untuk toko online Anda dengan menggunakan domain pribadi dan tampilan yang profesional agar kepercayaan calon customer semakin kuat. Jangan lupa pula untuk menyediakan fitur-fitur penting agar memudahkan customer dalam berbelanja. Contohnya adalah menyediakan fitur otomatis untuk menerima pesanan customer.

TokoTalk memiliki chatbot pintar yang siap menggantikan Anda melayani customer 24 jam penuh. Mulai dari menerima pesanan, melihat stok produk, pemilihan metode pembayaran dan pengiriman, penghitungan total pembayaran plus ongkos kirim, serta pengiriman notifikasi ke customer Anda. Selain itu, TokoTalk menyediakan website berikut domain pribadi untuk toko Anda. Toko Anda jadi lebih mudah diingat dan terkenang di benak customer, serta terasa lebih terpercaya. Tampilan website yang bisa dipersonalisasi juga menambah kekuatan website Anda.

Siapa pun Anda, pemula atau pemain lama di dunia jualan online, untuk dapat bersaing Anda harus terus meningkatkan kreativitas dan inovasi. Bagaimana, apakah Anda sudah siap?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *