Cara Mudah dan Keren untuk Mendesain Logo Brand

Kebanyakan orang cenderung lebih mengingat sesuatu secara visual. Oleh karena itu, dengan membuat logo brand untuk bisnis Anda, secara tidak langsung Anda menyisipkan sebuah misi agar orang-orang langsung ngeh akan keberadaan brand Anda.

“Tapi saya tidak tahu cara mendesain logo yang bagus.”

Anda bisa saja menggunakan jasa seorang desainer, tapi pastinya Anda juga tidak ingin merogoh kocek dalam-dalam, kan? Jangan pusing! Artikel kali ini akan membantu Anda membuat logo yang berkualitas tanpa perlu khawatir soal dana yang harus dikeluarkan. Penasaran? Simak pembahasan di bawah ini!

Pentingnya logo untuk brand Anda

Logo mencerminkan wajah bisnis Anda dan merupakan tampilan visual yang mewakili bisnis Anda. Logo bisa juga digunakan untuk mempromosikan brand Anda baik secara online maupun offline. Membuat logo penting karena akan membuat brand Anda menonjol di arena kompetisi pasar.

DesignBuddy menganalisis logo-logo brand top dunia dan menjelaskan kesamaan dari logo tersebut. Ada beberapa poin dari hasil analisis tersebut yang bisa Anda pertimbangkan ketika akan membuat logo:

  • 95% logo brand brand top dunia menggunakan 1 atau 2 warna
  • 93% logo dibuat simpel agar ketika digunakan dalam ukuran kecil pun orang-orang tetap akan mengenalinya

Lakukan tips ini

Ada beberapa aturan desain yang perlu diperhatikan sebelum Anda mulai membuat logo. Berikut ini ada beberapa tips berguna dari Creative Bloq:

  • Sebuah logo harus simpel. Desain logo yang simpel akan lebih mudah dikenali dan bisa lebih serbaguna. Logo yang efektif mengandung elemen yang unik tanpa terlihat berlebihan.
  • Sebuah logo harus mudah diingat. Ketika sebuah logo itu simpel, ini akan membantu orang untuk lebih  mudah mengingatnya.
  • Sebuah logo harus tahan lama. Logo yang efektif biasanya akan bertahan ketika diuji oleh waktu. Entah itu sepuluh atau dua puluh tahun ke depan, logo itu tetap ada dan diingat.
  • Sebuah logo harus serbaguna. Harus bisa dipakai dan bekerja di berbagai media dan penggunaan. Fleksibilitasnya untuk digunakan pada kegiatan apapun akan membuat logo mudah populer.
  • Sebuah logo harus sesuai. Cara Anda memposisikan logo harus sesuai dengan tujuannya.

Jangan lakukan hal-hal ini

Untuk membuat sebuah logo yang bagus, Anda juga perlu menghindari kesalahan umum yang sering terjadi ketika mendesain logo:

Tools online untuk membuat logo yang bisa Anda gunakan

Setelah tahu hal-hal dasar dari pembuatan logo, sudah pasti Anda ingin tahu tools apa saja yang bisa Anda gunakan untuk mendesain logo yang mudah digunakan. Berikut kami adalah rekomendasi dari kami:

1. Canva

Canva merupakan tools gratis untuk Anda yang ingin mengeksplorasi lebih jauh dalam pembuatan logo Anda. Anda unjuk kreativitas dengan bantuan dari berbagai jenis font, ikon, dan bentuk. Anda akan mendapatkan logo dengan kualitas tinggi dalam format PNG, jadi bisa digunakan di mana saja.

2. GraphicSprings

GraphicSprings menyediakan memiliki tools editing yang sangat lengkap. Selain itu, salah satu fitur yang mereka miliki adalah kemampuan untuk membagi tipe logo tergantung pada bisnis Anda. Yang menarik adalah Anda bisa menyewa jasa salah satu orang dari tim mereka untuk menciptakan logo untuk Anda jika Anda tidak merasa puas dengan logo creator mereka. GraphicSprings gratis untuk digunakan, tapi Anda perlu mengeluarkan dana sekitar US$19,99 untuk menyimpan file desainnya.

3. Logaster

Meskipun Logaster tidak terlalu up-to-date seperti tools lainnya, tapi masih banyak logo yang tersedia di generator mereka. Anda bisa menemukan ratusan logo dan semuanya bisa Anda sesuaikan, mulai dari nama, slogan, sampai jenis usaha. Anda bisa mengunduh logo yang beresolusi rendah secara gratis, sedangkan untuk yang beresolusi tinggi dikenakan biaya sekitar US$9,99.

4. Logojoy

Proses pembuatan logo dengan Logojoy sangat mudah. Anda akan diberikan beberapa pertanyaan dan secara otomatis, hasil desainnya akan muncul berdasarkan jawaban Anda. Jika Anda tidak suka dengan hasil logo yang disarankan, Anda tinggal minta lebih banyak opsi logo untuk dipilih.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah logo brand, kesalahan yang perlu dihindari, dan tools yang bisa digunakan untuk membuat logo secara online. Ayo, praktikkan tips dan informasi yang baru Anda simak! Semoga bermanfaat dan tinggalkan komentar di bawah ini jika Anda memiliki pertanyaan!

Sebarkan artikel:
0Shares
5 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *