Pentingnya Domain Pribadi di Dunia Online Selling

Ketika memulai sebuah bisnis, memilih nama domain untuk toko Anda mungkin menjadi salah satu fase yang menantang. Memilih nama yang singkat, mudah diingat, dan masih senada dengan bisnis Anda itu sulit, apalagi mengingat bahwa sebagian besar nama domain sudah terdaftar oleh bisnis lain.

Penyedia servis domain Verisign, melaporkan sampai akhir 2017 terdapat 330,6 juta nama domain yang sudah terdaftar. Dengan pilihan nama yang semakin sedikit ini, artinya Anda memiliki banyak sekali saingan untuk mendapatkan domain impian Anda.

Ada beberapa elemen kunci untuk membantu Anda menentukan domain yang sempurna untuk toko Anda:

TLD yang tepat untuk Anda

Salah satu fitur yang terpenting dari nama domain Anda adalah jenis top-level domain (TLD) yang Anda pilih. TLD yang paling populer adalah .com, tetapi mungkin pilihan yang tersedia sudah semakin menipis, Meskipun begitu, pilihan-pilihan TLD baru terus ditambahkan setiap tahunnya. Jadi, pastikan Anda mengawasi update-nya, untuk melihat siapa tahu muncul TLD baru yang cocok untuk bisnis Anda. .shop dan .store misalnya, kedua ini sudah digunakan secara luas.

Meninjau persaingan

Ketika customer mencoba menuju ke website Anda, jangan sampai mereka dengan tidak sengaja malah membuka website kompetitor, begitu juga sebaliknya. Jadi, pastikan Anda tidak menggunakan nama yang mungkin membuat customer bingung karena namanya mirip dengan bisnis lain. Pastikan juga nama domain yang Anda pilih tidak melanggar hak paten bisnis atau perusahaan lain.

Lakukan pencarian Google terhadap nama domain yang Anda inginkan dan lihat apakah Google menampilkan sesuatu yang mirip, atau jika Anda bisnis lain yang namanya sama dengan bisnis Anda. Riset ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengetahui pemilihan domain bisnis-bisnis lain, dan bagaimana mereka membangun discoverability brand mereka.

Sulit menemukan nama domain yang cocok

Jika Anda kesulitan untuk menemukan domain yang tepat untuk bisnis Anda, atau jika nama yang Anda mau sudah terdaftar, atau pun jika Anda tidak bisa memikirkan nama yang kedengaran menjual, cobalah tips-tips di bawah ini:

  • Singkat dan menarik adalah yang utama – cobalah menggunakan 3 kata paling banyak, dan buat nama domain Anda sesingkat mungkin, sebaiknya tidak melebihi 18 karakter.
  • Buatlah nama yang gampang diketik dan mudah diucapkan – Anda tidak mau calon customer Anda salah mengetikkan nama domain Anda.
  • Relevan dengan produk yang Anda tawarkan Hal ini dapat membantu mempermudah proses branding dan pengenalan pada masyarakat.
  • Buat yang enak dibaca – jangan meletakkan dua kata yang mirip bersebelahan

Tips lain untuk mengatasi domain yang sudah terdaftar adalah dengan menggunakan TLD sebagai bagian dari nama domain itu sendiri. Contohnya, bisnis Anda yang bernama Baby Pink Shop mungkin ingin menggunakan babypinkshop.com sebagai domain. Sayangnya, nama tersebut sudah terdaftar oleh orang lain. Solusinya, mengapa tidak memanfaatkan domain TLD .shop dan membeli babypink.shop sebagai gantinya?

Mengapa Website Toko Online Anda perlu menggunakan domain pribadi?

Jawabannya sederhana. Branding. Dengan kata lain, Anda ingin produk diingat oleh orang-orang. Saat ini, nama domain dianggap bagian dari brand Anda. Melalui nama domain tersebut lah customer mengingat brand atau produk Anda. Kerabat mereka akan bertanya di mana mereka membeli sepatu tersebut dan mereka akan menjawab, “Aku membelinya online di yourbrand.com.” Penting untuk memastikan bahwa domain tersebut adalah domain pribadi Anda. Anda tidak mau mempromosikan produk Anda dengan domain yang kedengaran asal-asalan.

Dengan memiliki domain pribadi, penjualan di toko online Anda akan meningkat  karena:

  • Bisnis Anda jadi terlihat lebih profesional. Profesional tidak hanya berarti terlihat bagus, tetapi juga akan menambah kredibilitas, reputasi, dan kepercayaan. Ini contoh yang bagus dari seller kami: fassystore.com
  • Customer jadi lebih mudah kembali ke toko online. Semakin mudah diingat domain Anda, semakin besar kemungkinannya customer kembali berkunjung ke toko online Anda.

Jadi, semakin jelas kan kegunaan domain pribadi untuk toko online Anda? Tunggu apa lagi? Praktikkan langkah-langkah di atas, dan hubungi kami jika Anda punya pertanyaan!

Sebarkan artikel:
0Shares
10 replies
    • Shafira Anjani
      Shafira Anjani says:

      Hai, Kak Yadi! TokoTalk sangat mudah digunakan. Kakak bisa mengakses kami di http://www.tokotalk.com/home serta mengunduh aplikasinya di Google Play atau App Store. Kakak bisa sign up terlebih dulu dengan mencantumkan alamat email beserta password yang sesuai. Setelah itu, Kakak bisa membuat toko (MiniShop) dengan memulai meng-upload foto produk, mengatur metode pembayaran, serta jasa pengiriman barang. Kemudian, untuk mengoptimalkan jangkauan customer, Kakak bisa men-share link toko Kakak di berbagai media sosial milik Kakak (Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Line). Terima kasih.

      Reply
    • Shafira Anjani
      Shafira Anjani says:

      Hai, Kak Anton. TokoTalk merupakan platform berupa mini website yang akan membantu Kakak berjualan online. TokoTalk juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas, seperti akses domain pribadi, SEO, dashboard pintar, dan masih banyak lagi. Untuk memiliki website di TokoTalk, bisa dicoba dengan sign up di http://www.tokotalk.com. Terima kasih.

      Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *