Langkah Memaksimalkan Penjualan dengan SEO

Sebanyak 40% customer yang berbelanja online selalu memulai proses pembelian dengan mencari produk menggunakan mesin pencari. Tentu saja agar MiniShop Anda muncul di halaman hasil pencarian, Search Engine Optimization (SEO) harus menjadi salah satu prioritas dalam menyusun MiniShop.

Selain untuk menambah traffic MiniShop, menerapkan SEO akan membantu meningkatkan penjualan dan mengubah pengunjung pasif menjadi customer. TokoTalk menyediakan fitur SEO dengan beberapa aspek yang dapat dikustomisasi, yaitu penambahan favicon, judul website, deskripsi meta, dan keywords.

Tampilan pengaturan SEO di MiniShop.

Bagi Anda yang ingin mempelajari langkah-langkah SEO untuk MiniShop, berikut adalah panduan yang sudah kami susun bagi Anda semua.

Favicon

Favicon, kependekan dari favorite icon, adalah gambar ikon website yang berfungsi sebagai identitas visual sebuah website. Favicon biasanya muncul di tab dan bookmark browser.  

Favicon TokoTalk yang tampil di browser

Jika Anda sedang membuka situs TokoTalk, coba perhatikan tab browser Anda. Lihat di pojok kiri dan Anda akan menemukan logo TokoTalk di sana.

Fungsi utama favicon adalah sebagai penanda unik dan sebagai lambang visual dari laman sebuah website. Contohnya, ketika pengunjung melihat logo huruf F dengan warna latar biru, tanpa membaca lebih lanjut, mereka akan mengenali bahwa mereka sedang membuka laman media sosial Facebook.

Favicon yang bagus dapat langsung dikenali oleh pengunjung  yang melihatnya, bahkan sebelum laman website tersebut terbuka atau tampak namanya.

Lalu, apakah kegunaan favicon untuk MiniShop Anda? Jawabannya adalah untuk memudahkan customer mengingat MiniShop Anda. Dengan adanya favicon, MiniShop Anda akan lebih mudah untuk menonjol di antara website lain sehingga lebih mudah ditemukan oleh customer.

Untuk membuat favicon yang bagus dan sesuai, ada beberapa standar yang harus dipenuhi. Anda harus menggunakan gambar persegi dengan rasio 16×16 piksel agar favicon bisa tampil maksimal di browser internet. Selain itu, Anda perlu mengubah format file gambar menjadi .ico agar bisa terbaca oleh browser. Bagaimana caranya? Anda tidak perlu khawatir karena banyak platform online yang bisa membantu Anda. Terdapat banyak favicon generator yang dapat membantu Anda untuk mengubah gambar Anda menjadi persegi dan memiliki format .ico, misalnya GenFavicon, Favicon-Generator, atau RealFaviconGenerator.

Anda hanya perlu mengunggah gambar yang akan dijadikan favicon dan favicon generator akan menyesuaikannya dengan ukuran dan format ideal favicon.

Judul Website

Judul website adalah baris teks yang biasanya ditampilkan di bagian title bar jendela browser dan juga sebagai judul utama saat website muncul di mesin pencarian.

Tampilan judul website di title bar jendela browser.
Tampilan judul website di halaman hasil pencarian.

Dengan adanya judul website, pengunjung bisa mengetahui garis besar dari informasi produk  yang disajikan. Anda dapat menggunakan ruang ini untuk menyebutkan produk Anda secara singkat. Dalam SEO, judul website memainkan peranan yang sangat penting karena ia merupakan faktor dasar mesin pencari untuk mengukur relevansi dari keyword yang dicari oleh pengguna.

Contoh judul website yang baik:

  • HappyFresh.id | HappyFresh® Online Grocery | 1 Hour Grocery Delivery‎
  • OVO – Nikmati Gampangnya Membayar Perjalanan Grab Anda | Grab ID
  • Traveloka – Solusi Traveling | Harga Jujur, Pilihan Lengkap‎

Yang harus Anda lakukan:

  • Sertakan nama brand atau bisnis Anda.
  • Buat judul website tidak lebih dari 70 karakter agar tidak terpotong di halaman hasil pencarian.
  • Cantumkan 1-2 produk yang ingin Anda tonjolkan.
  • Jaga judul website agar tetap pendek dan fokus.

Jangan pernah lakukan:

  • Mencantumkan semua produk dan layanan Anda
  • Spam keywords
  • Mencantumkan keywords populer yang tidak relevan

Cobalah untuk membuat beberapa variasi judul website untuk MiniShop Anda. Dimulai dari keywords yang sesuai. Baca lagi satu per satu kemudian pilih yang paling cocok. Lebih baik mengeditnya di kemudian hari daripada tidak menggunakan judul website sama sekali.

Keywords

Menggunakan SEO tanpa mengetahui keyword yang dibidik sama saja dengan mengemudi tanpa tahu tujuan. Oleh karena itu, tidak salah jika penentuan keyword dianggap hal paling utama dalam SEO.

Keyword adalah suatu susunan kata yang sering diketikkan pengguna saat melakukan pencarian data atau informasi yang mereka butuhkan di internet. Kata-kata inilah yang disimpan dan digunakan oleh mesin pencari untuk menganalisis kebutuhan pengguna internet. Jadi, keyword juga bisa diartikan juga sebagai kata-kata umum yang dipikirkan pengguna internet saat mereka membutuhkan sesuatu.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan keyword yang cocok dan baik untuk MiniShop Anda?

Hindari keyword dengan satu kata

Misalnya saja, sebuah MiniShop yang menjual alat elektronik menggunakan kata “elektronik”. Kata “elektronik” memiliki indeks berjumlah jutaan pada mesin pencari sehingga membuat MiniShop ini harus bersaing dengan sekian banyak website lainnya. Terlebih lagi, bisa saja pengguna yang menggunakan keyword ini merupakan seseorang yang sedang mencari informasi pabrik elektronik atau sedang mencari pengetahuan tentang elektronik untuk sebuah penelitian, bukan ingin membeli barang elektronik.

Pilih keyword yang agak panjang

Masih menggunakan MiniShop yang menjual barang elektronik sebagai contohnya. Jika saja MiniShop ini menggunakan “toko elektronik” sebagai keyword-nya, ada kemungkinan jumlah pesaingnya akan lebih sedikit di hasil pencarian. Apalagi jika dilengkapi dengan penambahan kata lain, misalnya lokasi MiniShop. Keyword-nya akan berupa “toko elektronik Jakarta”. Dengan menambahkan kata “Jakarta” pada keyword tersebut, berarti pengguna internet telah melakukan filter yang lebih spesifik dan memungkinkan pesaing MiniShop jadi ini lebih sedikit lagi di mesin pencari.

Sematkan pada judul website

Sisipkan keyword pada judul website. Namun, dengan syarat bahwa keyword tersebut harus relevan dengan MiniShop Anda. Buatlah judul website seunik mungkin agar tidak dianggap sebagai duplikat konten oleh mesin pencari.

Manfaatkan tools

Manfaatkanlah tools periset keyword untuk mendapatkan keyword. Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk meriset keyword, yaitu seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, dan masih banyak lagi.

Deskripsi Meta

Deskripsi meta adalah paragraf pendek teks yang ditempatkan di bawah judul website yang berfungsi untuk memberikan deskripsi mengenai website Anda. Deskripsi meta adalah bagian terpenting dari SEO yang akan meningkatkan traffic website Anda. Pada halaman hasil mesin pencari, setiap hasil terdiri dari setidaknya tiga bagian utama:

Tampilan deskripsi meta pada website tiket.com di halaman hasil pencarian.
  • Judul website
  • Alamat website (teks hijau)
  • Satu atau dua baris teks yang menggambarkan apa yang ada di halaman website (deskripsi meta)

Kegunaan deskripsi meta untuk MiniShop Anda adalah agar seseorang yang menemukan website Anda di mesin pencarian tertarik untuk mengkliknya. Berikut adalah beberapa aturan untuk menulis deskripsi meta yang dapat menunjang SEO:

Singkat dan padat

Jumlah maksimum karakter yang bisa Anda gunakan adalah 160, atau bagian dari deskripsi Anda pasti akan terpotong. Pertimbangkan pesan terpenting yang harus Anda sampaikan agar orang mengklik ke halaman.

Berisi keyword yang difokuskan

Cantumkan keyword yang dituju karena mesin pencari akan mencocokkan teks dalam deskripsi meta, kemudian menyorotnya dalam bentuk huruf tebal di hasil pencarian sehingga tautan Anda akan muncul di halaman pertama atau bahkan teratas.

Berisi ajakan mengunjungi website

Rangkailah deskripsi meta dengan kalimat ajakan untuk membuat pengunjung tertarik mengklik website Anda. Buatlah dengan isi yang membuat penasaran sehingga pembaca akan merasa rugi jika tidak mengklik website Anda.

Mewakili website secara akurat

Mendapatkan klik karena Anda melebih-lebihkan atau salah mengartikan apa yang ada di laman tetap tidak akan berhasil. Anda justru akan berisiko kehilangan kepercayaan pengunjung dan kemungkinan akan memperoleh tingkat SEO yang buruk. Jadi, pastikan bahwa laman website Anda dapat memenuhi klaim apa pun yang Anda buat dalam deskripsi meta.

Terapkanlah panduan di atas, kemudian lihat perbedaannya pada tingkat penjualan sebelum dan sesudah menggunakan SEO. Tinggalkan komentar jika Anda memiliki pertanyaan!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *