Panduan Menggunakan TokoTalk

Akhirnya Anda membuka MiniShop pertama Anda di TokoTalk! Tentu Anda sudah tidak sabar lagi menerima pesanan dari para customer. Tapi tunggu dulu! Sebelum pesanan mulai berdatangan, Anda harus memastikan bahwa MiniShop Anda telah 100% siap.

Checklist ini berisikan langkah-langkah penting yang harus Anda ambil agar toko Anda siap beroperasi. Ikuti langkah-langkah panduan TokoTalk berikut sebelum MiniShop Anda diluncurkan!

Sebelum memulai

Sebelum menyelesaikan MiniShop, penting untuk memahami fitur-fitur utama di TokoTalk. Hal ini dapat membuat Anda lebih fokus dan mempercepat proses pengaturan MiniShop Anda. Anda juga hendaknya menentukan paket mana yang paling tepat untuk mengakomodasi kegiatan jual-beli Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir! Anda dapat mencoba paket gratis terlebih dulu untuk sekadar mendapatkan gambaran mengenai TokoTalk dan fitur-fiturnya.

Langkah pertama

Sebelum memasukkan produk-produk jualan Anda ke MiniShop, Anda harus memasukan informasi mengenai Anda dan toko Anda. Setelah lengkap dan dirasa tepat, Anda juga dapat memilih domain pribadi agar memudahkan customer menemukan MiniShop Anda.

  • Masuk ke akun TokoTalk melalui aplikasi TokoTalk atau website TokoTalk yang bisa diakses dari browser ponsel dan komputer.
  • Lengkapi alamat untuk penghitungan ongkos kirim otomatis
  • Tambahkan metode pengiriman yang sesuai dan menjangkau area Anda
  • Tambahkan detail rekening (pembayaran dari customer akan masuk ke rekening pribadi Anda)
  • Atur staf MiniShop (jika dibutuhkan)

Selesaikan misi

Pada halaman “Panduan” selesaikan 3 Misi Utama untuk menyiapkan MiniShop. Dengan menyelesaikan misi ini, Anda akan mendapatkan Koin Gratis yang dapat digunakan untuk membeli Paket Premium atau Peralatan Premium

  1. Tambahkan 1 Produk (Dapat 30 Koin Gratis)
    Anda dapat menambahkan produk jualan Anda secara manual atau langsung dari akun Instagram Anda. Setelah menambahkan satu produk, selanjutnya Anda dapat menambahkan produk dengan Excel Impor.
  2. Tambahkan Metode Pengiriman (Dapat 30 Koin Gratis)
    Lengkapi alamat Anda terlebih dulu untuk penghitungan ongkos kirim otomatis. Lalu, pilih jasa pengiriman yang sesuai dan menjangkau area Anda.
  3. Tambahkan Metode Pembayaran
    Tentukan bagaimana customer Anda membayar. Pembayaran akan masuk ke rekening pribadi Anda. Pastikan detail yang tercantum sudah tepat.

Tambahkan domain pribadi

Pada halaman “MiniShop”, klik pada bagian “Dapatkan Tautan Anda (Domain)”. Setelahnya akan muncul pilihan domain sesuai nama toko Anda dengan pilihan Top Level Domain (.com, .shop, .net, dsb) beserta harganya dalam Koin. Untuk menggunakan akses domain pribadi, Anda harus berlangganan paket Premium Classic, Silver, Gold, atau Platinum.

Anda dapat berlangganan Paket Premium pada halaman “Pengaturan”. Untuk melihat masing-masing fitur pada Paket Premium, Anda dapat meng-klik “Lihat Detail”.

Jika Anda tidak menggunakan domain pribadi, maka tautan (link) toko Anda adalah shop.tokotalk.com/namatoko.

Atur MiniShop

Tampilan toko dan jenis produk yang Anda jual merupakan bagian terpenting dari toko Anda. Cobalah beberapa tema tampilan yang berbeda dan pilihlah yang menurut Anda terbaik. Kemudian, masukkan produk-produk jualan Anda. Tergantung pada jumlah produk yang ingin Anda tawarkan, perencanaan dan pengaturan listing produk dapat menjadi hal yang paling memakan waktu ketika mengatur MiniShop Anda. Pastikan untuk meluangkan waktu yang cukup lama untuk menambahkan produk-produk jualan Anda, mengatur kategorisasi produk, dan melengkapi detail produk untuk keperluan pengiriman (warna, ukuran produk, berat, dsb.)

  • Personalisasikan tema MiniShop untuk mempercantik tampilan
  • Tambahkan produk
  • Atur produk-produk Anda dan kategorisasinya

Tes MiniShop

Sebelum Anda meluncurkan toko Anda dan membagi-bagikan tautannya ke customer, lakukan pengetesan MiniShop. Anda dapat melakukannya di halaman Panduan, dengan mengklik pada bagian Misi Toko. Anda juga akan mendapatkan Koin gratis dengan menyelesaikan misi lanjutan di bawah ini:

  • Bagaimana Cara Kerja MiniShop?
  • Ini Tautan MiniShop Anda
  • Buat Satu Pesanan Manual
  • Pesanan Lunas – Konfirmasi Pesanan

Tambahkan tautan ke marketplace dan media sosial

Setelah membuka MiniShop, bisnis Anda akan bertambah untung jika Anda menambahkan tautan ke marketplace yang Anda miliki. Ada beberapa media sosial dan marketplace yang dapat Anda tambahkan di halaman MiniShop Anda. Opsi ini sangat direkomendasikan untuk memaksimalkan jangkauan customer toko Anda. Untuk menambahkan tautan tambahan ini, buka halaman “MiniShop”, scroll ke bawah sampai Anda menemukan “Tautan Tambahan Khusus”.
Saat ini TokoTalk memiliki 12 tautan tambahan, yaitu website, Instagram, WhatsApp, Line, Facebook, Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, Blibli, Zalora, dan Zilingo. Satu Link, Beragam Destinasi.

Promosikan MiniShop

Setelah pengaturan MiniShop selesai dan produk-produk jualan Anda siap, maksimalkan penggunaan TokoTalk dengan integrasi iklan online dan digital marketing.

  • Maksimalkan Instagram Anda dengan menaruh tautan MiniShop Anda. Satu tautan MiniShop dapat mencakup hampir semua marketplace dan media sosial lainnya.
  • Optimalkan Facebook Ads, hubungkan Facebook Pixel dengan akun TokoTalk Anda.
  • Tingkatkan visibilitas toko Anda dengan menggunakan fitur Search Engine Optimization (SEO).

Apakah Anda sudah menjalankan semua langkah di atas? Kalau ya, ayo mulai sebarkan tautan toko Anda ke para customer!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *