Menjangkau Calon Customer dengan Facebook Pixel

Facebook menawarkan fitur beriklan yang menakjubkan kepada para pemilik website dari segala bentuk dan ukuran. Jika Anda ingin memaksimalkan iklan di Facebook untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan peningkatan penjualan Anda, maka Anda harus menambahkan Facebook Pixel ke MiniShop Anda.

Apa itu Facebook Pixel?

Facebook Pixel adalah kode script yang berguna untuk merekam aktivitas pengunjung pada suatu website. Dari pelacakan tersebut nantinya akan tercipta data yang bisa dimanfaatkan untuk beriklan sehingga dapat memaksimalkan konversi dan mendorong lebih banyak penjualan.

Bagaimana cara kerja Facebook Pixel?

Ketika ada yang mengunjungi website Anda yang sudah ditanami script Facebook pixel, maka segala aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung tersebut akan direkam, misalnya:

  1. Jenis kelamin dan umur pengunjung
  2. Negara dan kota asal pengunjung
  3. Halaman yang dibuka oleh pengunjung
  4. Aktivitas yang dilakukan pengunjung, misalnya “view content” atau “add to cart”
  5. Cara mengakses website, misalnya lewat perangkat mobile atau desktop

Pernahkah Anda berkunjung ke sebuah website kemudian muncul iklan dari website tersebut di newsfeed Facebook Anda? Itu berarti berarti aktivitas kunjungan Anda sudah terekam oleh Facebook Pixel yang tertanam di website tersebut.

Ilustrasinya, Aga pergi ke Web A untuk mencari laptop. Saat Aga membuka Facebook, Aga akan melihat iklan laptop dari Web A. Mereka menarget ulang pengunjung website yang mencari barang tertentu untuk disodori iklan barang tersebut. Inilah yang disebut retargeting, yaitu menarget ulang pengunjung yang sudah mengetahui keberadaan bisnis Anda.

Manfaat menggunakan Facebook Pixel

Ada beberapa cara untuk menggunakan data yang dikumpulkan dari pelacakan Facebook Pixel untuk mendukung strategi periklanan Facebook Anda.

Melacak konversi

Facebook Pixel memungkinkan Anda memantau cara pengunjung berinteraksi dengan website Anda setelah melihat iklan Facebook. Anda bahkan dapat melacak kebiasaan pengguna dalam menggunakan perangkat mereka, misalnya jika seorang pengguna cenderung melihat iklan Anda melalui perangkat mobile tapi beralih ke desktop sebelum melakukan pembelian. Informasi ini dapat membantu Anda memperbaiki strategi iklan dan menghitung ROI Anda.

Pemasaran ulang

Data pelacakan memungkinkan Anda menampilkan iklan bertarget kepada pengunjung website Anda. Anda dapat memilih secara terperinci, misalnya Anda dapat menampilkan iklan kepada pengunjung yang meninggalkan produk di keranjang belanja atau kepada pengunjung yang tidak melakukan tindakan apa pun. Dengan begitu, Anda dapat menjalankan penargetan ulang dari iklan Facebook Anda.

Menjangkau audiens serupa

Facebook Pixel dapat memperluas basis calon customer Anda dengan membantu menemukan customer baru di Facebook. Anda dapat menggunakan data pelacakan tersebut untuk menciptakan audiens serupa dari orang-orang yang menyukai atau memiliki minat serupa dengan customer terbaik Anda.

Menjalankan iklan yang efektif

Menggunakan Facebook Pixel membuat iklan Anda lebih efektif dengan meningkatkan kualitas iklan dan penargetan orang-orang yang melihatnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan data Facebook Pixel untuk memastikan iklan dilihat oleh orang-orang yang paling mungkin melakukan tindakan.

Menggunakan Facebook Pixel di MiniShop

Anda dapat menambahkan Facebook Pixel ke pengaturan MiniShop. Cukup tempatkan nomor ID Facebook Pixel Anda dan klik “aplikasikan”.

Pengaturan Facebook Pixel di MiniShop.

Untuk instruksi lengkap langkah demi langkah mengenai cara membuat Facebook Pixel kunjungi Pusat Bantuan. Tinggalkan komentar di bawah ini jika Anda memiliki pertanyaan. Selamat mencoba!

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *